08 May 2018

4 Makanan Sehat yang Bikin Cepat Kenyang

4 Makanan Sehat yang Bikin Cepat Kenyang

Halodoc, Jakarta – Salah satu tantangan yang dialami oleh mereka yang ingin diet adalah timbulnya rasa lapar karena jumlah makanan yang dikonsumsi berkurang dari jumlah biasanya. Sebaiknya, saat diet, kamu jangan terlalu fokus pada jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh kamu. Namun, kamu juga harus  tetap memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kamu.

Namun mulai sekarang, sepertinya kamu tidak perlu khawatir, karena nyatanya cukup banyak makanan sehat yang membuat kamu lebih cepat kenyang yang tentu memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Selain itu, makanan ini tidak akan membuat berat badan kamu naik secara drastis.

 

  • Kentang

 

Beberapa orang menganggap bahwa kentang adalah salah satu makanan yang mengandung karbohidrat cukup tinggi dan membuat berat badan naik dengan cepat. Selain memiliki kandungan karbohidrat yang cukup, nyatanya kentang juga memiliki banyak kandungan lainnya seperti serat, vitamin, dan berbagai nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam kentang, nyatanya bisa membuat kamu untuk merasa kenyang lebih cepat. Selain itu, kentang juga bisa menahan kenyang lebih lama. Jadi, program diet kamu bisa terbantu, jika kamu memasukkan kentang dalam menu diet kamu.

 

  • Apel

 

Siapa bilang buah-buahan hanya bisa dijadikan makanan pencuci mulut? Salah satunya adalah apel, makanan sehat yang bisa membuat kamu merasa cepat kenyang. Apel mengandung banyak sekali fiber dan mineral. Kandungan tersebut akan membuat tubuh kamu merasa lebih cepat kenyang. Jika kamu sedang menjalankan program diet, cobalah mengonsumsi satu buah apel sebelum waktu makan siang kamu. Hasilnya, kamu akan makan lebih sedikit, tapi tetap merasa kenyang.

Apel juga mengandung pektin yang bisa memperlambat proses pencernaan kamu, sehingga membuat kamu tetap merasa kenyang. Pengonsumsian sebutir apel dengan tanpa membuang kulitnya juga akan membuat kamu mendapatkan kandungan nutrisi secara maksimal.

 

  • Telur

 

Telur adalah makanan yang kaya akan protein dan 9 asam amino esensial. Jika kamu mengonsumsi telur saat sarapan, kamu bisa menahan rasa lapar hingga makan siang. Saat dicerna oleh tubuh, kesembilan asam amino akan melepaskan hormon yang mampu menahan rasa lapar. Saat mengonsumsi telur, sebaiknya makan semua bagian telur khususnya bagian kuning telur, karena di situ lah sumber protein pada telur.

 

  • Alpukat

 

Jika kamu sedang menjalani program diet, cobalah untuk mengonsumsi alpukat pada menu diet kamu sehari-hari. Dijamin akan ada banyak manfaat yang kamu rasakan dengan mengonsumsi alpukat saat kamu diet. Menurut sebuah penelitian, jika kamu mengonsumsi setengah buah alpukat pada siang hari, ini akan membuatmu bertahan merasakan kenyang hingga makan malam tiba. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, ada beragam cara untuk mengolah alpukat menjadi makan siang atau sarapan kamu yang menarik.

Alpukat memang salah satu buah yang mengandung lemak, tetapi alpukat memiliki lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan. Selain itu, alpukat juga mengandung folat dan vitamin E yang akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan yang lain.

(Baca juga: Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Jantung Sehat)

Nah, jika kamu dalam program diet, kamu bisa bertanya lebih banyak mengenai makanan yang baik dikonsumsi saat program diet. Kamu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.