10 October 2018

4 Penyakit Menular yang Perlu Diwaspadai

4 Penyakit Menular yang Perlu Diwaspadai

Halodoc, Jakarta - Memasuki peralihan musim, cuaca biasanya akan menjadi sulit diprediksi. Siang hari bisa menjadi sangat panas, sementara malam hari bisa saja hujan deras dan menyebabkan banjir. Seperti yang kita ketahui bersama, virus dan bakteri penyebab penyakit menular pun dapat dengan mudah berkembang biak pada kondisi seperti ini. Virus dan bakteri dapat berpindah dan menyebabkan penyakit melalui angin, air liur, dan penggunaan alat makan bersama.

Penyakit menular ini pun tidak hanya mengintai orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Sistem imunitas mereka yang juga masih lemah dapat membuat penyakit menular ini menyerang mereka. Akibatnya aktivitas menjadi terganggu. Jika orang dewasa akan mengalami penurunan produktivitas, maka penyakit menular yang menyerang anak akan membuat proses belajar mereka menjadi terganggu, sehingga mereka dapat ketinggalan pelajaran di sekolah.

Untuk mewaspadai penyakit menular tersebut, kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis penyakit menular. Sehingga setelah itu kamu tahu cara tepat untuk menghentikan penyebarannya. Nah, berikut ini beberapa jenis penyakit yang rentan menular:

1. Influenza

Penyakit ini juga biasa disebut flu, dan merupakan salah satu penyakit yang dapat dengan mudah menular. Virus penyebab penyakit flu ini dapat dengan mudah menyebar melalui udara atau air ludah. Virus penyebab penyakit ini pun dapat dengan mudah bermutasi setiap waktu, sehingga sistem imunitas tubuh sulit mendeteksi virus yang satu ini. Karena sulitnya sistem imun tubuh mendeteksi virus influenza ini, maka tubuh cenderung lebih mudah terkena flu.

Cara mencegah penyakit flu ini, kamu hanya perlu mengonsumsi makanan bergizi secara teratur, minum air putih, olahraga, menjaga gaya hidup sehat, dan istirahat yang cukup. Selain itu, apabila diperlukan kamu dapat membeli suplemen vitamin C untuk memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan virus penyebab influenza.

2. Cacar Air

Sama seperti influenza, cacar air juga merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan virus. Virus yang menyebabkan penyakit ini adalah varicella zoster. Apabila terinfeksi virus ini maka gejala yang akan timbul adalah bintik kemerahan di kulit yang menggelembung maupun tidak, terasa gatal, bahkan melepuh.

Penyakit ini memiliki masa inkubasi sekitar 2-3 minggu, dan gejala awal yang biasa muncul adalah demam. Cacar air dapat dengan mudah menular melalui sentuhan, dan melalui udara. Oleh sebab itu, jika ada orang terdekat yang terkena cacar air, kamu wajib menjaga jarak agar tidak tertular dan memperkuat sistem imunitas tubuh dengan cara menjaga pola hidup dan makan makanan bergizi.

3. Mata Merah

Penyakit mata merah memang hanya menyerang area mata, namun kamu harus tetap mewaspadainya karena penyakit ini dapat dengan menular melalui kontak langsung dengan si penderita atau melalui udara. Apabila terinfeksi bakteri penyebab mata merah, maka hal ini akan membuat mata menjadi bengkak, terasa sakit, dan mengeluarkan kotoran dalam jumlah banyak yang biasanya berwarna kuning atau kehijauan. Meski tidak terlalu membahayakan, penyakit ini wajib dihindari karena akan sangat mengganggu aktivitas dan membuat orang lain merasa cemas karena takut tertular.

4. Hepatitis

Penyakit menular yang satu ini hanya menyerang organ hati, namun kamu tetap harus mewaspadainya karena penyakit ini dapat menular melalui air liur dan penggunaan alat makan bersama. Munculnya penyakit ini pun menandakan tidak bersihnya lingkungan si penderita. Oleh sebab itu, untuk mencegahnya kamu wajib menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan tubuh.

Apabila kamu punya keluhan kesehatan apa pun itu, jangan ragu menghubungi dokter ahli demi mendapatkan penanganan yang tepat. Kamu bisa lho bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: