06 March 2018

Tumbuh Gigi Bikin Rewel? Atasi Dengan Cara Ini

Tumbuh Gigi Bikin Rewel Atasi Dengan Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Menghadapi Si Kecil yang lagi rewel karena sedang tumbuh gigi memang serba salah. Ia jadi sering menangis, enggak napsu makan dan bahkan susah untuk tidur nyenyak. Sebenarnya aksi rewel Si Kecil ini disebabkan karena ia merasa tidak nyaman saat proses tumbuh gigi ini berlangsung. Gusinya terasa sangat gatal, nyeri, bahkan bengkak dan menyebabkan ia menjadi demam. Karena itu, berikut cara-cara yang bisa ibu lakukan untuk meredakan rasa nyeri yang dialami Si Kecil, sehingga ia dapat melewati fase tumbuh gigi dengan nyaman:  

  1. Usap Gusi Bayi

Dengan menggunakan kain flanel bersih yang sudah dibasahi air dingin, ibu bisa mengusap gusi Si Kecil yang gatal dan memberi tekanan ringan seperti memijat. Cara ini diharapkan bisa membuat bayi lebih nyaman.

  1. Mainan Teething atau Teether

Salah satu ciri bayi yang sedang tumbuh gigi adalah ia jadi punya hobi baru, yaitu suka memasukkan benda yang dipegangnya dan menggigit-gigitinya (Baca juga: Kenali 7 Tanda Anak Tumbuh Gigi). Hal ini karena gusinya terasa gatal. Nah, ibu bisa membelikan teether, mainan yang biasanya berbentuk lingkaran yang mudah digenggam bayi dan aman untuk dimasukkan ke mulut.  Rendam dulu teether di dalam air panas selama beberapa saat, lalu masukkan ke dalam lemari pendingin, setelah itu baru berikan pada Si Kecil untuk meredakan rasa gatal atau tidak nyaman pada gusinya yang baru tumbuh gigi.

  1. Beri Finger Food yang Sehat

Daripada Si Kecil memasukkan benda-benda yang belum tentu bersih ke dalam mulutnya, ibu bisa memberikan camilan sehat sebagai penggantinya. Potonglah timun, wortel, apel, semangka hingga berukuran kecil (finger food) agar mudah digenggam Si Kecil. Lalu dinginkan terlebih dahulu finger food tersebut di lemari es karena makanan dingin dapat meredakan rasa nyeri pada gusi yang dialami Si Kecil. Hindari memberinya makanan manis, seperti cokelat atau es krim untuk mencegah kerusakan gigi. (Baca juga: Mulai Tumbuh Gigi, Ini Makanan Sehat Padat Pilihan untuk Si Kecil)

  1. Minuman Dingin

Untuk Si Kecil yang berusia enam bulan ke atas dan sedang mengalami tumbuh gigi, ibu bisa memberinya minuman dingin bebas gula sebagai pereda rasa nyeri atau gatal yang dirasakannya. Tapi pastikan minuman itu tidak terlalu dingin agar Si Kecil enggak pilek.  

  1. Oleskan Obat

Jika rasa nyeri yang Si Kecil alami cukup parah, sehingga ia kesakitan, ibu bisa mengoleskan obat pengurang rasa sakit pada gusinya, sesuai anjuran dokter gigi anak.  

Ibu juga dianjurkan untuk merawat gigi bayi yang baru tumbuh agar tetap sehat dan kuat. Berikut cara-caranya:

  • Sama seperti gigi orang dewasa, gigi bayi yang baru tumbuh juga perlu dibersihkan agar bakteri yang berasal dari makanan tidak terus menempel. Bersihkan gigi bayi dengan kain flanel bersih yang dililitkan di ujung telunjuk ibu setiap Si Kecil habis makan dan sebelum tidur. Bersihkan juga rongga mulutnya dan lidahnya.
  • Berikan jenis makanan yang sesuai dengan usia anak. Untuk bayi yang berusia 6 bulan, ibu bisa memberikan MPASI. Bayi yang berusia 9 bulan sudah bisa diberikan makanan yang tidak terlalu halus, dan pada usia satu tahun, ibu sudah boleh memberikannya makanan yang dikonsumsi keluarga.
  • Beri Si Kecil makanan yang mengandung kalsium dan fluoride yang penting untuk kesehatan pembentukan gigi permanennya.

Itulah cara-cara untuk mengatasi anak yang rewel saat tumbuh gigi. Jika Si Kecil sakit atau mengalami masalah kesehatan tertentu, ibu bisa langsung bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Minta saran kesehatan dan rekomendasi obat kepada dokter bisa  dilakukan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.