31 July 2018

4 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Manfaat minyak kelapa untuk rambut, minyak kelapa, rambut

Halodoc, Jakarta – Manfaat minyak kelapa untuk rambut telah banyak diketahui. Salah satunya adalah sebagai penyubur rambut. Tapi, apakah anggapan tersebut benar? Agar tak salah, simak penjelasan tentang manfaat minyak kelapa untuk rambut di sini, yuk!

Baca juga: 5 Fakta Unik tentang Rambut yang Perlu Diketahui

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Hal yang banyak dipercaya adalah minyak kelapa bisa menyuburkan rambut. Itu sebabnya, beberapa ibu akan mengoleskan minyak kelapa pada rambut bayi agar rambutnya segera tubuh. Padahal, hingga saat ini belum ada studi yang mendukung bahwa minyak kelapa bisa membantu menyuburkan rambut. Meski begitu, ada banyak manfaat minyak kelapa untuk rambut yang perlu diketahui. Apa saja?

1. Memperbaiki Rambut

Sebuah studi menemukan bahwa dibanding minyak lainnya (minyak bunga matahari dan minyak mineral), minyak kelapa terbukti bisa memperbaiki rambut. Ini karena minyak kelapa bisa mengurangi kekurangan protein pada rambut yang bisa memicu kerontokan rambut. Minyak kelapa juga bisa membantu memperbaiki kerusakan rambut akibat pewarnaan atau hawa panas berlebihan.

2. Memperkuat Rambut

Minyak kelapa bisa menembus folikel rambut dan membuat rambut lebih kuat. Sebuah studi menemukan, rambut yang dirawat dengan minyak kelapa selama 16 minggu lebih sedikit mengalami kerusakan akibat lingkungan (misalnya, paparan sinar UV matahari dan polusi udara) dibanding minyak lainnya, seperti minyak mineral.

3. Melembabkan Rambut dan Kulit Kepala

Meski tidak bisa menyuburkan rambut, beberapa studi menemukan bahwa asam laurat pada minyak kelapa bisa digunakan sebagai pelembab rambut dan kulit kepala. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa pada rambut dan kulit kepala sebelum mencuci rambut.

4. Mengatasi Iritasi Kulit

Beberapa studi menyebutkan bahwa minyak kelapa juga bersifat anti-radang dan antibakteri. Itu sebabnya, minyak kelapa dipercaya bisa memperlambat pertumbuhan virus, bakteri (seperti bakteri Staphylococcus), dan jamur (termasuk jamur penyebab ketombe) yang bisa mengiritasi kulit kepala.

Baca juga: Tips untuk Membuat Rambut Lebih Tebal

Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Rambut

Jika ingin mendapatkan manfaat minyak kelapa, kamu bisa menggunakannya dengan beberapa cara. Berikut ini beberapa cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut yang lebih sehat dan indah:

  • Sebagai pelindung rambut sebelum keramas. Caranya cukup dengan menggosokkan minyak kelapa ke rambut sebelum keramas.
  • Sebagai kondisioner. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa sebagai kondisioner, yaitu dengan mengoleskannya pada rambut (dari bagian tengah hingga ujung rambut) setelah keramas.
  • Sebagai masker rambut. Caranya dengan menggosokkan minyak kelapa ke rambut dan biarkan selama beberapa menit. Setelahnya, kamu bisa membilas rambut hingga bersih.
  • Sebagai perawatan kulit kepala. Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa pada rambut sebelum tidur, lalu pijat kepala secara perlahan. Kamu bisa mendiamkan minyak kelapa ini semalaman, barulah di pagi hari kamu bisa membersihkannya dengan sampo.

Itulah empat manfaat minyak kelapa dan cara menggunakannya. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar manfaat minyak kelapa, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!