02 July 2018

Tidur Dapat Memaksimalkan EQ, Ini Penjelasannya

meningkatkan eq

Halodoc, Jakarta – Selama ini, kebanyakan orang hanya tahu bahwa tidur hanya memberi manfaat bagi tubuh secara fisik saja. Namun nyatanya, tidur juga dapat memberi manfaat yang luar biasa untuk kondisi psikologis seseorang, salah satunya yaitu meningkatkan kecerdasan emosional (EQ). Mungkin kamu bingung bagaimana tidur dapat mempengaruhi EQ? Berikut penjelasannya.

Tahukah kamu, bahwa penemuan-penemuan penting seperti metode ilmiah, tabel periodik, dan kimia aromatik ditemukan saat penemunya sedang tertidur? Lebih tepatnya, wawasan tersebut muncul saat mereka sedang bermimpi.

Ada banyak pendapat yang beredar mengenai bermimpi. Menurut teori populer yang diungkapkan oleh Sigmund Freud, mimpi merupakan “kerinduan yang ditekan”. Maksudnya adalah mimpi bisa terjadi karena ada keinginan-keinginan yang tidak terpecahkan dalam pikiran kita. Selagi para ahli menyelidiki tentang mimpi, ditemukan sebuah bukti bahwa mimpi bermanfaat bagi kecerdasan emosi dan produktivitas kamu secara keseluruhan. Hal ini bisa terjadi karena pada saat kamu tertidur nyenyak, ada dua manfaat yang bisa kamu dapatkan:

1. Tidur Membantu Mengurangi Stres

Buat kamu yang bekerja, banyaknya pekerjaan, tekanan, dan target-target yang harus dicapai seringkali membuatmu menjadi stres dan lelah secara mental. Akibatnya, lama kelamaan kamu akan mudah merasa cemas dan memiliki emosi yang lebih sensitif, sehingga hal ini dapat mempengaruhi hubungan kamu dengan orang-orang di sekitar dan juga performa kerjamu. Nah, salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengurangi stres adalah dengan tidur.

Saat kamu tertidur nyenyak dan mencapai tahap bermimpi, otak akan berada dalam kondisi tenang dimana tidak terdapat unsur noradrenalin sama sekali, yaitu molekul yang memicu kecemasan. Struktur emosional utama otak kamu juga akan diaktifkan kembali selama kamu tertidur pulas. Dengan kata lain, otak akan memproses ulang rasa stres yang kamu miliki dan semua memori buruk yang terjadi di hari itu secara positif, karena unsur noradrenalin tidak terlibat. Dengan demikian, emosi kamu akan kembali stabil dan kamu lebih mampu mengelola emosi kamu nantinya.  

Untuk dapat mendapatkan manfaat ini secara optimal, usahakan untuk memiliki tidur yang berkualitas, yaitu tidur dengan waktu yang cukup dan nyenyak. Karena studi yang diterbitkan dalam Frontier tahun 2012 mengungkapkan bahwa kurangnya tidur berkualitas dapat meningkatkan reaksi emosional dan mengurangi kemampuan kamu dalam mengelola emosi.

Baca juga: Tips Supaya Lebih Gampang Tidur

2. Tidur Membuatmu Menjadi Pandai dan Kreatif

Ketika kamu tidur nyenyak dan mencapai tahap bermimpi, semua kenanganmu akan melebur menjadi satu. Sama seperti blender yang mencampur semua bahan-bahan makanan yang masuk menjadi satu, begitu juga otak akan memproses semua memori yang kamu miliki. Saat bermimpi, otak yang sudah dipenuhi oleh semua memori tentang peristiwa yang terjadi akan menghubungkannya dengan kesamaan dari pengetahuan yang sudah kamu miliki sebelumnya. Hal ini akan membuatmu menjadi orang yang pintar dan memiliki kesiapan emosi untuk menghadapi hari esok.

Manfaat yang satu ini sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Risalah Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional Amerika Serikat. Penelitian tersebut melibatkan sejumlah peserta yang diajarkan sebuah pengetahuan tertentu. Beberapa orang ditanya kembali tentang pengetahuan tersebut sebelum mereka tidur, sedangkan yang lain ditanya setelah mereka tidur semalaman, dan ada juga beberapa orang yang ditanyai setelah tidur siang selama 60-90 menit.

Hasilnya, kelompok peserta yang tidur sepanjang malam lah yang tampil jauh lebih baik daripada mereka yang terjaga dan kurang tidur. Tentu saja, tidur harus dibarengi dengan usaha menambah ilmu pengetahuan agar kamu bisa menjadi pandai dan kreatif.

Baca juga: 5 Beda EQ dan IQ yang Perlu Diketahui

Nah, sudah tahu kan manfaat tidur untuk kecerdasan emosi kamu. Kalau kamu sering mengalami insomnia atau susah tidur, coba bicarakan saja pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Yuk download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.