22 August 2017

Tingkatkan Stamina Tubuh dengan 6 Manfaat Renang Berikut Ini

Tingkatkan Stamina Tubuh dengan 6 Manfaat Renang Berikut Ini

Halodoc, Jakarta - Berenang adalah salah satu olahraga yang menyenangkan dan disukai oleh banyak orang. Untuk mendapatkan manfaat renang, bukan hanya didominasi oleh atlet atau perenang profesional saja. Berenang menjadi salah satu jenis olahraga  yang bisa dilakukan oleh seluruh kelompok usia dengan beragam manfaat, apalagi bila kamu melakukannya secara teratur.

Manfaat renang bisa membangun kekuatan dan meningkatkan stamina tubuh karena untuk bergerak di dalam air, seseorang membutuhkan tenaga yang lebih kuat. Renang sebagai bagian dari jenis olahraga akan sangat berguna untuk melatih semua kelompok otot utama, dari bahu, punggung, panggul, bokong, sampai kaki. Selain manfaat di atas, manfaat renang untuk kesehatan sendiri cukup banyak beberapa diantaranya yakni:

1.  Membangun Massa Otot
Manfaat renang bagi sebagian pria berguna untuk peningkatan otot lengan (trisep) hingga hampir 25 persen. Kamu bisa merasakan hasilnya setelah melakukan program berenang selama 8 minggu.

2.  Meningkatkan Ketahanan Sistem Pernapasan dan Kardiovaskular
Sebuah studi menyimpulkan, manfaat renang bisa kamu rasakan bila melakukan latihan secara rutin selama 12 minggu, dengan memberikan dampak pada konsumsi oksigen naik sampai 10 persen dari partisipan pria dan wanita paruh baya. Selain itu, manfaat renang bisa memberikan dampak peningkatan jumlah darah yang dipompa tiap kali jantung berdenyut mencapai 18 persen, yang berarti peningkatan kekuatan.

3.  Membakar Kalori
Dengan renang, kamu juga bisa membakar kalori sekitar 500-650 kalori apabila kamu melakukan renang selama 1 jam, ini bergantung seberapa efisien aktivitas tersebut dilakukan.

4.  Lakukanlah Secara Bertahap
Bagi kamu yang merupakan seorang pemula, olahraga renang harus dilakukan secara perlahan-lahan. Pelajaran awal yang perlu dipahami adalah pernapasan dan irama dari gerakan. Untuk waktu yang disarankan bagi pemula dalam melakukan sesi renang yakni sekitar 10 menit. Kemudian bila sudah terbiasa kamu bisa memperpanjang waktu latihan sampai 30 menit. Sebaiknya lakukan secara rutin sebanyak 3-5 kali per minggu.

5.  Menghindari dari Berbagai Serangan Penyakit
Bila renang dilakukan secara teratur, manfaatnya bisa  menjauhkan tubuh dari stroke, dan penyakit jantung. Berdasarkan studi, renang secara rutin juga bisa memperpanjang usia seseorang.

6.  Membantu Tubuh Menjadi Rileks
Satu lagi manfaat renang yang bisa kamu rasakan yakni sebagai sarana bagi tubuh dalam mendapatkan relaksasi. Selain itu, olahraga ini dipercaya bisa membuat perasaan kamu menjadi lebih tenang. Seperti yang diklaim dalam sebuah penelitian, dengan renang bisa meningkatkan rasa percaya diri, menjernihkan pikiran, dan mendorong pemikiran positif.

Bila kamu pemula dan belum merasa nyaman memasukkan wajah ke air, maka kamu bisa terlebih dulu berlatih dengan cara merendam badan sampai bagian leher atau bisa berjalan di kedalaman kolam yang lebih dangkal. Dengan cara latihan ini bisa dianggap jauh lebih baik untuk memperkuat stamina kamu sebelum benar-benar berenang. Agar manfaat renang bisa kamu rasakan dengan maksimal, sebaiknya selalu mengawali sesi latihan renang dengan pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan. Manfaat renang bisa kamu peroleh bila dilakukan secara rutin. Sebaiknya jadwalkan secara khusus dan kamu bisa juga membuat target sebagai motivasi atau berenang bersama teman-teman.


Untuk mengetahui manfaat renang untuk kesehatan lainnya, bicarakan saja dengan ribuan dokter umum ataupun spesialis yang telah stand by 24/7 melalui aplikasi kesehatan Halodoc. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa melakukan chat, video call atau voice call secara cepat, aman dan nyaman. Download aplikasi Halodoc pada Google Play dan App Store pada smartphone kamu sekarang juga untuk menggunakannya.