30 May 2018

4 Hal Yang Menyebabkan Otot Menghilang

4 Hal Yang Menyebabkan Otot Menghilang

Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang mendambakan tubuh yang sehat. Terlebih bagi laki-laki, kebanyakan mereka menginginkan otot-otot pada tubuh mereka terbentuk, sehingga akan menarik perhatian lawan jenis. Namun terkadang, beberapa aktivitas yang dilakukan keliru, sehingga lemak di tubuh bukannya meningkat massanya tetapi malah berkurang bahkan otot menghilang.

Otot rangka sendiri merupakan anggota gerak utama yang aktif menggerakkan rangka tubuh, sehingga besar atau kecilnya massa otot akan memengaruhi tenaga yang dihasilkan. Massa otot yang pas juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan tubuh dengan cara mempertahankan postur tubuh seseorang.

Apabila massa ototmu menghilang, maka dalam jangka panjang akan membuat tubuhmu menjadi tidak seimbang. Hal ini akan ditandai dengan adanya bagian tubuh yang terlalu kecil, seperti pada otot kaki yang kemudian tidak cukup kuat menopang berat badanmu. Sehingga, kamu akan mudah merasa lemas dan lebih mudah mengalami kelelahan.

(Baca juga: 5 Prinsip Membentuk Otot yang Wajib Pria Ketahui)

Selain itu, berikut ini juga terdapat beberapa penyebab otot menghilang yang bisa kamu hindari:

  1. Intensitas Olahraga Yang Berkurang

Olahraga adalah kunci penting untuk mempertahankan massa otot. Otot pun hanya akan merespon beban latihan yang lebih berat untuk dapat berkembang lagi. Sehingga, apabila intensitas olahraga berkurang atau menjadi lebih ringan, masa otot akan berangsur-angsur menjadi lebih kecil.

Jadi, jika kamu sudah rutin melakukan olahraga, coba untuk melatih ketahanan dan mulailah berfokus pada bagian otot yang lebih spesifik, seperti kaki, pinggang, perut, dada, dan pundak. Jangan pernah berpikiran untuk menghentikan semua latihan fisik dan cobalah untuk meningkatkan frekuensi dan intensitas latihan.

  1. Konsumsi Alkohol

Seperti yang dilansir Prevention, Matthew Barnes, Ph.D., dari Massey University, Selandia Baru menyebutkan bahwa alkohol dapat mengganggu produksi protein otot yang baru. Selain itu, alkohol juga dapat memengaruhi proses perbaikan dan penguatan serat otot. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa meminum alkohol adalah salah satu penyebab otot menghilang. Maka dari itu, akan percuma jika kamu melakukan olahraga tapi tidak dibarengi gaya hidup sehat.

  1. Kurang Konsumsi Protein

Protein ialah salah satu nutrisi yang berperan penting dalam meregenarsi sel yang rusak, salah satunya sel otot. Jika kamu tidak memasukkan makanan dengan kandungan protein  tinggi pada sajian makananmu, ototmu lambat laun akan mengecil.

Waktu mengonsumsi protein pun ternyata memengaruhi manfaatnya. Menurut penelitian yang dimuat dalam The Journal of Nutrition menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi 90 gram protein secara merata setiap kali makan akan memiliki pertumbuhan otot yang lebih baik. Sementara, mereka yang mengonsumsi protein hanya pada waktu tertentu saja, maka pertumbuhannya tidak optimal.

Jadi, konsumsilah protein setiap kali makan. Selain itu, kamu pun dapat mengonsumsinya secara bergantian antara protein hewani atau nabati. Namun, pastikan untuk tidak melewatkan konsumsi asam amino yang hanya terdapat pada daging atau ikan.

  1. Kurang Istirahat

Mengistirahatkan diri atau melakukan relaksasi adalah hal yang sangat penting kamu lakukan usai olahraga. Sebab, saat kamu beristirahat, kamu telah memberikan waktu untuk ototmu agar bisa tumbuh secara optimal. Waktu tidur normal, yakni 7 jam sehari, juga dibutuhkan agar tubuhmu tetap memproduksi hormon pertumbuhan yang berperan dalam mempertahankan massa otot.

(Baca juga: 6 Gerakan Olahraga Ala Gym yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah)

Nah, tadi adalah beberapa penyebab otot menghilang. Untuk menjaga kesehatan atau nutrisi tubuhmu, kamu bisa membeli suplemen yang kamu butuhkan lewat aplikasi Halodoc, lho. Caranya sangat mudah, tinggal order dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!