11 September 2017

Wajib Diketahui, Inilah Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari

Wajib Diketahui, Inilah Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari

Halodoc, Jakarta - Sinar matahari sangat baik untuk kesehatan. Tidak hanya bagi orang dewasa tapi juga anak-anak. Bayi yang baru lahir juga sangat membutuhkan sinar matahari untuk pertumbuhan. Sangat penting untuk para ibu bangun pagi dan mengajak bayi untuk berjemur. Waktu berjemur yang terbaik untuk mendapatkan sinar matahari yang baik adalah mulai pukul 7 hingga 9 pagi. Selebihnya lebih baik kamu menghindari sinar matahari, karena justru membahayakan kesehatan bayi dan optimalkan waktu berjemur bayi dengan tidak menjemur bayi terlalu lama. Hal ini akan membuat bayi kepanasan dan kulitnya menjadi sensitif. Cukup jemur bayi kamu selama 15 menit dan jangan lebih dari itu. Pastikan bayi kamu mendapatkan cukup sinar matahari untuk membantu merangsang pertumbuhan bayi.

Manfaat Sinar Matahari Untuk Kulit
Sebelum mengetahui manfaat berjemur untuk kesehatan bayi, ada baiknya kamu mengetahui manfaat sinar matahari pagi untuk kulit. Sinar matahari dalam jumlah yang tepat dapat memberikan beragam manfaat bagi kulit, seperti beberapa hal berikut ini:

1.  Meningkatkan Sirkulasi Darah
Sinar matahari juga mampu meningkatkan sirkulasi darah dengan kemampuannya untuk melebarkan pembuluh darah di kulit sehingga nutrisi serta oksigen dapat lebih banyak dibawa melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh.

2.  Mengatasi Masalah Kulit
Sinar matahari pagi dapat membantu sel – sel dalam tubuh untuk bekerja sebagaimana mestinya, karena itu juga dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit seperti jerawat, eksim, psoriasis.

3.  Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Ketika terkena sinar matahari, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang akan membantu dalam proses menangkal infeksi serta berbagai penyakit akibat serangan bakteri, jamur atau virus lainnya.

4.  Menghilangkan Racun
Sinar matahari dapat berguna sebagai sarana untuk mendetoksifikasi tubuh dengan perbaikan fungsi hati, yang bertugas untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

5.  Mengatasi Sulit Tidur
Sinar matahari dapat meningkatkan produksi melatonin, yaitu hormon yang diproduksi oleh organ tubuh berukuran seperti kacang atau nama lainnya kelenjar pinea organ tubuh yang terletak di dasar otak. Melatonin ini diperlukan apabila ingin memiliki kualitas tidur yang baik, sebab porsi tibur yang cukup memiliki pengaruh terhadap kesehatan tubuh dalam waktu yang panjang.

Manfaat Berjemur Untuk Kesehatan Bayi

1.  Menghindarkan Bayi Kuning

Bayi baru lahir beresiko mengalami kuning karena kadar bilirubin mulai naik pada hari ke 3 sampai hari ke 5 dan menurun pada saat bayi berusia 7 sampai 10 hari. Manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan bayi dapat membantu memecah bilirubin dalam darah bayi sehingga kadarnya menurun dan kembali normal. Dengan demikian rona kulit bayi yang kuning akan berangsur normal juga.

2.  Memperkuat Tulang Bayi
Kandungan vitamin D dalam sinar matahari pada kesehatan bayi berperan untuk membantu kalsium agar mudah terserap dalam darah dengan demikian akan menyatu dengan tulang untuk memperkuat tulang. Rajinlah menjemur bayi di pagi hari, maka pertumbuhan tulang bayi akan lebih kuat dan tubuh bayi lebih sehat.

3.  Menghangatkan Tubuh Bayi
Menjemur bayi di sinar matahari pagi juga akan membantu menghangatkan tubuh bayi, terutama bayi yang memiliki risiko alergi. Sinar matahari akan membantu bayi untuk menghilangkan lendir yang masih tertinggal dalam saluran pernafasannya, terutama pada bayi yang mempunyai alergi.

4.  Menghindari Stres Pada Bayi
Bayi bisa stres? Walaupun kedengarannya mustahil, bayi bisa saja mengalami stres pasca dilahirkan. Tandanya adalah menangis terus menerus tanpa ada gejala penyakit lainnya yang tampak atau setelah didiskusikan ke dokter anak. Sinar matahari pagi dapat membantu melepaskan hormon endorphin dalam tubuh bayi yang dapat membantu melawan stres yang dirasakan bayi.


Banyak sekali kan manfaat berjemur untuk bayi? Jadi jangan lupa untuk menjemur bayi kamu saat pagi hari dan lakukan dengan rutin. Diskusikan juga kesehatan bayi kamu dengan dokter terbaik dan terpercaya yang ada di Halodoc. Kamu bisa membicarakan segala masalah kesehatan lainnya dengan cepat, aman dan nyaman dengan men-download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga di smartphone.

BACA JUGA: 5 DAMPAK NEGATIF JIKA BAYI TIDAK IMUNISASI