06 February 2018

Tips Mengatasi Masalah Kulit yang Dialami Bumil

Tips Mengatasi Masalah Kulit yang Dialami Bumil

Halodoc, Jakarta – Saat hamil, tubuh ibu akan mengalami sejumlah perubahan. Bukan hanya berat badan naik dan perut membesar saja, tapi ibu juga akan mengalami beberapa masalah kulit yang bisa bikin ibu jadi kurang percaya diri dan terganggu. Enggak usah bingung, ada tips untuk mengatasi masalah kulit yang bumil alami kok.

Munculnya masalah kulit yang sering menjadi keluhan para ibu hamil bukannya tanpa sebab. Saat hamil, ibu akan mengalami perubahan kadar hormon. Produksi hormon estrogen dan progesteron meningkat disertai perubahan sirkulasi pada tubuh. Inilah yang menyebabkan terjadinya perubahan pada kulit ibu. Selain itu, sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari hal-hal negatif pun tidak bekerja seperti biasanya pada masa kehamilan. Berikut tips mengatasi masalah kulit yang dialami:

1. Stretch Marks

Meregangnya kulit seiring perut yang membesar merupakan pemicu timbulnya stretch marks. Sebenarnya, kulit memiliki elastisitas yang dapat beradaptasi terhadap perubahan. Namun, kehamilan memaksa kulit ibu untuk mengembang sampai level maksimum karena menyesuaikan dengan pertumbuhan janin. Hampir semua ibu hamil mengalami stretch marks yang biasanya muncul pada perut, payudara, lengan atas, paha atau bokong. Tandanya adalah berupa guratan berwarna merah jambu dan lebar di permukaan kulit, kemudian lama kelamaan akan berubah menjadi garis tipis berwarna putih.

Untuk mengatasi masalah kulit ini, ibu bisa mengoleskan pelembab yang mengandung vitamin E dan AHA (alpha hydroxyl acids) untuk menjaga elastisitas kulit. Berolahraga juga dipercaya bisa mencegah munculnya stretch marks, lho.

2. Noda Hitam Pada Wajah

Salah satu pertanda awal bahwa ibu sedang hamil adalah munculnya noda hitam di dahi, pipi, hidung, ketiak atau di atas bibir. Selama masa kehamilan pun, di area tersebut dapat muncul lapisan kehitaman karena meningkatnya pigmentasi atau hiperpigmentasi. Kondisi kulit ini bisa semakin parah, jika ibu sering terpapar sinar matahari.

Jadi sebaiknya gunakan pelembab tabir surya minimal dengan SPF 15 saat ingin keluar rumah. Pakai topi atau payung yang bisa melindungi wajah ibu dari sinar matahari. Tapi ibu tidak perlu khawatir karena hiperpigmentasi bisa hilang dengan sendirinya paling lama satu tahun setelah melahirkan.

3. Menghitamnya Area Kulit Tertentu

Saat hamil, beberapa area tubuh tertentu akan menghitam tanpa bisa dicegah, yaitu tahi lalat, puting payudara, paha bagian dalam, dan Miss V.

4. Jerawat

Jika sebelum hamil wajah ibu sering timbul jerawat, maka saat hamil, jerawat yang muncul bisa bertambah lebih banyak dari biasanya. Penyebabnya adalah karena tingginya kadar hormon ibu saat hamil, sehingga memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak secara berlebihan.

Agar wajah bebas dari jerawat, rajinlah mencuci muka dua kali dalam sehari dengan menggunakan sabun wajah bebas wewangian. Tapi, hindari mencuci wajah lebih dari dua kali karena dapat membuat wajah jadi kering. Selain itu, ibu bisa mengoleskan astringent, tapi bukan yang dikhususkan untuk mengobati jerawat. Pilih juga produk perawatan wajah untuk kulit berminyak.

5. Varises

Ibu hamil cukup berisiko untuk mengalami varises karena tubuh harus menyuplai aliran darah yang cukup banyak ke janin. Tanda varises berupa guratan berwarna biru yang biasanya muncul pada kaki. Selain tidak enak dilihat, varises juga terasa nyeri dan membuat ibu jadi tidak nyaman.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mencegah varises:

  • Jangan berdiri terlalu lama maupun duduk terlalu lama.
  • Sering-sering berjalan kaki, karena cara ini bisa membantu darah kembali ke jantung.
  • Kenakan stocking kompresi.
  • Jaga berat badan agar tidak meningkat terlalu banyak
  • Konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C agar pembuluh darah tetap elastis dan sehat.

Jangan sampai masalah kulit ini jadi membuat ibu stres ya, karena biasanya kondisi kulit akan membaik setelah ibu melahirkan. Ibu hamil juga bisa membicarakan masalah kesehatan kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/ Voice Call dan Chat, ibu bisa berdiskusi dengan dokter kapan saja dan di mana saja. Kini juga sudah ada fitur Lab Test yang akan memudahkan ibu melakukan beberapa macam tes kesehatan. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tinggal order dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google.