Ini Update Virus Corona dan Kategori Identifikasinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Update Virus Corona dan Kategori Identifikasinya

Halodoc, Jakarta - Dari 2 kasus ke 27 kasus. Itulah perkembangan kasus virus corona (korona) penyebab COVID-19 di Indonesia. Virus corona di Indonesia muncul kali pertama pada Senin (2/3) dengan jumlah 2 kasus. Namun, dalam waktu sembilan hari angkat bertambah menjadi 27 kasus. Mau tahu perkembangan kasus COVID-19 di wilayah Jakarta? Simak ulasannya di bawah ini. 

Baca juga: 10 Fakta Virus Corona yang Wajib Diketahui

Data Pemantauan COVID-19 Jakarta

Bagaimana dengan perkembangan kasus virus corona, khusus di wilayah DKI Jakarta dan luar Jakarta? Nah, berikut pantuan Halodoc pada website milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta - Data Pemantauan COVID-19 Jakarta

  • Orang dalam pemantauan (ODP)

Proses pemantauan berjumlah: 70 kasus. 

Selesai pemantauan berjumlah: 331 kasus. 

  • Pasien dalam pengawasan (PDP)

Pasien masih dirawat berjumlah: 97 orang

Pasien pulang dan sehat berjumlah: 100 orang

  • Jenis Kelamin

Kasus terkait virus corona di Jakarta didominasi oleh perempuan, yakni 50,84 persen dan laki-laki 49,16 persen.

  • Usia

Kelompok usia 30–39 tahun: 172 orang

Kelompok usia 40–49 tahun: 84 orang.

Kelompok usia 50–59 tahun: 66 orang.

Kelompok usia 60–80 tahun ke atas: 72 orang.

  • Wilayah dan  Akumulasi Jumlah ODP dan PDP

Jakarta Barat: 94 orang

Jakarta Pusat: 89 orang

Jakarta Selatan: 138 orang

Jakarta Timur: 110 orang

Jakarta Utara: 70 orang

Total DKI Jakarta sebanyak: 501 orang

Luar DKI Jakarta: 97 orang

Data ODP dan PDP berbasis laporan dari Fasilitas Kesehatan DKI Jakarta, dan telah dilaporkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Data-data di atas terakhir kali diperbarui pada Selasa, 10 Maret 2020, pukul 18:00 WIB. 

Baca juga: Hadapi Virus Corona, Ini Hal yang Harus dan Jangan Dilakukan

Jangan Bingung, Ini 4 Kategori Identifikasi COVID-19

Berbicara virus corona tentunya telinga kita tak asing dengan kata-kata, seperti “ODP, PDP, Suspect, atau Positif. Pertanyaanya, sudah tahu arti dibalik kata-kata tersebut? Nah, berikut empat kategori identifikasi pada COVID-19 yang disebabkan oleh virus corona terbaru, SARS-CoV-2.

    • ODP: Orang dengan gejala demam (>38 derajat Celsius) atau ada riwayat demam atau ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) tanpa pneumonia. Memiliki riwayat perjalanan ke negara terjangkit pada 14 hari terakhir sebelum gejala timbul.

    • PDP: Orang yang mengalami gejala demam (>38 derajat Celsius) atau riwayat demam, ISPA, dan pneumonia ringan hingga berat. Pasien memiliki riwayat perjalanan ke negara terjangkit, atau kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 dalam 14 hari terakhir. 

    • Suspect: Pasien masih menunggu hasil cek laboratorium, dan belum terkonfirmasi. 

    • Positif: Pasien sudah terkonfirmasi hasilnya melalui cek laboratorium. 

Lalu, bagaimana dengan penanganan pada tiap-tiap kategori? Tentunya penanganannya akan berbeda-beda yang disesuaikan dengan kondisi dan standar operasional prosedur yang dikeluarkan pemerintah. 

Baca juga: Ini Daftar 132 Rumah Sakit Rujukan untuk Virus Corona

Nah, dari 30 Desember 2019 sampai 10 Maret 2020 (pukul 09:00 WIB), mau tahu berapa banyaknya orang yang sudah diperiksa? Menurut keterangan dari Infeksi Emerging - Media Informasi Resmi Terkini Penyakit Infeksi Emerging, Kemenkes RI, terdapat 694 orang yang sudah diperiksa. Dari 46 Rumah Sakit di 23 Provinsi dengan hasil pemeriksaan, yaitu 648 orang negatif (188 orang Anak Buah Kapal World Dream).

Yuk, pastikan sakitmu bukan karena virus corona. Andaikan dirimu mencurigai diri atau anggota keluarga mengidap infeksi virus corona, atau sulit membedakan gejala COVID-19 dengan flu, segeralah tanyakan pada dokter. 

Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter lewat fitur Chat dan Voice/Video Call atau buat janji dengan dokter di rumah sakit rujukan COVID-19 yang dekat tempat tinggalmu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

 

Referensi:
Corona.jakarta.go.id. Diakses pada 2020. Data Pemantauan COVID-19 Jakarta.
Antaranews.com. Diakses pada 2020. Ada Empat Kategori Dalam Identifikasi COVID-19. 
Republika.co.id. Diakses pada 2020 Empat Kategori Identifikasi Pasien Corona.
Metro TV - Twitter. Diakses pada 2020. 4 Kategori Identifikasi Pasien COVID-19.
Infeksiemerging.kemkes.go.id. Diakses pada 2020. Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19) 10 Maret 2020