Tom Hanks Positif Corona Saat Syuting Film di Australia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Tom Hanks Positif Corona Saat Syuting Film di Australia

Halodoc, Jakarta – Rabu (11/3) aktor Hollywood Tom Hanks memberi pernyataan lewat akun media sosialnya kalau dia dan sang istri Rita Wilson didiagnosis positif corona COVID-19. Dalam unggahannya tersebut, Tom Hanks sempat menjelaskan kalau dia dan istri sedang berada di Australia untuk syuting film.

Sebelum posting-an tersebut Warner Bross mengeluarkan pernyataan kalau salah satu tim filmnya yang sedang pra-produksi di Australia dinyatakan positif corona COVID-19. Pernyataan jujur dari Tom Hanks dan pihak Warner Bross mendapat respons positif dari warganet. 

Pentingnya Deteksi Dini

Sesuai dengan arahan yang dirilis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Rabu (11/3) terkait COVID-19 dinyatakan sebagai pandemi, badan kesehatan internasional tersebut menyarankan untuk melakukan deteksi dini mandiri.

Baca juga: Update Terbaru, Sudah 34 Kasus Corona di Indonesia

Selain deteksi dini mandiri, arahan selanjutnya adalah melakukan tindakan perlindungan terhadap orang-orang terdekat, orang di sekitar, supaya penyebaran COVID-19 tidak meluas ke orang-orang lainnya. 

Deteksi dini dilakukan oleh Tom Hanks begitu tahu kalau dia dan istri mengalami gejala flu, demam, dan tidak enak badan. Begitu tahu ada sesuatu yang tidak normal pada kondisinya menyerupai gejala ataupun tanda yang diberitakan terkait corona, pasangan Hollywood ini melakukan pemeriksaan medis dan dinyatakan positif COVID-19.

Untuk keamanan dan perawatan lebih lanjut Tom Hanks dan istri diobservasi dan diisolasi. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Australian Government Department Health,  di Australia, orang yang paling berisiko terkena virus corona adalah mereka yang baru-baru ini melakukan perjalanan di daratan Tiongkok, Iran, dan melakukan kontak dengan orang yang terkonfirmasi terinfeksi corona.

Perkembangan Kasus Corona di Australia

Update perkembangan kasus corona di Australia Kamis (12/3) pukul 11:00 waktu setempat, sudah ada 126 kasus COVID-19 yang dikonfirmasi, termasuk 3 kematian di Australia. Berikut data kasus corona di Australia berdasarkan wilayahnya:

  • 64 kasus di New South Wales.

  • 17 kasus di Queensland.

  • 8 kasus di Australia Selatan.

  • 2 kasus di Tasmania.

  • 18 kasus di Victoria.

  • 7 kasus di Australia Barat.

  • 10 kasus  terkait dengan kapal pesiar Diamond Princess.

15 kasus awal yang terjadi di Australia semuanya memiliki riwayat perjalanan langsung atau tidak langsung ke Wuhan, Tiongkok. 10 kasus, termasuk 1 kematian, terkait dengan kapal pesiar Diamond Princess dari Jepang. 18 kasus dilaporkan memiliki hubungan perjalanan langsung atau tidak langsung ke Iran.

Baca juga: WHO Resmi Nyatakan Corona sebagai Pandemi

52 kasus dilaporkan memiliki hubungan perjalanan langsung atau tidak langsung dengan negara-negara, termasuk Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Inggris, Italia, Islandia, Singapura, Thailand, Republik Korea, Jepang, Indonesia, Filipina, Taiwan , Kuba, Trinidad dan Tobago, Nepal, Mesir, Austria, Prancis, Spanyol, dan Hong Kong. Dari 126 kasus Australia yang dilaporkan, 24 dari kasus ini dilaporkan telah pulih. 

Australian Government Department Health menyarankan untuk membatasi frekuensi bepergian ke tempat-tempat umum, jika memungkinkan jangan menerima kunjungan dari orang luar, tetaplah tinggal dengan keluarga. Tidak perlu mengenakan masker di dalam rumah. 

Selain Tom Hanks dan pasangan, pesohor lainnya yang terinfeksi corona adalah pemain Juventus Daniele Rugani. Karena diagnosis tersebut Rugani dan rekan-rekan satu tim dikarantina selama 14 hari ke depan. 

Baca juga: 4 Tips Jaga Imunitas Untuk Cegah Penularan Corona

Italia telah melarang semua acara olahraga nasional sampai 3 April 2020 dan menutup wilayahnya dengan pembatasan perjalanan antar kota. Italia adalah salah satu negara yang paling parah terkena virus corona. Lebih dari 12.000 kasus dikonfirmasi yang mengakibatkan lebih dari 800 kematian.

Butuh informasi lebih lengkap mengenai corona, penanganan corona, serta hal-hal lain terkait isu kesehatan, kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, atau buat janji dengan dokter di rumah sakit rujukan COVID-19 yang dekat tempat tinggalmu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Australian Government of Department Health. Diakses pada 2020. Coronavirus (COVID-19) health alert.
World Health Organization. Diakses pada 2020. WHO Director-General's opening remarks at the media briefing on COVID-19 - 11 March 2020.
The New York Times. Diakses pada 2020. Juventus Player Tests Positive for Coronavirus
Eonline. Diakses pada 2020. Tom Hanks and Rita Wilson Test Positive for Coronavirus.