Tidak Ingin Sembelit? Hindari 5 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Tidak Ingin Sembelit? Hindari 5 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta - Rasanya hampir semua orang dalam hidupnya pernah mengalami konstipasi atau sembelit. Kondisi ini terjadi ketika tinja bergerak terlalu lambat dalam sistem pencernaan, dan tak bisa dikeluarkan secara efektif dari rektum. Alhasil, tinja akan menjadi keras dan kering, sehingga sulit lagi dikeluarkan dari rektum.

Penyebab konstipasi sendiri meliputi banyak hal. Mulai dari perubahan pola makan, kurang aktivitas fisik, efek samping obat-obatan, sampai gangguan psikis.

Nah, karena berkaitan dengan sistem pencernaan, tentunya masalah ini juga bersinggungan erat dengan makanan dan minuman. Lalu, makanan apa saja sih yang sebaiknya dihindari oleh pengidap sembelit?

Baca juga: Faktor Penyebab Sembelit Saat Berpuasa

Makanan Apa yang Mesti Dihindari?

Sebenarnya memang ada beberapa makanan yang bisa melancarkan sistem pencernaan. Misalnya, kacang-kacangan, buah seperti pir dan kiwi, hingga berbagai sayur-sayuran. Akan tetapi, ada pula beberapa makanan yang justru bisa membuat gejala konstipasi semakin memburuk.

Nah, berikut beberapa makanan yang perlu dihindari oleh pengidapnya.

1. Pisang

Kematangan dari pisang ini bisa menentukan apakah buah ini bisa menyebabkan sembelit atau tidak. Kalium yang terdapat dalam buah pisang matang bisa membantu meringankan kondisi diare, sebab berfungsi sebagai pengganti elektrolit yang dibutuhkan tubuh. Sementara itu, fruktooligosakarida yang ditemukan dalam pisang bisa menghambat fermentasi pisang di dalam saluran usus, dan membantu mencegah sembelit untuk beberapa kasus tertentu.

Bagaimana dengan pisang yang belum matang? Nah, pisang inilah yang bisa menyebabkan sulit buang air besar atau konstipasi. Pisang yang masih mentah atau belum terlalu masak sulit dicerna oleh tubuh, dan terasa pahit karena mengandung tanin. Tak cuma itu, pisang mentah juga mengandung pati yang banyak, sehingga bisa berkontribusi terhadap kondisi sembelit.

2. Produk Susu

Jika dikonsumsi terlalu banyak, produk susu seperti susu dan keju bisa menyebabkan sembelit. Diduga laktosa dalam susu bisa menyebabkan gas dan kembung meningkat.

3. Cekelat

Pengidap sembelit dan sindrom iritasi usus juga tak disarankan untuk mengonsumsi cokelat. Ada dugaan kalau sejumlah besar lemak dalam cokelat bisa memperlambat proses pencernaan. Hal ini dicurigai bisa memperlambat kontraksi otot (peristalsis) yang membuat makanan bergerak melalui usus.

Baca juga: Sembelit Saat Puasa, Sebaiknya Perhatikan Makanan Ini

4. Daging merah

Makanan yang satu ini juga bisa memicu sembelit, karena tingginya kadar lemak yang terkandung di dalamnya. Nah, pastinya saluran pencernaan membutuhkan waktu yang lama untuk memprosesnya. Di samping itu, daging juga memiliki serat protein kerang yang sulit dicerna dalam perut tubuh.

5. Kafein

Bagi kamu yang gemar menyeruput kopi atau teh dan sedang mengalami sembelit, ada baiknya untuk mengurangi minuman tersebut, dan makanan yang mengandung kafein. Kafein memang bisa menjadi stimulan untuk merangsang kita buang air besar.

Akan tetapi, bila tubuh mengalami dehidrasi, justru makanan dan minuman yang mengandung kafein hanya akan membuat sembelit semakin tidak enak atau bahkan memburuk.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!