20 April 2018

Tips Merawat Anak dengan Down Syndrome

Tips Merawat Anak dengan Down Syndrome

Halodoc, Jakarta — Sebagai orang tua yang merawat anak down syndrome, hal pertama yang perlu dipahami oleh para orang tua adalah merawat anak down syndrome perlu kesabaran. Anak-anak dengan down syndrome membutuhkan perlakuan khusus agar mereka bisa hidup bahagia dan mandiri. Tips berikut ini membantu ibu merawat anak dengan down syndrome.

Carilah info sebanyak mungkin tentang kelainan genetik tersebut. Mulai dari dampaknya hingga perawatannya. Kamu bisa mencari informasinya di internet atau menanyakannya secara langsung kepada dokter. Aplikasi Halodoc bisa juga menjadi andalanmu. Para dokter ahli di aplikasi Halodoc bisa kamu hubungi melalui layanan video/voice call atau chat. Jadi sangat mudah dan praktis.

Jangan malu pula bertukar informasi dengan orang tua lain cara merawat anak down syndrome. Dengan begitu, Ibu bisa mendapatkan lebih banyak tips bermanfaat. Lalu, saat anak bertambah usia, Ibu harus sering berkomunikasi dengan dokter, terapis, guru, dan pihak lainnya. Komunikasi ini bisa membuat Ibu semakin mengerti kondisi anak hingga dewasa nanti.

Merawat anak down syndrome memiliki tingkat kesulitan dan tantangan berbeda dibandingkan dengan kebanyakan orang tua lainnya. Dibutuhkan kesabaran serta ketelatenan yang lebih menyita waktu. Akan ada masa-masa stres yang mungkin kamu alami.

Selain mengurus kebutuhan si Kecil dan jadwal pribadi, ibu juga harus sering berkunjung ke dokter. Agar ibu tidak menjadi putus asa saat merawat anak down syndrome, ada beberapa hal yang perlu ibu lakukan.

  1. Ajak teman dan keluarga dekat ikut serta membantu mengasuh si Kecil. Kalau kamu perlu istirahat sejenak, mereka bisa membantu merawat si Kecil. Ambillah juga waktu pribadi sejenak seperti membaca buku atau keluar rumah.
  2. Berbagi ceritalah dengan orang lain. Percayalah banyak orang yang ingin membantu, tetapi mereka tidak tahu caranya. Jadi, jangan ragu untuk membagi kendala dan tantangan merawat anak down syndrome dengan orang terdekat.
  3. Tulis semua kebutuhan, sehingga kamu bisa menentukan prioritas.
  4. Jangan terlalu memaksakan diri. Ibu juga perlu waktu istirahat. Agar tidak stres saat menghadapi tantangan, ibu bisa juga menghubungi terapis untuk bantuan.
  5. Jaga kesehatan. Agar bisa merawat si kecil dengan baik, ibu juga harus menjaga kesehatan. Makanlah makanan yang sehat dan lakukan olahraga rutin.

Jika Ibu memerlukan teman diskusi merawat anak down syndrome, aplikasi Halodoc bisa menjadi andalan ibu. Selain itu, di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli vitamin dan obat-obatan serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.