31 May 2017

Trik Aman Berpuasa untuk Pengidap Gangguan Lambung

Trik Aman Berpuasa untuk Pengidap Gangguan Lambung

Halodoc, Jakarta - Asam lambung yang naik tentu membuat tubuh merasa sangat tidak nyaman. Penyakit gangguan asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) ini merupakan kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Apakah kamu adalah salah satu orang yang sering mengalaminya?

Penyebab asam lambung sendiri dikarenakan oleh beberapa faktor yang melatarbelakangi. Secara sistematis, penyebab asam lambung adalah tidak berfungsinya Lower Esophageal Sphinchter (LES), yakni otot lambung penutup organ tersebut, hingga pada akhirnya asam lambung seseorang lolos begitu saja dan naik menuju kerongkongan.

Menjelang bulan suci Ramadan, tak jarang pengidap gangguan lambung merasa khawatir dan mungkin takut untuk berpuasa. Alasan utamanya tentu tidak ingin penyakit asam lambung yang diidapnya mendadak kambuh. Padahal menurut Konsultan Gastroenterologi, DR. Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD K-GEH, FINASIM, MMB, FACP dari RSCM-Universitas Indonesia, berpuasa bagi pengidap asam lambung bukanlah halangan. Ada strategi yang bisa dilakukan agar pengidap asam lambung bisa tetap melakukan ibadah puasa dengan aman dan nyaman selama satu bulan penuh!

Berikut ini menu buka puasa untuk pengidap asam lambung yang patut dihindari:

  • Menu buka puasa untuk pengidap asam lambung yang patut dihindari ialah makanan perangsang naiknya asam lambung, diantaranya kopi, minuman beralkohol, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu full cream.
  • Hindari pula makanan yang secara langsung merusak dinding lambung di antaranya mengandung cuka, pedas, merica, dan bumbu yang merangsang lainnya.
  • Ketiga, akan lebih baik lagi jika kamu tidak mengonsumsi makanan yang sulit dicerna karena dapat memperlambat pengosongan lambung. Makanan tersebut antara lain kue tart dan keju.
  • Menu buka puasa untuk pengidap asam lambung yang patut dihindari selanjutnya adalah sumber karbohidrat seperti beras ketan, mi, bihun, jagung, ubi singkong, dan dodol.
  • Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah antara lain alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.
  • Makanan yang mengandung gas juga menjadi menu buka puasa untuk pengidap asam lambung yang patut dihindari. Makanan mengandung gas akan merangsang pengeluaran asam lambung seperti makanan berlemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, dan minuman yang mengandung soda.


Seperti itulah cara aman menyiasati menu buka puasa untuk pengidap asam lambung. Untuk tips sehat lain saat berpuasa walaupun mengidap gangguan asam lambung, tanyakan langsung pada dokter spesialis penyakit dalam lewat aplikasi Halodoc. Tak perlu lagi khawatir akan kesehatan kamu selama bulan Ramadan, karena semua keluhan akan terjawab dengan cepat melalui Chat, Video Call dan Voice Call secara GRATIS. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.