03 August 2018

Tetap Sehat, Ini Olahraga Saat Macet

olahraga saat macet, macet, sehat saat macet, latihan saat macet

Halodoc, Jakarta – Macet tidak menjadi alasan untuk kamu menunda olahraga. Justru kamu bisa memanfaatkan macet untuk mengolah badan dan membakar kalori. Ketimbang hanya membunyikan klakson dan merenung mengenai kejadian-kejadian menyebalkan sepanjang hari, lebih baik melakukan olahraga saat macet.

Menurut Jennifer Liaw dari Department of Physiotherapy at Singapore General Hospital (SGH), aktivitas meregangkan otot, memutar kepala, dan pergelangan tangan tidak hanya sehat, tetapi juga dapat meredakan stres akibat terjebak kemacetan.

Faktanya, duduk di dalam mobil bisa menjadi latihan untuk tulang belakang, terutama bagi kamu yang mengalami nyeri leher dan punggung belakang. Tentu saja asalkan kamu duduk dengan cara yang benar, yaitu tegak lurus 90 derajat. Baca juga: Nostalgia Masa Kecil, Ini Manfaat Lompat Tali

Berikut adalah beberapa jenis latihan yang bisa kamu lakukan selagi menunggu macet.

  1. Latihan Pernapasan

Bisa saja kamu menganggap aktivitas bernapas adalah sesuatu yang rutin dilakukan, sehingga tidak ada yang perlu dilatih di sini. Namun, seberapa sering kamu melakukan pernapasan dengan benar?

Pernapasan dengan benar adalah menarik napas sedalam-dalamnya, tahan beberapa detik, lalu buang perlahan-lahan. Kamu bisa merasakan otot tulang belakangmu menegang dan mengendur seiring dengan kamu menarik dan membuang napas.

Kalau ini dilakukan dengan benar, latihan ini cukup membakar kalori. Bernapas dalam-dalam dapat membakar kalori sekitar dua persen.

  1. Mengangkat Paha

Ketimbang hanya duduk saja di mobil menunggu macet, ada baiknya kamu menggunakan waktu yang tertunda tersebut untuk melatih otot pahamu. Caranya adalah posisikan diri untuk duduk tegak, lalu angkat kaki dan tahan di udara selama 1-3 menit. Lakukan ini sampai kamu merasakan otot pahamu mengencang. Lakukan beberapa kali untuk hasil yang lebih maksimal.

  1. Memutar-mutar Leher

Biasanya otot leher sering terasa kaku karena terlalu lama terpaku di layar komputer. Nah, saatnya kamu meregangkan otot kaku pada leher dengan olahraga sederhana saat menunggu macet terurai. Caranya adalah kamu memutar leher 180 derajat dari kiri ke kanan lalu dari kanan ke kiri. Lakukan berulang kali sampai kamu merasakan kaku di lehermu hilang. Baca juga: Mana yang Lebih Sehat: Olahraga Sendiri atau Berkelompok

  1. Latihan Lengan dan Bahu

Angkat kedua lengan sejajar dengan telinga lalu tarik ke atas sampai kamu bisa merasakan otot-otot di pinggangmu tertarik sembari melakukan hal tersebut. Kamu bisa menarik napas panjang, kunci otot mulai dari tulang belakang sampai punggung, tahan sejenak, lalu buka kedua lengan sambil tetap mengunci otot, lemaskan, dan turunkan.

Ulangi beberapa kali sampai kamu merasakan sedikit panas dan berkeringat. Latihan sederhana ini tidak hanya mengencangkan lengan, tetapi juga membuat perut kecil bila dilakukan secara intens.

  1. Latihan Mengunci Perut

Siapa bilang kamu tidak bisa melakukan latihan perut selagi macet? Duduk tegak sejajar dengan punggung, lalu buang napas dengan cepat  beberapa kali. Saat membuang napas ini, ada baiknya kamu menarik perut ke dalam lalu melepasnya keluar. Lakukan berulang kali untuk hasil yang maksimal.

Supaya tetap sehat, tidak hanya latihan saat macet saja, tetapi juga menjaga diri agar terhindar dari paparan polusi dengan menggunakan masker. Untuk tips hidup sehat lainnya serta hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan, bisa kamu tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.