• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Diketahui, Inilah Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari

Wajib Diketahui, Inilah Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Wajib Diketahui, Inilah Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari

Halodoc, Jakarta - Sinar matahari dapat memberikan manfaat pada tubuh manusia, meskipun juga dapat memberi dampak buruk. Salah satu manfaat yang dapat diberikan dari sinar matahari tersebut adalah memberikan asupan vitamin D. Dengan acuan tersebut, banyak orang terutama di Indonesia yang kerap menjemur bayinya di bawah cahaya matahari.

Para orangtua sering mendengar apabila sangat baik jika menjemur bayi yang baru lahir untuk kesehatan dan pertumbuhannya. Walau begitu, ibu juga harus memperhatikan waktu untuk melakukan tersebut agar tidak terlalu terik. Karena bukan manfaat yang didapatkan, melainkan dampak negatif. Berikut adalah beberapa manfaat menjemur bayi di pagi hari!

Baca juga: Agar tak Salah Ikuti Tips Aman Menjemur Bayi

Manfaat dari Menjemur Bayi pada Kesehatan dan Pertumbuhan

Memang terdapat beberapa manfaat dari menjemur bayi setiap pagi. Namun, penting untuk mengetahui waktu berjemur yang terbaik adalah mulai pukul 7 hingga 9 pagi. Selebihnya, lebih baik ibu menghindari sinar matahari, karena justru membahayakan kesehatan bayi. 

Ibu juga sebaiknya tidak menjemur bayi terlalu lama. Hal ini akan membuat bayi kepanasan dan kulitnya menjadi sensitif. Batas waktu menjemur bayi yang cukup adalah selama 15 menit dan jangan lebih dari itu. Pastikan bayi mendapatkan cukup sinar matahari agar mampu merangsang pertumbuhan bayi.

Supaya dapat membuat para orangtua semangat akan hal tersebut, maka ketahuilah beberapa manfaat menjemur bayi di pagi hari untuk kesehatan dan pertumbuhannya. Berikut adalah manfaat-manfaat yang bisa didapatkan:

  1. Mencegah Penyakit Kuning

Salah satu manfaat dari menjemur bayi di bawah sinar matahari adalah mencegah kulit kuning. Bayi yang baru lahir beresiko mengalami penyakit kuning, karena kadar bilirubin mulai naik pada hari ke 3 sampai hari ke 5 dan menurun pada saat bayi berusia 7 sampai 10 hari. Penyakit kuning juga dapat terjadi akibat fungsi hati yang tidak terkontrol.

Dengan menjemur bayi, sinar matahari pagi dapat membantu memecah bilirubin dalam darah bayi, sehingga kadarnya menurun dan kembali normal. Selain itu, cahaya pagi juga mengandung spektrum cahaya biru yang dapat mengurangi kadar bilirubin yang berlebihan di dalam tubuh. Ibu dapat menjemurnya pada pagi hari selama 10-15 menit dan pastikan tidak lebih dari itu.

Baca juga: Tahapan Penting Tumbuh Kembang Bayi di Tahun Pertama

  1. Memperkuat Tulang Bayi

Manfaat menjemur bayi lainnya ketika dilakukan pada pagi hari adalah dapat memperkuat tulang bayi. Kandungan vitamin D yang terkandung dalam sinar matahari dapat membantu kalsium mudah terserap dalam darah. Setelah itu, vitamin tersebut akan menyatu dengan tulang, sehingga membuat bagian tubuh tersebut lebih kuat.

Kebiasaan baik di pagi hari ini juga dapat mencegah gangguan pada tulang seperti rakhitis. Hal tersebut terjadi ketika tubuh bayi mengalami kekurangan kalsium. Gangguan tersebut dapat membuat tulang tidak dapat menopang berat tubuh yang berbahaya di masa depan. Maka dari itu, rajinlah menjemur bayi di pagi hari. Dengan begitu, pertumbuhan tulang bayi akan lebih kuat dan tubuh bayi lebih sehat.

Jika ibu masih mempunyai pertanyaan terkait kesehatan bayi, dokter dari Halodoc siap membantu. Tidak perlu pusing, cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sekarang. Selain itu, ibu juga dapat memeriksakan kesehatan bayi di rumah sakit pilihan melalui aplikasi ini!

  1. Meningkatkan Produksi Serotonin

Produksi serotonin pada tubuh bayi juga akan meningkat yang merupakan manfaat dari menjemur bayi di pagi hari. Sinar matahari dapat merangsang tubuh untuk meningkatkan produksi zat tersebut yang dapat mengirimkan sinyal antar sel-sel saraf dan mengatur emosi hingga keterampilan motorik.

Serotonin yang juga disebut 'hormon bahagia' ini dapat meningkatkan perasaan bahagia dan aman. Selain itu, bayi juga akan mengalami tidur yang lebih nyenyak dan pencernaan yang lebih baik, serta menjauhkan dari Seasonal Affective Disorder. Sekarang, apa ibu masih ingin menunda sesuatu yang baik untuk anak?

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Bayi

  1. Mempunyai Energi yang Lebih Banyak

Dengan menjemur bayi yang baru lahir, sinar matahari akan membantu tubuh untuk mengatur produksi melatonin. Kadar tersebut dapat membuat pola tidur bayi menjadi lebih baik dan sangat penting untuk tahun pertamanya. Selain itu, cahaya pagi dapat menurunkan kadar melatonin yang membuat bayi mempunyai tingkat energi yang baik. Semakin rutin menjemur bayi, maka energinya semakin tinggi.

Sekarang ibu sudah tahu tentang manfaat dari menjemur bayi di pagi hari bagi kesehatan dan pertumbuhannya. Cobalah untuk meluangkan waktu beberapa menit setiap hari demi masa depan anak. Pasti setiap orangtua ingin melihat anaknya tumbuh dengan sehat dan bugar bukan?

Referensi:
Tinystep. Diakses pada 2020. 5 Reasons You And Your Baby Need The Early Morning Sun
First Cry. Diakses pada 2020. 5 Amazing Benefits of Sunlight for Newborn Babies