3 Resep Salad Buah Sehat untuk Melengkapi Buka Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
3 Resep Salad Buah Sehat untuk Melengkapi Buka Puasa

Halodoc, Jakarta - Berbuka puasa adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam yang tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan. Tidak heran juga kalau banyak orang yang mencoba membuat sajian spesial untuk disantap bersama orang-orang terdekat. Namun, supaya badan tetap sehat dan puasa tidak bikin berat badan tambah naik, kamu harus memerhatikan asupan yang masuk ke tubuh. Salah satu menu sehat yang cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa adalah salad buah. Nah, berikut ini dibahas beberapa resep salad buah yang pasti lezat dan nikmat.

Salad buah sebagai dessert dengan cita rasa yang segar baik untuk program diet kamu. Tidak hanya kaya vitamin dan serat, makanan satu ini juga rendah lemak dan karbohidrat sehingga aman dikonsumsi. Sebenarnya, daripada membeli di pasaran, kamu bisa membuat sendiri resep salad buah di rumah, lho! Berikut resepnya yang perlu kamu ikuti.

Baca Juga: Biar Badan Fit Seharian, Ikuti Panduan Sahur Ini

  • Salad Buah dengan Yoghurt, Mayonaise dan Minyak Zaitun

Resep salad buah satu ini umumnya merupakan resep salad buah yang banyak digunakan orang. Bahan-bahannya mudah didapatkan di supermarket. Dressing atau saus dengan bahan mayonaise dan yoghurt agak berat dan mengandung lebih banyak lemak karena penambahan mayonaise. Namun rasanya dijamin lezat dan memanjakan lidahmu. Jika kamu mau dressing yang lebih ringan, kamu bisa menggunakan minyak zaitun dan perasan air jeruk.

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan dari supermarket. Untuk penambah rasa manis dan nikmat, kamu bisa menambahkan madu, susu, garam dapur dan margarin. Buat yang suka dengan salad dengan dressing berat atau mayonaise, cara membuat salad buah mayonaise ini cukup sederhana dan mudah. Mayonaise bisa dicampur dengan creamy keju, susu kental manis atau ditambah sedikit yoghurt supaya lebih segar. Sementara buah yang digunakan tergantung selera kamu. Kamu bisa memilih jeruk, kiwi, buah naga, stroberi, pisang, dan lain-lain. Pastikan kamu menyimpan salad buah ini di lemari es dulu agar ketika disajikan rasanya jadi lebih segar.

  • Salad Buah Yoghurt Stroberi

Untuk resep salad buah ini, rasanya lebih segar karena mengandung lebih banyak stroberi di dalamnya. Buah yang dipakai antara lain buah stroberi segar, buah anggur segar yang sudah dicuci bersih, mangga yang sudah dikupas, dan jeruk mandarin yang sudah dikupas. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan seleramu. Sementara untuk bagian dressing, dibutuhkan beberapa bahan seperti air perasan jeruk lemon sebanyak 3 sendok makan, stroberi segar sebanyak 100 gram yang sudah dihaluskan, sirup merah atau pisang susu secukupnya sesuai selera, dan yoghurt dengan rasa stroberi kurang lebih sebanyak 100 gram. Masukan semua bahan tersebut ke dalam blender sampai halus dan tercampur rata. Setelah itu, bisa dimasukkan ke dalam kulkas dulu sampai dingin. Setelah itu, buah yang sudah dipotong-potong bisa langsung disiram dengan dressing yang tadi sudah dimasukkan ke dalam lemari es.

  • Salad Buah dan Sayur

Buat kamu yang bosan dengan buah, kamu bisa mencampurnya dengan sayuran. Cara membuat salad buah dan sayur sebenarnya tidak beda jauh cara buah resep salad buah lainnya. Tinggal buah yang digunakan dicampur dengan jagung manis, selada, atau sayuran segar lainnya sesuai selera. Yang penting kamu menentukan mau memakai mayonaise, saus vla, yoghurt ataupun sekedar minyak zaitun yang dicampur dengan air perasan jeruk nipis atau lemon supaya lebih segar.

Baca Juga: 5 Buah yang Cocok Dikonsumsi Saat Sahur

Itulah tiga resep salad buah yang bisa kamu coba untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Kalau ingin mengetahui lebih banyak makanan sehat yang cocok dikonsumsi selama puasa, kamu bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Talk to a Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.