Tidak Selamanya Menyedihkan, Ini Manfaat Jomblo!

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Tidak Selamanya Menyedihkan, Ini Manfaat Jomblo!

Halodoc, Jakarta – Disaat teman ataupun lingkungan terdekat sibuk dengan pasangannya masing-masing, sedangkan kamu hanya duduk manis sendiri, memang begitu miris. Ketika fisik dan raut muka terlihat bahagia, namun ternyata kondisi hati sebaliknya, rasanya seperti ingin cepat-cepat meninggalkan status jomblo dengan cara mencari pasangan baru. Jomblo atau bahasa lainnya “single”, kini merupakan sebutan bagi seseorang yang tidak memiliki pasangan dan bahkan membuat diri terasa terpojokkan serta timbul rasa galau yang berkepanjangan.

Menjadi jomblo tentulah bukan hal yang mudah. Hal tersebut pun membuat para jomblo segera mendafatarkan diri mereka di aplikasi “dating” dengan harapan bisa mendapatkan sosok pendamping ideal yang diinginkan. Tetapi apakah benar menjadi jomblo itu menyedihkan? Ternyata diluar sana para jomblowan dan jomblowati merasakan kehidupan yang bahagia loh! bahkan mereka terlihat menikmati kesendiriannya. Ahli sexoligist, Dr. Jess berkata bahwa “Apa yang menyehatkan bagi kamu, tergantung pada kondisi kamu, contohnya usia, pengalaman hubungan dengan seseorang, kesehatan emosional, gaya bersosialisasi, dan lain sebagainya”. Lalu, apa saja manfaat dari menyandang status jomblo? Berikut yang dapat kamu dapatkan:

1.  Memperbaiki penampilan fisik
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengubah penampilan fiisk, salah satu caranya yang dengan melakukan olahraga secara rutin. Contoh olahraga yang paling sering dijumpai yaitu jalan cepat, jogging, bersepeda, bahkan olahraga yang dapat meningkatkan masa otot seperti angkat beban. Dengan sering berolahraga maka semakin bagus pula penampilan seseorang sehingga self esteem pun terbangun.

Sebuah studi mengatakan, orang yang belum mempunyai pasangan biasanya semangat melakukan kegiatan exercise/olahraga dengan frekuensi lebih banyak dibandingkan dengan orang yang sudah mempunyai pasangan ataupun menikah sekalipun.

2.  Jantung menjadi lebih sehat
Penelitian menunjukkan bahwa dengan kamu menikah maka kondisi jantung menjadi sangat baik. Mereka yang sudah menikah mempunyai kemungkinan lima persen lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular, riset dari New York University Lagone Medical Center. Namun, bagaimana dengan orang yang menyandang status jomblo?. Ternyata "single person", mempunyai kondisi jantung yang lebih baik lagi dibandingkan mereka yang menikah. Bahkan mereka yang melajang, tak mempunyai risiko penyakit kardiovaskular.

3.  Mempunyai networking yang begitu luas
Adanya kesempatan untuk bersosialisasi dengan banyak orang, memang merupakan salah satu keuntungan dari hidup single. Selain itu, mereka yang jomblo mempunyai keahlian dalam menjaga suatu hubungan baik dengan teman, keluarga ataupun orang lain. Sedangkan mereka yang sudah menikah, cenderung menutup diri dengan relasinya dan umumnya mereka lebih ingin fokus pada keluarga barunya.

4.  Bisa mengatur pola makanan dan gaya hidup sehat
Suatu hubungan seseorang yang tidak sehat tentu dapat menyebabkan stres dan bahkan depresi. Sedangkan dampak yang diakibatkan jika kamu mengalami stres pun beraneka ragam, seperti bertambahnya nafsu makan sehingga pola  makanan pun menjadi tidak teratur. Bahkan ada juga orang yang ketika stres justru melampiaskannya pada minuman beralkohol. Hal tersebut tentulah sangat tidak baik bagi kesehatan karena bisa dengan mudah terkena obesitas. Sebuah studi menemukan bahwa pria yang menikah mempunyai tingkat 25% lebih tinggi terkena obesitas jika dibandingan dengan pria lajang.

5.  Terjaganya kesehatan mental
Pernikahan memang mempunyai kaitan erat dengan kesehatan mental seseorang. Ini karena pernikahan sendiri memberikan dukungan sosial, termasuk diantaranya dukungan emosional, keuangan dan lain sebagainya. Walaupun demikian, orang yang tidak mempunyai pasangan mempunyai kondisi mental yang lebih baik khususnya ketika sedang ada masalah, karena mereka memiliki sekelompok teman yang siap mendengarkan keluh kesahnya dan tak terisolasi hanya dengan satu orang saja.


Selain beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan sebagai seorang jomblowan/jomblowati diatas, kamu pun dapat berdiskusi untuk membuat hidup lajangmu semakin lebih baik pada dokter ahli yang ada di aplikasi Halodoc. Kamu dapat menghubunginya melalui pilihan metode Voice/Video Call dan Chat di Halodoc menggunakan smartphone, kapan saja dan dimana saja. Selain itu, kamu pun bisa membeli produk kesehatan untuk menunjang kesehatan kamu dan pasangan, dengan membeli obat ataupun vitamin di fitur Apotik Antar yang akan diantar dalam waktu 1 Jam. Yuk! download Halodoc sekarang juga di App Store atau Google Play.