18 January 2018

Tips Kesehatan sebelum Coba Naik Gunung

Tips Kesehatan sebelum Coba Naik Gunung

Halodoc, Jakarta – Gunung sering dijadikan pilihan destinasi banyak orang untuk liburan. Pemandangan di puncak yang sangat indah, suasana alam yang tentram dan segar menjadi daya tarik yang membuat orang ketagihan naik gunung. Namun, karena mendaki gunung termasuk aktivitas yang cukup berat, maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan sebelum hari H pendakian, agar kesehatan dan keselamatan tetap terjaga.

Mendaki gunung termasuk kegiatan olahraga yang dapat meningkatkan stamina dan melatih kekuatan otot kaki. Namun, melakukan perjalanan jauh dengan posisi menanjak sambil membawa tas ransel yang berat di punggung bisa membuat kamu merasakan nyeri punggung, otot paha bergetar dan paru-paru terbakar.

Masalah kesehatan yang juga mungkin bisa kamu alami ketika berada di atas gunung adalah sesak napas karena kekurangan oksigen akibat ketinggian. Jadi, agar tubuh kuat dan cukup sehat untuk melakukan pendakian yang tidak mudah, berikut adalah persiapan fisik yang perlu kamu lakukan:

  • Latihan Bahu

Kekuatan bahu dan punggung atas penting untuk dilatih agar kamu sanggup menggendong beban ransel selama pendakian. Caranya, berdirilah tegak selebar bahu dengan kedua tangan memegang dumbbell yang diposisikan di samping tubuh. Lalu, tanpa menggerakan lengan, angkat bahu ke arah telinga, tahan selama beberapa saat, kemudian turunkan pelan-pelan.

  • Latihan Punggung

Latihan ini bermanfaat untuk memperkuat punggung bawah. Caranya adalah berbaringlah telungkup dengan kedua tangan ditekuk dan ditaruh di bawah dagu. Sambil menjaga kaki dan pinggul tetap menempel di lantai, angkat dadamu sekitar 8-12 cm, tahan selama beberapa detik, lalu pelan-pelan kembali ke posisi semula. 

  • Squat dengan Satu Kaki

Latihan ini sangat bermanfaat untuk memperkuat paha depan, paha belakang, dan pantat. Caranya adalah pertama-tama posisikan kaki kiri berada di depan, kaki kanan berada jauh di belakang dengan sedikit menjinjit, dan taruh kedua tangan di pinggang. Lalu dengan mempertahankan postur tubuh tetap tegak, turunkan tubuhmu ke bawah dengan menekuk lutut kiri. Tahan selama 30 detik, lalu perlahan-lahan berdiri kembali. Ulangi dengan kaki yang berlawanan.

  • Step up and Step down

Latihan ini juga sangat berguna untuk memperkuat paha depan, paha belakang, bokong, dan betis. Lakukan latihan ini di sebuah tangga. Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan menaikkan kaki kiri ke atas tangga setinggi 20-30 sentimeter, lalu diikuti dengan menaikkan kaki kanan sehingga sejajar dengan kaki kiri. Lalu, turunkan kaki kirimu yang diikuti dengan kaki kanan. Lakukan latihan ini sebanyak yang kamu mampu. Jika merasa latihan ini terlalu mudah, peganglah dumbbell di kedua tangan sambil melakukan latihan ini.

Selain latihan fisik, kamu juga perlu menyiapkan beberapa peralatan yang diperlukan untuk menjaga keamanan kamu saat mendaki gunung:

  • Pakaian yang Nyaman

Mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk kondisi pegunungan dapat memudahkanmu untuk bergerak dan mendaki.  Selain baju lengan panjang, kenakan juga jaket gunung waterproof yang dapat melindungi tubuh dari hawa dingin, cuaca panas ataupun hujan, dan gangguan-gangguan lainnya yang mungkin dapat mencideraimu selama di perjalanan, seperti ranting pohon, serangga, dan lain-lain.

  • Sepatu Gunung

Memilih alas kaki yang tepat juga sangat penting untuk kegiatan mendaki gunung. Sepatu yang pas di kaki dan khusus dirancang untuk kondisi pegunungan dapat membuat kaki nyaman dan stabil selama mendaki. Sepatu atau sandal gunung adalah alas kaki yang paling tepat untuk digunakan mendaki. Jika medan pegunungan yang didaki berbatu-batu, kamu bisa menggunakan tongkat untuk membantu jaga keseimbangan dan mencegah dari risiko terjatuh.

  • Bekal Secukupnya

Karena perjalanan mendaki gunung akan menguras banyak tenaga, jadi pastikan kamu membawa makanan dan air minum yang cukup untuk bekal perjalanan. Pastikan ransel yang kamu bawa memiliki tempat yang cukup untuk memuat segala keperluanmu untuk mendaki.

Tetap jaga kondisi kesehatan selama pendakian dengan minum banyak air, mengatur pernapasan, dan beristirahat jika sudah merasa lelah. Jika kamu mengidap penyakit tertentu, sebaiknya bicarakan terlebih dahulu kepada dokter sebelum melakukan pendakian.

Kamu bisa meminta saran kesehatan kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter untuk meminta saran-saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat. Jika kamu ingin melakukan cek kesehatan, seperti kadar kolesterol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, tidak usah keluar rumah. Kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Halodoc. Caranya sangat praktis, kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc. 

Kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang pada waktu yang sudah ditentukan. Kamu juga bisa membeli vitamin atau produk kesehatan yang dibutuhkan tanpa perlu repot-repot keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.