24 May 2018

4 Tanda Bayi Kegemukan yang Perlu Diwaspadai

4 Tanda Bayi Kegemukan yang Perlu Diwaspadai

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan orangtua akan senang melihat anaknya tumbuh subur, bertubuh gemuk, dan berpipi tembam (chubby). Meskipun menggemaskan, kondisi ini tetap perlu diwaspadai. Sebab bisa jadi, kondisi ini adalah tanda bahwa seorang anak mengidap obesitas.

Penyebab obesitas pada bayi bisa disebabkan oleh banyak faktor. Antara lain pola makan yang tidak sehat, porsi makan berlebih, faktor psikologis, dan faktor keturunan (jarang terjadi). Lantas, apa saja tanda bayi kegemukan yang perlu diwaspadai?

  1. Berat Badan Berlebih

Gejala pertama yang bisa dideteksi adalah berat badan Si Kecil yang berlebih (di atas rata-rata). Kondisi ini membuatnya memiliki tubuh gemuk karena tidak ada kesesuaian antara berat badan dan tinggi badannya. Penyebabnya antara lain pola makan yang tidak sehat dan porsi makan berlebih. Untuk melihat hal ini, ibu bisa membandingkan postur tubuhnya dengan bayi lain yang sebaya.

  1. Lipatan pada Beberapa Bagian Tubuh

Bayi yang mengalami kegemukan biasanya memiliki banyak lipatan pada beberapa bagian tubuh. Misalnya pada bagian perut, pinggang, dagu, pipi, serta leher yang terlihat lebih lebih pendek.

  1. Cepat Lelah dan Kurang Aktif

Akibat tubuh yang menggemuk, Si Kecil mungkin akan menjadi kurang aktif dikarenakan malas bergerak. Kondisi pernapasannya akan terasa berat ketika berjalan, apalagi berlari. Beragam aktivitas fisik dengan sebayanya akan malas dilakukan.

Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya ibu segera berbicara dengan dokter. Kalau ibu punya pertanyaan lain seputar tanda bayi kegemukaan, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.

(Baca juga: Pahami Tips Turunkan Berat Badan untuk Anak Obesitas)