27 August 2018

4 Cara Mengatasi Kuping Sakit Karena Menyelam

kuping sakit karena menyelam

Halodoc, Jakarta – Bermain ke pantai rasanya enggak afdol bila belum menyeburkan diri ke dalam laut. Menyelam memang menjadi salah satu olahraga air yang sangat menyenangkan karena kamu bisa melihat pemandangan bawah laut yang sangat indah. Namun sayang, terkadang menyelam juga bisa membuat kuping menjadi sakit. Kondisi ini disebut juga dengan barotrauma. Mengapa kuping menjadi sakit saat menyelam dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak di sini penjelasannya.

Kondisi kuping sakit karena menyelam ini disebabkan karena adanya perbedaan tekanan udara di dalam air dengan di daratan. Saat kamu menyelam, tekanan udara yang ada di sekelilingmu otomatis akan meningkat. Tekanan di bawah laut yang tinggi ini bisa menghimpit bagian tengah telinga kamu, sehingga menyebabkan kamu mengalami barotrauma. Biasanya gejala yang akan kamu rasakan adalah kuping menjadi sakit, pendengaran terganggu seperti ada yang menyumbat, sampai tekanan yang amat menyakitkan di bagian saraf telinga.

Baca juga: 5 Jenis Gangguan Pendengaran yang Perlu Diketahui

Barotrauma atau kuping sakit karena menyelam bisa terjadi pada telinga dalam, tengah, atau luar. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi ini:

1. Segera Naik ke Permukaan

Begitu kamu merasakan adanya tekanan dalam kuping saat sedang menyelam, sebaiknya jangan menyelam lebih dalam lagi. Hal ini bisa membahayakan kuping kamu, karena tekanan di dalam air semakin dalam akan semakin tinggi, sehingga berisiko membuat gendang telinga pecah. Kamu juga berisiko menjadi mual, muntah atau linglung. Jadi, lebih baik segera naik ke permukaan air.

2. Berhenti Menyelam

Setelah naik ke permukaan, bersihkan air yang masuk ke dalam kupingmu. Bila kamu tidak bisa membersihkan air di dalam kuping, berhentilah menyelam.

3. Bersihkan Kuping

Untuk mengeluarkan air di dalam kuping, kamu bisa menggunakan cara yang biasanya dilakukan ketika pendengaran tersumbat, yaitu tutup hidung dan mulut, lalu buat gerakan meniup hingga terdengar bunyi “pop” di kuping. Cara ini akan meningkatkan tekanan di tenggorokan dan mulut, sehingga saluran pendengaran yang tersumbat dapat terbuka kembali.

4. Tetap Tenang

Jangan panik bila kamu merasa mual dan linglung. Rasa panik justru dapat membuat keadaan semakin buruk. Jadi, tetaplah tenang dan segera naik ke permukaan. Mintalah seseorang untuk membantu kamu naik. Kemudian bersihkan air yang masuk ke dalam kuping dan biarkan kuping mengering.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat ke Dokter THT?

Cara Mencegah Kuping Sakit Saat Menyelam

Sebelum menyelam, kamu disarankan untuk mengikuti kelas menyelam terlebih dahulu. Di kelas ini, kamu akan diajari oleh penyelam profesional mengenai cara memakai alat menyelam yang benar dan teknik menyelam. Termasuk didalamnya teknik equalisasi yang penting untuk mencegah kuping sakit saat menyelam. Ada beberapa macam teknik ekualisasi yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah manuver toynbee. Caranya hanya tinggal menutup lubang hidung dan menelan ludah. Dengan melakukan equalisasi, kamu dapat meminimalkan tekanan di telinga. Saat melakukan ekualisasi, gendang telinga akan terasa bergerak.

Kamu juga disarankan untuk tidak menyelam bila sedang pilek atau flu. Pasalnya, lendir yang ada dalam hidung maupun tenggorokan saat sedang pilek bisa menyulitkan proses ekualisasi, karena saluran eustakius tersumbat.

Selain itu, kamu bisa mencegah terjadinya barotrauma kronis dengan mengonsumsi antithistamin semalam sebelum menyelam, dencongestan atau menggunakan semprotan hidung sebelum menyelam.

Baca juga: 4 Penyebab Telinga Bindeng yang Perlu Diwaspadai

Menyelam seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan. Jangan sampai kesenangan tersebut hilang karena sakit kuping. Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, kamu bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan di Halodoc. Enggak perlu repot-repot keluar rumah, kamu tinggal order saja lewat fitur Apotik Antar dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.