Usir Stres dengan Jalan Kaki Sesudah Sahur

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Usir Stres dengan Jalan Kaki Sesudah Sahur

Halodoc, Jakarta – Banyak cara untuk melakukan olahraga ringan, salah satunya dengan berjalan kaki. Selain menjaga tubuh kamu agar tetap sehat, nyatanya berjalan kaki juga dapat menjauhkan kamu dari penyakit pikiran seperti stres. Saat melakukan ibadah puasa, sebaiknya kamu juga harus menghindari stres yang bisa mengganggu ibadah puasa kamu. Melakukan olahraga saat sedang menjalankan ibadah puasa nyatanya juga bisa memberikan banyak manfaat pada kesehatan kamu, terutama berjalan kaki.

Berjalan Kaki Setelah Sahur Bisa Mengusir Stres

Melakukan olahraga saat berpuasa mungkin saja kamu lakukan. Kamu bisa melakukan olahraga ringan menjelang berbuka atau setelah sahur. Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan saat kamu berolahraga setelah sahur. Pada waktu sahur, kamu masih bisa mendapatkan udara yang segar, tidak terpapar polusi,  dan cuaca yang belum begitu terik. Sehingga, olahraga yang kamu lakukakn tidak terlalu menguras energi, apalagi kamu sedang menjalankan ibadah puasa.

Untuk merasakan manfaat terhindar dari stres, kamu tidak perlu berjalan kaki jauh. Kamu cukup berjalan kaki ringan di sekitar rumah atau di taman rumah kamu. Jalan-jalan santai nyatanya bisa membuat otak lebih tenang. Dengan melakukan jalan kaki setelah sahur, kamu bisa menempatkan otak ke dalam suasana meditasi, sehingga membuat kamu mendapatkan manfaat kesehatan, seperti menenangkan pikiran dan meningkatkan kesadaran.

(Baca juga: Manfaat Berolahraga di Bulan Ramadan)

Mengapa Berjalan Kaki Bisa Mengusir Stres

  • Berjalan kaki adalah olahraga yang paling mudah untuk dilakukan. Olahraga ringan ini tidak membutuhkan peralatan atau alat-alat olahraga seperti olahraga pada umumnya. Selain itu, saat kamu melakukan olahraga dengan berjalan kaki, kamu tidak membutuhkan latihan khusus. Kamu hanya perlu menyiapkan waktu senggang, sehingga olahraga jalan kaki bisa kamu lakukan kapan saja, termasuk setelah santap sahur.
  • Seseorang yang sering melakukan jalan kaki ternyata dapat meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh. Hormon endorfin adalah salah satu hormon yang dapat mengurangi gejala depresi dan mengurangi hormon stres. Sangat baik jika dilakukan setelah sahur, sehingga kamu bisa merasakan manfaat dari hormon endorfin selama kamu menjalankan ibadah puasa. Kamu bisa menjalani puasa dengan tenang. Sehingga, ibadah kamu akan berjalan dengan lancar serta badan kamu juga akan tetap sehat dan bugar.
  • Jika kamu melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki setelah kamu sahur, ternyata bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu, sehingga kamu akan terhindar dari hal-hal yang membuat kamu menjadi depresi dan stres. Ya, tentu kualitas hidup kamu juga akan meningkat.
  • Dengan berjalan kaki setelah sahur, tentu akan meningkatkan kekuatan otot-otot pada tubuh kamu. Selain itu, jika kamu berjalan kaki pada pagi hari kamu bisa melatih pernapasan dan membuat sistem saraf menjadi lebih rileks.
  • Tidak ada salahnya mengajak keluarga kamu untuk menikmati saat-saat setelah sahur dengan melakukan jalan kaki bersama. Karena saat jalan kaki hormon endorfin kamu akan meningkat dan berjalan kaki bersama nyatanya juga bisa menghindari kamu dari pikiran negatif dan stres. Selain itu, kamu bisa semakin menjalin keakraban dengan keluarga kamu.

(Baca juga: 3 Gerakan Olahraga Sehat di Kantor)

Jika kamu memiliki masalah yang membuat kamu stres, sebaiknya luangkan waktu untuk melakukan olahraga. Pasalnya, melakukan olahraga bisa membantu kamu menjaga kesehatan fisik maupun mental. Kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan fitur Contact Doctor, kamu bisa bertanya melalui Voice Call, Video Call atau Chat kapan pun dan di mana pun. Yuk, langsung download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!