27 March 2019

5 Bahan Alami untuk Atasi Suara Serak

5 Bahan Alami untuk Atasi Suara Serak

Halodoc, Jakarta – Semua orang pasti pernah mengalami masalah tenggorokan seperti suara serak. Banyak yang menjadi penyebab suara yang serak, di antaranya karena pengaruh dari penyakit lain seperti penyakit lambung, alergi, infeksi saluran pernapasan atau radang tenggorokan. Hal ini membuat iritasi atau cedera pada pita suara.

Ada beberapa gejala yang kamu alami ketika kamu memiliki masalah suara serak. Adanya iritasi pada pita suara memberikan dampak langsung pada suara kamu. Kondisi suara akan terdengar pecah dan besar. Hal ini memberikan pengaruh pada volume suara kamu dan mengalami kesulitan saat mengeluarkan suara. Ketika kamu mengeluarkan suara, tidak jarang kamu merasakan rasa nyeri, perih, dan panas pada tenggorokan.

Kamu bisa lakukan beberapa pengobatan untuk mengatasi suara serak seperti pengobatan dengan menghirup uap. Kamu bisa siapkan air panas dalam wadah kemudian posisikan kepala kamu di atas wadah. Cara ini bisa sedikit menghangatkan area tenggorokan sehingga bisa meringankan gejala suara serak.

Dalam beberapa kasus, merokok menjadi penyebab utama seseorang mengalami suara serak. Sebaiknya hentikan kebiasaan merokok agar pita suara terhindar dari iritasi yang menyebabkan serak suara. Selain itu, sebaiknya mengistirahatkan pita suara yang cedera menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: 7 Makanan Penyebab Suara Serak

Tidak hanya mengganti gaya hidup menjadi lebih sehat, kamu bisa mengatasi serak suara dengan konsumsi bahan alami, seperti:

  • Jahe

Konsumsi air rebusan jahe dapat meredakan suara serak. Rempah ini mengandung senyawa keton yang bernama zingeron. Rasa pedas yang muncul alami dari jahe dapat membantu menghangatkan tenggorokan yang mengalami iritasi.

  • Kunyit

Kunyit bisa menjadi pilihan bahan alami untuk mengatasi masalah suara serak. Kunyit memiliki kandungan antioksidan yang kuat. Untuk meredakan radang tenggorokan dan suara serak kamu bisa gunakan kunyit untuk berkumur.

Caranya kamu bisa masukan kunyit yang sudah dirajang dalam air hangat, kemudian campurkan dengan sedikit garam. Lakukan beberapa kali dalam sehari dan cara ini membantu kamu dalam mengatasi suara serak.

  • Kayu Manis

Tidak hanya sebagai campuran masakan, kayu manis bisa mengatasi masalah suara serak yang kamu alami. Kayu manis mengandung antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Kayu manis juga efektif untuk mengurangi pembengkakan, peradangan dan rasa sakit pada tenggorokan. Konsumsi air rebusan kayu manis dengan campuran madu untuk mengatasi radang tenggorokan.

  • Air Perasan Lemon

Buah lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengatasi suara yang serak. Properti astringent yang terkandung dalam lemon membantu mengecilkan pembengkakan pada tenggorokan akibat adanya bakteri yang menyebabkan iritasi.

Caranya, kamu bisa minum campuran air perasan lemon dengan air hangat. Namun, cara ini sebaiknya tidak dilakukan setiap hari karena kandungan asam dalam buah lemon bisa mengikis enamel pada gigi.

  • Air Putih

Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh ketika kamu mengalami suara serak. Air putih bisa membantu kamu untuk meredakan suara yang serak. Sebaiknya konsumsi air putih dengan suhu ruangan. Jangan terlalu dingin atau terlalu panas karena bisa memperparah iritasi yang kamu alami pada tenggorokan.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik mengurangi rasa sakit pada tenggorokan yang diakibatkan peradangan. Hal ini karena cairan pada tubuh memengaruhi produksi air liur. Air liur dapat membantu untuk melembapkan tenggorokan.

Tidak ada salahnya untuk menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui pencegahan dan pengobatan gangguan pada tenggorokan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: Suara Serak Berkepanjangan dan Hubungannya dengan Pita Suara