Pernah Dialami Tom Cruise, Ketahui Fakta Patah Pergelangan Kaki

 Patah Pergelangan Kaki

Halodoc, Jakarta - Perlu kamu ketahui bahwa pergelangan kaki manusia diselimuti sendi dan cairan sinovial untuk mengurangi gesekan berlebih pada sendi pergelangan kaki. Pergelangan kaki bisa mengalami cedera apabila terjadi robekan pada sendi, atau salah satu tulang mengalami kepatahan.

Pergelangan kaki memiliki 3 bagian tulang, yaitu tibia sebagai tulang inti yang terletak pada medial (dalam) kaki, fibula yang terletak di bagian luar kaki, dan talus sebagai dasarnya. Ujung tulang tibia dan fibula disebut dengan maleolus. Ketiganya akan membentuk suatu lengkungan yang terletak persis di atas talus.

Apabila kamu mengalami patah pada pergelangan kaki, maka dapat dirawat dengan menggunakan obat pereda rasa sakit, terapi, gips atau operasi yang ditentukan berdasarkan lokasi serta tingkat keparahan patah tulang yang terjadi. Operasi untuk menanam sekrup, pelat, atau batang pada tulang yang patah mungkin juga diperlukan apabila pergelangan kaki mengalami patah tulang yang parah. Tujuannya untuk menjaga tulang tetap berada di posisi yang tepat saat proses penyembuhan berlangsung dan biasanya berlangsung antara 2-3 bulan.

Baca juga: Jangan Panik, Inilah Pertolongan Pertama pada Patah Tulang

Perawatan Selama Mengalami Patah Pergelangan Kaki

Selama mengalami patah pergelangan kaki, sebaiknya kamu menghindari membebani pergelangan kaki dan segera meminta bantuan untuk memeriksakan diri ke rumah sakit. Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan bengkak dan rasa sakit, yaitu dengan menyanggah kaki yang mengalami patah pergelangan kaki dan mengompresnya dengan es. Kamu juga bisa meminum obat pereda sakit seperti parasetamol, naproxen, atau ibuprofen.

Gips juga dapat digunakan untuk merawat patah pergelangan kaki yang tidak parah, disertai dengan penggunaan obat pereda sakit. Satu hal yang perlu diingat bahwa usahakan supaya gips tidak basah. Gunakan kruk atau tongkat penopang untuk berjalan supaya tidak membebani pergelangan kaki yang patah. Jika pergelangan kaki mengalami patah tulang yang parah, kemungkinan dibutuhkan operasi untuk merawat dan menyambungkan kembali tulang yang patang.

Dapat Menimbulkan Komplikasi

Seseorang akan berpotensi mengalami komplikasi apabila patah tulang tidak ditangani dengan tepat. Selain itu, komplikasi juga dapat terjadi akibat cedera berkepanjangan, seperti arthritis, trombosis vena dalam (DVT), infeksi tulang, sindrom kompartemen, dan kerusakan pada pembuluh darah atau saraf.

Baca juga: Mengalami Patah Pelvik, Ini Pengobatan yang Bisa Dilakukan

Dapat Dicegah, Bagaimana Caranya?

Pencegahan patah pergelangan kaki dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

  • Gunakan sepatu yang tepat. Pastikan kamu menggunakan sepatu yang tepat dengan ukuran kaki dan aktivitas kamu. Hindari penggunaan sepatu dengan sol tipis atau licin.

  • Olahraga secukupnya. Hindari memaksakan diri berolahraga melebihi kapasitas tubuh, khususnya bagi pemula supaya terhindar dari cedera. Selain itu, disarankan untuk mengubah jenis olahraga yang dilakukan secara rutin supaya tidak membebani pergelangan kaki.

  • Penerangan Cukup. Pastikan ruangan kamu dilengkapi dengan penerangan cukup untuk menghindari terpeleset atau terkilir.

  • Menjaga kondisi tulang. Konsumsi makanan dan minuman dengan kandungan vitamin D supaya struktur tulang selalu terjaga, juga dibantu dengan rutin berolahraga suapaya menambah kekuatan pergelangan kaki.

Baca juga: 8 Hal yang Sebabkan Patah Pelvik

Kamu juga dapat menanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc bagaimana cara menguatkan pergelangan kaki kamu untuk mencegah ataupun selama patah tulang berlangsung. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.