23 August 2018

Tips Menemani Anak Belajar di Rumah

menemani anak belajar

Halodoc, Jakarta – Pelajaran di sekolah yang sulit mungkin saja membuat Si Kecil jadi malas belajar. Selain itu, Si Kecil juga belum memiliki tingkat kemandirian yang tinggi untuk belajar dengan sendirinya tanpa disuruh. Itulah mengapa ibu perlu menemani Si Kecil belajar di rumah. Walaupun kelihatannya sederhana, nyatanya kegiatan ini dapat menjadi dukungan yang sangat besar bagi Si Kecil dalam belajar. Bahkan ibu bisa sekalian mengajari Si Kecil sehingga ia bisa lebih mengerti pelajaran di sekolah. Menemani anak belajar juga merupakan bentuk perhatian ibu pada Si Kecil, sehingga bisa mempererat hubungan ibu dengannya. Namun, pastikan ibu menemani anak belajar dengan benar, ya. Yuk, cari tahu berikut ini, ya.

1. Fokus Saat Menemani Anak Belajar

Pertama-tama, ibu perlu berkomitmen dulu bahwa sesibuk apapun, ibu akan berusaha meluangkan waktu untuk menemani anak belajar. Bila sudah berkomitmen, jalanilah hal itu dengan sepenuh hati. Usahakan saat menemani Si Kecil belajar, perhatian ibu tidak terbagi dengan gadget atau urusan pekerjaan. Ibu harus fokus mendampingi anak belajar agar waktu tersebut menjadi berkualitas. Anak juga secara tidak langsung akan belajar dengan fokus bila melihat ibunya pun juga fokus mendampingi dirinya.  

2. Bantu Anak untuk Tidak Sekedar Tahu, Tapi Juga Paham

Saat di sekolah, anak biasanya akan menangkap pelajaran secara cepat namun juga hanya sekedarnya saja. Itulah mengapa Si Kecil mudah melupakan pelajaran begitu sudah memasuki jam istirahat atau ketika sudah pulang. Nah, tugas ibu adalah untuk membuat anak mengingat kembali pelajaran yang sudah dijelaskan di sekolah. Selain itu, pastikan juga anak tidak hanya sekedar tahu dan menghafal dalam otak saja, tetapi juga memahami pelajaran tersebut. Dengan demikian, anak akan bisa mengingatnya dalam jangka waktu yang panjang.

Salah satu cara yang bisa ibu coba lakukan adalah dengan meminta Si Kecil untuk menjelaskan apa yang ia dapatkan di sekolah. Berpura-puralah ibu tidak mengerti apa-apa, sehingga anak akan terdorong untuk menjelaskan secara detil pelajaran yang ia dapatkan di sekolah. Cara ini terbukti efektif membantu anak cepat belajar.

Baca juga: Pentingkah Menekankan Anak untuk Berprestasi Sejak Usia Dini?

3. Jangan Memaksa Anak

Dilansir dari Tempo, Yoice Bunga Midasari, seorang psikolog dari Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, mengungkapkan bahwa kehadiran orangtua saat mendampingi anak sebaiknya tidak memberi tekanan pada anak. Karena itu, ibu sebaiknya tidak memaksa anak untuk belajar terus menerus. Bila Si Kecil sudah terlihat lelah atau bosan, sebaiknya berilah ia beristirahat. Menurut Yoice, bagaimanapun tipe setiap anak berbeda-beda, ada yang senang belajar, ada yang cepat bosan, dan ada juga yang tidak mau belajar sama sekali. Itulah mengapa dibutuhkan kesabaran yang sangat dalam dari orangtua untuk mendampinginya.

Selain itu, lihat juga kemampuan dan ketertarikan anak. Hindari memaksa anak menyelesaikan soal yang sulit atau memaksa anak untuk cepat mengerti. Ingat, Si Kecil masih dalam proses pembelajaran, sehingga ibu perlu memakluminya bila ia sering melakukan kesalahan.

Baca juga: Agar Tumbuh Cerdas, Terapkan 4 Kebiasaan Ini pada Anak

4. Hindari Mengerjakan Tugas Anak

Karena merasa kasihan melihat anak stres mengerjakan pekerjaan rumah yang sulit, atau gemas melihat anak tidak bisa-bisa atau membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan satu soal. Banyak ibu yang akhirnya malah membantu mengerjakan tugas anak. Hal ini sebaiknya tidak dilakukan ya, bu. Guru di sekolah memberikan pekerjaan rumah agar anak bisa berlatih menyelesaikan soal demi soal serta semakin memahami pelajaran tersebut. Mengerjakan pekerjaan rumah anak hanya akan membuat anak menjadi tidak mandiri dan malas, serta membuat kecerdasannya jadi tidak terasah dengan baik.  

Baca juga: Alasan Ibu Tidak Boleh Membandingkan Anak dengan Temannya

Nah, itulah beberapa tips yang perlu ibu perhatikan saat menemani anak belajar di rumah. Untuk meningkatkan kecerdasan anak, ibu bisa membeli suplemen dan berbagai produk kesehatan lainnya di di Halodoc. Caranya sangat mudah, ibu tinggal order lewat fitur Apotik Antar, dan pesananmu akan dikirim ke lokasi tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.