25 January 2018

Tips Kulit Cantik Tanpa Panu

Tips Kulit Cantik Tanpa Panu

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan wanita ingin memiliki kulit cantik dan mulus. Tapi, tahu enggak sih kalau ternyata setiap orang memiliki jamur penyebab infeksi panu di kulit? Jamur penyebab panu adalah Malassezia furfur, merupakan flora normal pada kulit manusia. Jika pertumbuhan jamur tersebut tidak terkendali, maka akan muncul bercak putih kecil di kulit yang disebut dengan panu.

Pertumbuhan panu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kebersihan diri yang kurang, kelembaban, keringat berlebih, kulit berminyak, atau tertular dari orang lain. Meskipun ada yang menganggap sepele, untuk beberapa orang, panu bisa menurunkan rasa percaya diri. Karena itu, perlu tips khusus agar kulit terhindar dari panu. Simak tips kulit cantik tanpa panu berikut ini yuk!

Mandi 2-3 Kali Sehari

Kenapa sih harus mandi? Selain untuk mencegah bau badan, mandi bisa menghilangkan sisa kotoran dan debu yang menempel pada tubuh setelah kamu beraktivitas seharian. Mandi secara teratur, setidaknya 2-3 kali sehari juga bisa menurunkan risiko infeksi bakteri dan jamur penyebab panu.

Jangan Bertukar Barang Pribadi

Sebisa mungkin, hindari penggunaan barang pribadi secara bergantian, seperti handuk, baju, pakaian dalam, sisir, sepatu, dan barang pribadi lainnya yang bersentuhan dengan kulit. Karena, menggunakan barang tersebut secara bergantian bisa meningkatkan risiko pertukaran kuman dan jamur penyebab panu.

Siapkan Handuk/Baju Ganti

Jika kamu tipe orang yang sering berkeringat, ada baiknya kamu menyiapkan handuk untuk mengeringkan tubuh atau mengelap bagian yang berkeringat. Jika perlu, kamu bisa membawa baju ganti atau menggunakan pakaian yang menyerap keringat agar keringat tidak menempel di tubuh dalam waktu yang lama. Karena, keringat yang menempel pada baju dapat menjadi media yang baik untuk pertumbuhan jamur penyebab panu.

Jaga Kulit Tetap Bersih dan Kering

Menjaga kulit tetap bersih dan kering dapat mengurangi potensi infeksi jamur penyebab panu. Selain mandi secara rutin, hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit tetap bersih dan kering adalah dengan mengganti baju, pakaian dalam, kaus kaki 1-2 kali sehari jika kamu banyak berkeringat. Sebelum kamu menggunakan handuk, pastikan juga handuk dalam keadaan bersih dan kering. Cuci handuk dalam air sabun hangat dan keringkan agar kebersihan handuk tetap terjaga.

Cegah Meluasnya Infeksi

Infeksi jamur mudah menular. Karena itu, kamu perlu melakukan langkah pencegahan untuk mencegah meluasnya infeksi jamur penyebab panu. Misalkan dengan menggunakan pakaian/handuk yang bersih dan kering, tidak menggaruk bagian tubuh yang terinfeksi jamur penyebab panu, dan cuci tangan pakai sabun setelah menggaruk bagian tubuh yang terinfeksi jamur penyebab panu.

Jika kamu memiliki keluhan pada kulit, kamu bisa bertanya ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya kapan saja dan dimana saja.

Atau, jika kamu penasaran dengan kadar kolestrol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, kamu bisa cek melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah! Kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan.

Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.