17 April 2018

Tips Cepat Hamil untuk Wanita Super Sibuk

Tips Cepat Hamil untuk Wanita Super Sibuk

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan wanita biasanya berharap bisa cepat mempunyai momongan setelah menikah. Tapi, bagi wanita karir yang sibuk bekerja, kadang-kadang harus mengalami dilema, yaitu memilih antara pekerjaan atau fokus berusaha agar cepat hamil. Jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan kok agar rencana memiliki anak dalam waktu dekat bisa terwujud. Ini tips-tips cepat hamil untuk wanita yang sibuk bekerja.

1. Luangkan Waktu untuk Berhubungan Intim

Wanita karir yang punya jam kerja yang tinggi sering kesulitan menemukan waktu untuk berhubungan intim dengan pasangan. Jangankan untuk pasangan, waktu untuk dirinya sendiri saja kadang tidak ada. Setelah seharian bekerja dan pulang larut malam, baik kamu dan pasangan yang sama-sama lelah mungkin lebih memilih untuk tidur ketimbang berhubungan intim. Belum lagi stres karena masalah di kantor atau pekerjaan yang belum selesai juga ikut membuat keinginan berhubungan intim menurun.

Namun, bila kamu menargetkan untuk memiliki momongan dalam waktu dekat, maka kamu perlu mengusahakan waktu untuk berhubungan intim, setidaknya sekali dalam satu minggu. Kamu bisa menggunakan waktu di akhir pekan untuk melakukan hubungan intim sebagaimana mestinya. Kamu juga bisa mengambil waktu cuti untuk berlibur sejenak bersama pasangan untuk mengembalikan kemesraan yang mulai menurun karena kesibukkan pekerjaan. Tapi ingat, selama menikmati waktu bersama pasangan, jauhkan dulu semua perangkat elektronik seperti tablet, smartphone, atau televisi yang bisa mengalihkan perhatianmu darinya.

2. Menjaga Pola Makan Sehat

Jangan sampai kesibukanmu juga menyebabkan pola makan jadi tidak sehat. Sering kali karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan, kamu jadi tidak sempat makan atau memilih makanan cepat saji yang sangat praktis untuk menghilangkan rasa lapar. Padahal sering mengonsumsi makanan siap saji atau fast food yang kandungan nutrisinya sangat minim bisa memberi dampak buruk untuk kesehatan.

Jadi, agar cepat hamil, kamu sebaiknya menjaga pola makan tetap sehat, karena dengan mengonsumsi berbagai macam makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi, peluang terjadinya pembuahan pun akan meningkat. Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat dan vitamin B seperti telur, sereal, dan lain-lain yang baik untuk meningkatkan kesuburan. (Baca juga: Pengantin Baru, Wajib Konsumsi Makanan untuk Tingkatkan Kesuburan).

3. Rutin Berolahraga

Di tengah kesibukkan pekerjaan, kamu mungkin merasa sulit menemukan waktu untuk berolahraga. Padahal rutin melakukan aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita dan mempercepat proses kehamilan, lho. Jadi, usahakanlah menyempatkan diri untuk berolahraga. Olahraga tidak harus selalu ke gym, kok. Kamu bisa menggunakan tangga ketimbang lift untuk naik turun saat di kantor.  Atau bila ingin makan di restoran dekat kantor, kamu bisa jalan kaki untuk pergi ke sana. (Baca juga: Tips Olahraga supaya Cepat Hamil)

4. Batasi Konsumsi Kafein

Walaupun tips yang satu ini rasanya sulit untuk diterapkan, tapi kamu sebaiknya membatasi konsumsi minuman berkafein jika ingin tingkat kesuburan tetap terjaga. Menurut penelitian di Harvard University, mengonsumsi beberapa cangkir kopi atau teh dalam sehari bisa berpengaruh pada masalah ovulasi. Karena itu, meskipun banyak pekerjaan yang membuatmu harus terjaga sepanjang malam, usahakanlah untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi kafein. Kamu bisa mengusir kantuk dengan cara membasuh muka, mengonsumsi buah segar atau berjalan kaki.  

5. Jaga agar Berat Badan Tetap Ideal

Memiliki badan yang terlalu kurus maupun terlalu gemuk sama-sama bisa berpengaruh terhadap kesuburan. Berat badan yang tidak ideal bisa mengakibatkan siklus menstruasi jadi tidak teratur, keseimbangan hormon terganggu, bahkan bisa tidak mengalami menstruasi dalam beberapa waktu. Karena itu, sesibuk apapun pekerjaanmu, usahakan untuk memerhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi dan kebiasaan makan setiap harinya.

Nah, itulah tips-tips hamil untuk wanita karir yang sibuk bekerja. Kalau kamu dan pasangan butuh saran dokter mengenai kondisi kesuburan, gunakan aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan nyaman membicarakan masalah kesehatanmu melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan dimana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.