16 April 2018

Tips Melebatkan Rambut dengan Cara Alami

Tips Melebatkan Rambut dengan Cara Alami

Halodoc, Jakarta – Semua wanita tentunya menginginkan rambut tebal alami. Sayangnya, seringkali rambut berguguran tanpa diinginkan. Menurut Anabel Kingsley seorang Trichologist, pakar kerontokan rambut dari Philip Kingsley Clinic di London mengatakan 1 dari 3 wanita di dunia mengalami masalah kerontokan rambut.

Kerontokan rambut adalah hal yang normal terjadi. Rata-rata wanita kehilangan 80 helai rambutnya dalam sehari. Hormon, stres, genetik, kekurangan asupan vitamin dan protein adalah penyebab rambut berguguran. Belum lagi kalau usia kamu semakin merangkak naik, pastilah helai-helai rambut luruh secara alami. Tidak perlu khawatir, dengan mengatur pola makan dan perawatan alami kamu bisa mendapatkan rambut sehat. Berikut adalah cara sederhana untuk melebatkan rambut dengan natural. (Baca juga: Cemberut Bikin Cepat Tua, Ini Buktinya)

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mulai sekarang, rajinlah memilah makanan sehat untuk melebatkan rambut. Beberapa pilihan buah yang bisa kamu konsumsi untuk menyuburkan rambut adalah jeruk, jambu biji, pepaya, dan pisang. Selain buah, jangan lupa memerhatikan asupan protein dari telur, daging, ikan, dan kacang-kacangan.

  1. Cucilah Rambut 2-3 Kali Seminggu

Mencuci rambut setiap hari berisiko menghilangkan minyak alami di akar rambut. Frekuensi ideal untuk mencuci rambut adalah 2-3 kali seminggu. Kalau pun mencuci rambut, jangan mengusap shampoo terlalu keras ke kulit kepala, karena itu akan merusak pH atau tingkat keasaman alami kulit kepala.

  1. Khasiat Lidah Buaya

Cara lainnnya untuk melebatkan rambut dengan alami adalah dengan mengoleskan lidah buaya, dimulai dari akar rambut kemudian ke helai dan ujung rambut. Setelah selesai, diamkan beberapa saat. Untuk penyerapan lebih cepat, kamu bisa menutup kepala dengan handuk hangat. Lakukan 1-2 kali seminggu untuk pertumbuhan rambut lebih cepat.

  1. Minum Jus Wortel

Mengonsumsi jus setiap pagi juga bisa jadi cara untuk melebatkan rambut alami. Salah satu jus yang direkomendasikan adalah jus wortel. Kamu bisa menambahkan nanas atau sedikit lidah buaya untuk rasa yang lebih segar dan nutrisi yang lebih baik untuk rambut indahmu.

  1. Minyak Kemiri

Selain menggunakan lidah buaya, kamu juga bisa mengaplikasikan minyak kemiri ke rambut untuk agar lebih bercahaya dan sehat alami. Aplikasikan setiap malam sebelum tidur, diamkan semalaman, lalu cuci di pagi hari. Lakukan perawatan minyak kemiri ini minimal satu kali dalam seminggu, bergantian dengan penggunaan lidah buaya.

  1. Santan Kelapa

Alternatif perawatan untuk melebatkan rambut adalah dengan menggunakan santan kepala yang sudah diberi perasan jeruk nipis. Cara praktisnya, aplikasikan ramuan perasan santan tersebut ke rambut, dipijat perlahan lalu diamkan selama 1-2 jam untuk peresapan lebih baik. Kemudian cuci rambut dengan shampoo seperti biasa. Sebagai catatan shampoo hanya digunakan untuk membersihkan lengket pada rambut karena santan kelapa.

  1. Lindungi Rambut dengan Perawatan Ekstra

Selain cara alami, kamu bisa juga menggunakan vitamin, masker, ataupun creambath di salon satu kali sebulan. Ini dilakukan sebagai pelengkap cara melebatkan rambut agar lebih maksimal lagi. Selamat mencoba ya!

Nah, kalau kamu butuh mengobrol lebih lanjut mengenai nutrisi rambut atau punya masalah kulit kepala dan rambut, kamu bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.