23 May 2018

4 Tips Memilih Pakaian Olahraga yang Nyaman

4 Tips Memilih Pakaian Olahraga Yang Nyaman

Halodoc, Jakarta – Olahraga ialah salah satu faktor penting agar kamu mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat. Dengan berolahraga pun kamu akan mengalami pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga terhindar dari penimbunan lemak yang dapat memicu obesitas.  Dengan berolahraga pun sistem imun dalam tubuh akan menjadi lebih aktif, sehingga kamu tidak akan mudah terserang penyakit dan kuat menghadapi perubahan cuaca. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga dan menjadikannya sebuah rutinitas.

(Baca juga: Jangan Jadikan Puasa Alasan Tak Berolahraga)

Untuk membuat olahraga terasa nyaman pun, kamu harus memperhatikan beragam faktor pendukung. Salah satunya ialah memilih pakaian olahraga yang tepat. Banyak orang yang menganggap hal ini sepele, padahal ini sangat penting dan dapat memengaruhi kenyamanan dan keleluasaan bergerak. Nah, agar olahragamu maksimal dan terasa nyaman, perhatikanlah beberapa hal pokok mendasar saat memilihan pakaian olahraga berikut:

  1. Pilih Bahan Pakaian yang Menyerap Keringat

Memilih pakaian yang menyerap keringat adalah sebuah keharusan. Pasalnya, selain memberikan rasa nyaman, kamu pun dapat dengan leluasa bergerak sehingga olahragamu terasa maksimal. Keringat yang keluar dari tubuhmu akan langsung terserap ke dalam pakaian dan menguap dengan cepat.

Di pasaran terdapat beragam bahan pakaian olahraga yang memiliki beragam keunggulan, salah satunya adalah lycra atau spandex. Bahan ini terbuat dari polymer, sehingga mengandung poliuretana yang bersifat elastis dan lentur. Bahan ini pun memiliki pori-pori sehingga penyerapan keringat akan terasa maksimal.

Terdapat bahan lain yang mampu menyerap keringat dengan maksimal, yakni Lotto. Bahan ini memiliki karakteristik yang lembut saat disentuh, lemas, elastis, dan tidak terlalu mengkilat. Bahan jenis ini pun sering dipakai untuk pembuatan sweater atau baju olahraga karena rasa nyaman yang dihasilkan saat kamu memakainya.

  1. Pilih yang Agak Longgar

Pakaian yang terlalu ketat akan membuat kenyamananmu saat berolahraga terganggu. Kamu dapat mengetahui sebuah pakaian tersebut terlalu ketat atau tidak saat kamu menggerakan tangan ke segala arah, memutar tubuh, dan berlari. Apabila kamu merasa tidak nyaman saat melakukan gerakan tersebut, coba ganti pakaianmu dengan yang lebih longgar. Sebab, jika kamu memaksakan menggunakan pakaian ketat, bisa jadi pakaian tersebut akan robek atau rusak.

  1. Pilih Sepatu yang Nyaman

Selain memilih pakaian olahraga yang tepat, pemilihan sepatu yang tepat juga merupakan salah satu bagian penting penunjang olahraga. Di pasaran banyak beragam jenis sepatu yang sesuai untuk beragam olahraga yang kamu lakukan, seperti sepatu lari, sepatu futsal, atau sepatu basket. Pilihlah sepatu yang bagian bawahnya tidak licin agar kamu tidak terpeleset. Hindari juga pemakaian sepatu dengan platform yang tinggi karena, akan membuatmu tidak nyaman dan membahayakan.

(Baca juga: Lebih Baik Mana: Lari Pakai Alas Kaki atau Tidak?)

  1. Hindari Pemakaian Jarum Berlebih untuk Wanita Berhijab

Hijab bukanlah alasan yang membuatmu tidak melakukan olahraga. Kamu dapat menggunakan hijab untuk berolahraga, tetapi pastikan agar memilih hijab yang tepat. Pilihlah hijab yang simpel, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang nyaman. Hindari penggunaan jarum secara berlebihan, karena hal ini akan memicu bahaya seperti menusuk kepala, atau jatuh dan melukai orang lain.

Nah, agar enggak gampang sakit, sertakan kegiatan olahraga tersebut dengan turut menerapkan pola hidup sehat dan sering melakukan pemeriksaan kondisi tubuh. Jika tak memiliki banyak waktu, kamu  bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter melalui Video/Voice Call atau ChatDownload Halodoc di App Store dan Google Play dan mulailah bicarakan masalah kesehatan dengan dokter terpercaya.