25 May 2018

5 Bahan Ampuh dan Mudah Usir Ketombe

5 Bahan Ampuh dan Mudah Usir Ketombe

Halodoc, Jakarta – Ketombe ialah keadaan kulit kepala yang mati dan mengering. Sebenarnya hal ini termasuk dalam kondisi wajar, akan tetapi bagi banyak orang kondisi ini akan menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu aktivitas. Terlebih lagi apabila kamu menggunakan baju hitam berwarna gelap, serpihan-serpihan ketombe yang halus akan terlihat di bagian bahumu dan membuat kamu menjadi tidak percaya diri.

Meski banyak produk sampo anti ketombe yang dijual di supermarket, akan tetapi sering kali tidak memberikan banyak pengaruh. Sementara dengan berganti-ganti sampo tersebut bukan tidak mungkin risiko ketombe semakin parah juga mengintai. Maka dari itu, terdapat beberapa cara mengusir ketombe yang dapat kamu coba agar ketombe benar-benar hilang. Cara alternatif ini kebanyakan menggunakan bahan alami, sehingga tidak akan menyebabkan efek samping. Nah, berikut bahan-bahannya:

(Baca juga: 5 Penyebab Munculnya Ketombe)

  1. Lidah Buaya

Cara mengusir ketombe pertama yang cukup ampuh adalah dengan menggunakan lidah buaya. Bahan ini memiliki karakteristik yang bersifat dingin, sehingga kulit kepala akan terasa segar. Lidah buaya juga memiliki sifat anti jamur yang bermanfaat untuk menenangkan kulit kepalamu, sehingga ketombe pun akan lenyap dengan pemakaian rutin.

Kamu cukup menghaluskan daging lidah buaya secukupnya, kemudian diratakan pada permukaan kulit kepala. Pijatlah dengan lembut agar penyerapannya maksimal. Tunggu hingga 30 menit, kemudian bilaslah dengan air bersih.

Apabila di dekat rumahmu sulit ditemukan tanaman ini, kamu juga bisa menggunakan gel lidah buaya. Gunakan lima sendok gel lidah buaya dan oleskan secara merata di permukaan rambut. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Setelah itu, kamu dapat keramas seperti biasa, lalu bilas dan keringkan.

  1. Aspirin

Meski terasa asing, ternyata keramas menggunakan campuran aspirin adalah salah satu cara mengusir ketombe yang cukup ampuh. Kandungan salisilat dalam aspirin akan menjadi bahan aktif yang mampu mengusir ketombe di kulit kepala.

Cara penggunaannya pun tergolong mudah. Cukup campurkan dua tablet aspirin yang sudah dihaluskan ke dalam sampo yang akan digunakan. Cuci rambut dengan sampo tersebut dan bilas hingga bersih setelahnya. Dengan rajin menggunakannya selama satu bulan, niscaya ketombemu akan hilang dan tidak akan kembali lagi.

  1. Bawang Merah

Pada pengobatan sederhana, masyarakat Jawa sering memberikan bawang merah yang telah ditumbuk di kepala bayi agar bayi merasa hangat. Namun ternyata, cara ini juga ampuh untuk mengusir ketombe dengan cepat. Kamu cukup menghaluskan bawang merah atau membelahnya menjadi dua bagian dan kemudian oleskan di kepala. Diamkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih setelahnya,

  1. Soda Kue

Bahan untuk membuat kue ini juga ternyata ampuh untuk mengusir ketombe. Soda kue akan membantu mengangkat kulit mati yang tersisa di sekitar akar rambut. Cukup campurkan soda kue dengan sampo, kemudian cuci bersih rambutmu dengan campuran ini. Soda kue akan memaksimalkan fungsi sampo dalam mengangkat ketombe saat dibilas.

  1. Minyak Zaitun

Minyak ini sangat mudah kita temui di supermarket. Kamu cukup mengoleskan minyak zaitun tersebut pada rambut dan pastikan agar menyentuh kulit kepala. Pijat dengan lembut agar terserap maksimal dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih seperti biasa. Agar lebih praktis, lakukan 30 menit sebelum kamu mandi.

(Baca juga: Ketombe atau Dermatitis Seboroik? Ketahui Bedanya)

Jika upaya tersebut belum berhasil mengatasi ketombe, sebaiknya kamu bicarakan dengan dokter. Untuk berbicara dengan dokter, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play, lalu tanya dokter kapan saja dan di mana saja melalui Chat dan Voice/Video Call. Jadi, yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!