10 Pantangan Makanan bagi Pengidap Kanker Serviks

10 Pantangan Makanan bagi Pengidap Kanker Serviks

Halodoc, Jakarta – Kanker serviks terjadi ketika sel sehat berubah menjadi sel abnormal akibat mutasi genetik atau perubahan DNA. Pertumbuhan sel kanker ini tidak terkendali dan berkembang di leher rahim wanita. Kanker serviks bisa disebabkan oleh beberapa faktor, tetapi umumnya karena infeksi virus human papillomavirus (HPV).

Baca Juga: Perlukah Pemeriksaan Kanker Serviks Sebelum Menikah?

Kanker serviks menjadi ancaman penyakit terbesar bagi wanita. Itu sebabnya wanita diharapkan lebih memperhatikan dan menjaga kesehatan rahim dengan baik agar terhindar dari penyakit ganas ini. Melakukan pola hidup sehat bisa menghindarkan dari kanker serviks, salah satunya adalah mengatur pola makan. Lantas, adakah makanan yang perlu dihindari selama menjalani pengobatan kanker:

  1. Makanan yang Digoreng

Pengidap kanker serviks sebaiknya menghindari makanan yang diolah dengan cara digoreng. Minyak yang sudah dipakai secara berulang bisa memperburuk gejala kanker serviks. Hal ini karena minyak goreng atau margarin mengandung lemak trans yang bersifat karsinogen.

  1. Makanan yang Dipanggang

Selain gorengan, makanan yang diolah dengan cara dipanggang juga sebaiknya dihindari. Jenis makanan ini bersifat karsinogen yang meningkatkan perkembangan sel-sel kanker.

  1. Makanan yang Diawetkan

Misalnya mi instan serta makanan atau minuman kemasan. Makanan jenis ini sebaiknya dihindari oleh pengidap kanker serviks karena mengandung zat pengawet.

  1. Cabai

Ketika kamu mengonsumsi makanan pedas atau cabai, kadar oksigen dalam tubuh berkurang dan bisa merangsang aktivitas bawah sadar. Hal ini cenderung tidak baik untuk pengidap kanker serviks.

  1. Makanan yang Dihangatkan di Microwave

Mengonsumsi makanan yang dipanaskan dengan microwave perlu dihindari karena alat ini memiliki lapisan bahan kimia di dalamnya. Makanan seperti popcorn memang enak sebagai camilan. Namun, kandungan lemak dan bahan kimia di dalamnya dapat merusak paru-paru dan memicu kanker.

  1. Gula

Makanan yang mengandung gula tinggi juga perlu dihindari. Pasalnya, gula (terutama gula buatan) meningkatkan kadar insulin yang bisa memicu pertumbuhan sel-sel kanker.

Baca Juga: Takut diabetes? Ini 5 Bahan Pengganti Gula

  1. Sayuran Tertentu

Beberapa sayuran seperti taoge, kangkung, dan sawi sebaiknya dihindari oleh pengidap kanker serviks. Sayuran ini mengandung zat yang dapat memicu terbentuknya kanker atau mengurangi kinerja obat.

  1. Buah Tertentu

Meski baik untuk kesehatan, ada beberapa buah yang sebaiknya dihindari oleh pengidap kanker serviks. Di antaranya buah nanas dan anggur karena mengandung alkohol.

  1. Minuman Berkarbonasi

Minuman ini mengandung zat pengawet dan banyak gula. Minuman berkarbonasi juga mengandung karsinogen yang bisa memicu perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh.

  1. Alkohol

Semua jenis alkohol sebaiknya dihindari oleh pengidap kanker serviks. Alkohol dapat merusak saraf dan organ tubuh serta memicu perkembangan sel-sel kanker.

Baca Juga: Inilah 7 Jenis Delirium yang Perlu Diketahui

Kalau ada pertanyaan seputar pola makan pengidap kanker serviks, jangan ragu bertanya pada dokter Halodoc. Kamu bisa menggunakan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!