11 April 2018

Tips Mengembalikan Nafsu Makan Saat Morning Sickness

Tips Mengembalikan Nafsu Makan Saat Morning Sickness

Halodoc, Jakarta – Sebagian besar ibu hamil akan mengalami morning sickness pada masa awal kehamilan. Meski bukan termasuk dalam gangguan kehamilan yang serius, morning sickness membuat ibu jadi kesulitan mengonsumsi makanan apapun. Indera penciuman ibu hamil jadi lebih sensitif, sehingga ketika mencium aroma makanan tertentu, ibu akan langsung mual dan muntah. Tidak heran kalau banyak ibu hamil yang mengalami penurunan berat badan di trimester pertama.

Namun, ibu enggak perlu khawatir. Pada periode ini ukuran janin masih sangat kecil, yaitu hanya sebesar kacang polong, sehingga asupan makanan yang diperlukannya belum terlalu besar. Jadi, meski berat badan ibu menurun, hal ini tidak membahayakan kondisi janin. Namun, ibu hamil dianjurkan untuk tetap mengonsumi makanan yang sehat dan bergizi secara teratur agar Si Kecil tidak kekurangan nutrisi dan dapat bertumbuh dengan sehat. Berikut beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mengembalikan nafsu makan saat sedang morning sickness:

  1. Langsung Makan Begitu Bangun di Pagi Hari

Seperti namanya, biasanya morning sickness akan muncul di pagi hari. Kalau ibu merasa mual saat hendak bangun tidur, bangunlah secara perlahan. Ibu juga sebaiknya mengonsumsi sedikit camilan sebelum bangun dari tempat tidur, karena setelah tidur semalaman, biasanya ibu akan bangun di pagi hari dengan keadaan perut kosong. Hal inilah yang memicu timbulnya rasa mual.

  1. Makan Sedikit Tapi Sering

Ibu hamil tidak perlu terpaku pada jadwal makan tiga kali sehari. Ibu dianjurkan untuk makan dengan porsi kecil tapi sering untuk menjaga supaya perut selalu terisi. Selalu bawa camilan seperti biskuit, roti atau buah kering kalau ibu ingin beraktivitas di luar rumah dalam waktu yang cukup lama.

  1. Mengonsumsi Minuman Jahe

Jahe dipercaya bisa menurunkan gejala morning sickness, sehingga ibu tidak merasa mual lagi dan bisa mengonsumsi makanan. Selain itu, jahe juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Jadi, setiap kali ibu merasa mual, cobalah mengonsumsi minuman hangat yang mengandung jahe seperti teh jahe, susu jahe, wedang jahe, dan lain-lain.

  1. Konsumsi Sup Rendah Lemak

Sup rendah lemak juga ampuh dalam mengembalikan napsu makan ibu yang berkurang karena morning sickness. Ibu hamil bisa mengonsumsi sup makaroni dan sup jagung di waktu siang hari. Atau pilihlah jenis sup yang memiliki kandungan lemak yang rendah dan terdapat beragam jenis sayuran di dalamnya. Masak sup sedemikian rupa sehingga nafsu makan ibu akan meningkat ketika mencium aroma kaldu dan melihat tampilan sup yang menggiurkan.

    5. Minum Susu Rendah Lemak Khusus Ibu Hamil

Kalau ibu tidak nafsu mengonsumsi makanan, setidaknya meminum susu dapat membantu agar perut ibu tidak kosong. Kini, susu untuk ibu hamil juga sudah memiliki rasa yang bervariasi, sehingga ibu bisa memilih yang sesuai dengan selera ibu. Susu khusus kehamilan biasanya mengandung asam folat yang sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan organ janin. Selain itu, susu rendah lemak juga bisa meningkatkan nafsu makan ibu selama masa kehamilan.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk mengembalikan nafsu makan ibu yang berkurang karena morning sickness (Baca juga: Fakta Morning Sickness yang Perlu Ibu Tahu). Kalau mual dan muntah yang dirasakan ibu bertambah parah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Ibu juga bisa membicarakan masalah kesehatan yang dialami selama kehamilan dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter ahli dan terpercaya akan siap membantu ibu hamil melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang di App Store dan Play Store ya!