3 Alasan Hindari Kebiasaan Mengucek Mata Terlalu Kencang

3 Alasan Hindari Kebiasaan Mengucek Mata Terlalu Kencang

Halodoc, Jakarta - Mengucek atau menggosok mata boleh dibilang hampir dilakukan banyak orang setiap harinya. Alasannya berbagai macam, mulai dari bangun tidur, merasa stres, kelilipan, ataupun mata terasa gatal. Sesekali mengucek mata memang tak ada salahnya, asalkan dilakukan dengan pelan-pelan dan tangan dalam keadaan bersih. Nah, apa jadinya bila kondisi yang terjadi justru sebaliknya?

Bagi kamu yang sering mengucek mata terlalu kencang, apalagi tangan dalam keadaan kotor, rasanya perlu harap-harap. Pasalnya, kebiasaan ini bisa menimbulkan berbagai penyakit mata. Kok bisa? Nah, berikut dampak mengucek mata terlalu kencang.

Baca juga: Kucek Mata Terlalu Kencang, Waspada Kelopak Mata Masuk ke Dalam

1. Menyebabkan Infeksi Mata

Mengucek mata memang bisa membuat kita kembali nyaman dan menghilangkan rasa gatal pada mata, tapi di lain sisi hal ini juga bisa menimbulkan masalah. Alasannya simpel, sebab mungkin saja tangan kita dipenuhi bakteri dan parasit yang bisa menyebabkan infeksi pada mata. Nah, hal inilah yang bisa menyebabkan penyakit mata, seperti konjungtivitis hingga entropion.

Konjungtivitis merupakan peradangan pada konjungtiva. Konjungtiva ini sendiri merupakan bagian dari selaput bening yang melapisi bagian depan mata. Nah, ketika seseorang mengidap penyakit mata ini, bagian mata yang seharusnya berwarna putih akan terlihat merah. Sedangkan entropion, merupakan kondisi ketika bulu mata tumbuh ke arah dalam (ke arah bola mata), karena kelopak mata yang terlipat.

Yang perlu diingat, infeksi pada mata tak cuma menyebabkan kedua penyakit mata di atas saja. Masih banyak keluhan mata lainnya yang bermula dari infeksi.

2. Menimbulkan Lingkaran Hitam

Dampak mengucek mata terlalu kencang dan sering juga bisa menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata. Meski terdengarnya sepele, tapi untuk sebagian orang kondisi ini amat mengganggu penampilan.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa bertanya langsung pada ahli mata. Biasanya, dokter akan memberikan krim hemorrhoid untuk menyembunyikan pembuluh darah yang terlihat. Selain itu, kamu juga bisa mengompres mata dengan potongan timun agar lingkaran hitam menghilang. Timun mengandung banyak sodium yang bisa mengangkat air di bawah mata.

3. Merusak Kornea dan Retina

Rusaknya kornea mata juga menjadi salah satu dampak mengucek mata terlalu keras dan sering. Kebiasaan yang tak bagus ini ternyata bisa menekan bola mata. Tekanan ini umumnya terjadi ketika seseorang menghapus riasan wajah atau menghapus air mata.

Baca juga: Mata Merah, Apakah Perlu Diobati

Selain itu, pengidap rabun jauh juga mesti hati-hati dengan kebiasaan ini. Sebab, dampak mengucek mata ini bisa menyebabkan ablasio pada retina. Sedangkan pada pengidap glaukoma, kebiasaan mengucek mata terlalu keras bisa menyebabkan terganggunya aliran darah ke belakang mata. Nah, ujung-ujungnya hal ini bisa menyebabkan kerusakan saraf dan merusak pandangan pengidapnya.

Yang bikin resah lagi, dampak mengucek mata terlalu keras dapat merusak kornea mata yang berada di depan. Meski kasusnya jarang terjadi, tapi kebiasaan ini bisa merobek kornea dan menyebabkan kerusakan. 

Kesimpulannya, banyak penyakit mata atau keluhan pada mata yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan mengucek mata. Karena itu, bila ingin melakukan tindakan ini, pastikan tangan dalam keadaan bersih dan lakukan secara pelan-pelan.

Memiliki keluhan pada mata? Atau merasakan beberapa keluhan mata di atas? Kamu bisa kok melakukan pemeriksaan dengan membuat appointment sesuai poliklinik atau dokter spesialis yang kamu inginkan melalui aplikasi Halodoc. Mudah bukan? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!