3 Tips Sederhana supaya Enggak Kena Biang Keringat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
3 Tips Sederhana supaya Enggak Kena Biang Keringat

Halodoc, Jakarta – Munculnya ruam kecil berwarna merah yang terasa gatal di permukaan kulit merupakan salah satu gejala biang keringat alias miliaria. Terkadang, ruam ini bisa menimbulkan sensasi menyengat atau perih pada bagian kulit yang terserang.

Biang keringat memang sering ditemui menyerang bayi dan anak-anak, namun ternyata orang dewasa juga berisiko mengalami kondisi ini. Ruam kulit tanda biang keringat sering muncul ketika cuaca sedang panas atau pada lingkungan yang memiliki suhu lembap. Ruam pada kulit biasanya akan mulai muncul beberapa hari setelah seseorang terpapar suhu panas.

Biang keringat bisa terjadi di seluruh bagian tubuh, namun paling sering ditemukan pada bagian wajah, leher, paha, dada, serta punggung. Lokasi munculnya ruam biasanya akan berbeda antara bayi dengan orang dewasa. Pada bayi, biang keringat sering muncul pada bagian leher, ketiak, dan lipatan siku. Sedangkan pada orang dewasa, ruam merah akibat biang keringat biasanya muncul pada lipatan kulit yang bergesekan dengan pakaian.

Penyebab dari kondisi ini adalah keringat yang terjebak di balik kulit dan tidak bisa menguap. Hal itu terjadi akibat kelenjar keringat tubuh terhambat. Akibatnya, kulit mulai mengalami peradangan dan muncul ruam merah yang terasa gatal. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kelenjar keringat di tubuh terhambat, mulai dari iklim tropis, kebiasaan mengenakan pakaian yang terlalu tebal, serta aktivitas fisik yang menyebabkan keluarnya banyak keringat.

Biang keringat pada bayi bisa terjadi karena kelenjar keringat belum berkembang. Sebab, kelenjar keringat pada bayi biasanya belum sempurna dan bisa membuat keringat tertahan di balik kulit. Risiko mengalami biang keringat juga meningkat pada orang yang terlalu lama berbaring di tempat tidur, misalnya karena perawatan sakit tertentu.

Baca juga: Bukan Cuma Anak-Anak, Bayi Juga Bisa Kena Biang Keringat

Cara Mencegah dan Mengobati Biang Keringat

Salah satu gejala khas dari biang keringat adalah munculnya ruam merah yang gatal pada lapisan kulit. Umumnya, kondisi ini tidak membutuhkan penanganan medis, namun tetap perlu diatasi segera agar tidak mengganggu aktivitas. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati ruam akibat biang keringat, yaitu:

  • Menghindari panas berlebih, jika biang keringat sudah terlanjur menyerang. Sebab, paparan panas bisa membuat tubuh lebih banyak mengeluarkan keringat dan menyebabkan ruam semakin parah.

  • Menjaga kulit tetap dingin, sehingga bisa mengurangi dan menurunkan jumlah keringat yang dikeluarkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berendam atau mandi agar tubuh tetap terasa sejuk.

  • Hindari pakaian ketat, sebagai gantinya pakailah jenis kain yang bisa menyerap panas dan keringat dengan baik. Sehingga, tidak membuat ruam akibat biang keringat menjadi lebih parah.

  • Menggunakan obat dan krim yang bisa membantu mengurangi rasa gatal akibat biang keringat. Pastikan memilih obat dan krim yang sesuai dengan kebutuhan dan gunakan sesuai petunjuk.

Baca juga: Udara Bikin Gerah Bisa Sebabkan Biang Keringat?

Sedangkan untuk mencegah biang keringat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Seperti:

1. Hindari Panas

Agar terhindar dari serangan biang keringat, usahakan agar tubuh tidak kepanasan. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu tebal terutama pada saat musim panas.

2. Pilih Sabun Terbaik

Mencegah biang keringat bisa dilakukan dengan enggak sembarangan dalam menggunakan sabun untuk mandi. Pilihlah jenis sabun yang tidak membuat kulit menjadi kering dan tidak mengandung parfum.

3. Batasi Penggunaan Losion

Meski dibutuhkan untuk menjaga kelembaban tubuh, namun sebaiknya jangan berlebihan dalam menggunakan losion. Sebab, losion atau krim yang digunakan bisa saja menyumbat pori-pori dan memicu ruam serta biang keringat.

Baca juga: Inilah 3 Jenis dan Gejala dari Biang Keringat

Meski jarang menandakan penyakit berbahaya, namun sebaiknya segera lakukan pemeriksaan jika biang keringat tidak kunjung membaik. Jika ragu dan butuh saran dokter, pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa menanyakan seputar biang keringat melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!