5 Makanan yang Dihindari saat Puasa

5 Makanan yang Dihindari saat Puasa
DIET & NUTRISI 15 May 2018

Halodoc, Jakarta – Agar puasa berjalan lancar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk sahur dan berbuka. Sebab, meskipun mengenyangkan, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang jika dikonsumsi berlebihan akan berdampak buruk pada kesehatan selama berpuasa. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat puasa:  

(Baca juga: Makanan Sehat yang Wajib Ada di Menu Buka Puasa)

1. Gorengan

Mengonsumsi gorengan saat berbuka bukanlah suatu masalah, asalkan tidak berlebihan. Tapi sebisa mungkin, kamu perlu membatasi konsumsi gorengan, terutama makanan yang digoreng dengan minyak berulang kali pakai. Gorengan mengandung lemak jenuh yang jika dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan risiko obesitas dan kolesterol jahat dalam tubuh. Gorengan juga dapat melambatkan pengosongan lambung, sehingga asam lambung akan naik dan tenggorokan menjadi panas. Jika kamu tetap ingin mengonsumsi gorengan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya:

  • Jangan terlalu lama menggoreng.
  • Gunakan minyak yang lebih sehat, seperti minyak bunga matahari atau minyak kanola.
  • Gunakan metode lain saat memasak, misalkan tumis, pepes, kukus, atau panggang.

2. Makanan Terlalu Manis

Makanan manis yang dianjurkan saat berbuka puasa adalah yang berasal dari jus atau sari buah alami seperti kurma. Sedangkan yang berasal dari gula rafinasi atau tambahan tidak dianjurkan untuk di konsumsi secara berlebihan. Ini karena makanan/minuman yang terlalu manis bisa membuat kadar gula darah melonjak dengan cepat sehingga memberatkan kerja pankreas dalam menghasilkan insulin, meningkatkan risiko kegemukan, serta membuat kadar gula dalam darah melebihi batas normal (hiperglikemia). Batasan gula harian yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan RI adalah 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan per hari.

(Baca juga: Suka Manis? Ini 5 Alternatif Pengganti Gula)

3. Makanan Bergas

Makanan bergas seperti nangka, kol, durian, dan kedongdong bisa merangsang peningkatan asam lambung di dalam tubuh. Dampaknya, kamu akan rentan mengalami gejala sakit maag seperti kembung, mual, perih, dan nyeri yang bisa mengganggu aktivitas berpuasa. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk menghindari makanan yang bisa merangsang produksi asam lambung seperti makanan bergas, makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, dan minuman berkarbonasi saat puasa.

4. Makanan/Minuman Berkafein

Sebisa mungkin, hindari konsumsi kafein (seperti cokelat, teh, kopi, dan minuman bersoda) saat puasa. Ini karena kafein dapat menimbulkan efek diuretik, yaitu efek yang bisa menyebabkan sering buang air kecil dan membuat kamu merasa cepat haus. Kafein juga bisa mengiritasi dinding lambung dan meningkatkan produksi asam lambung, sehingga konsumsi kafein tidak dianjurkan pada pengidap sakit maag. Namun, jika kamu tetap ingin minum kopi saat puasa, berikut adalah hal yang perlu diperhatikan:  (Baca juga : Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Sehat?)

  • Minum 1 gelas kopi saat sahur.
  • Minum kopi 2 jam setelah berbuka puasa.
  • Imbangi asupan kafein dengan perbanyak minum air putih.

5. Minum Dingin (Es)

Alih-alih menghilangkan rasa haus, es justru bisa membuat pembuluh darah berkontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan. Sebagai gantinya, kamu dianjurkan untuk minum air yang hangat atau tidak dingin saat berbuka puasa. Jika tetap ingin minum es, beri jeda sekitar 5-10 menit saat perut sudah lebih stabil.

(Baca juga : Makanan Sehat yang Wajib Ada di Menu Buka Puasa)

Jika kamu punya keluhan kesehatan saat berpuasa, sebaiknya kamu segera bicara dengan dokter. Kabar baiknya, saat ini kamu sudah bisa bicara pada dokter tanpa perlu repot ke luar rumah. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Lalu, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, ayo gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan rekomendasi saran dari dokter tepercaya.

 

 


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

17 July 2018

1000 kehidupan ini dimulai dari fase kehamilan (270) hari hingga Si Kecil berusia dua tahun (730) hari. Lalu, ...

Selengkapnya

OLAHRAGA

17 July 2018

Dilakukan di ruangan bersuhu hingga 40 derajat, bikram yoga membuat kita berkeringat jauh lebih banyak. Apakah...

Selengkapnya

SEKS

17 July 2018

Fatty liver adalah sebuah istilah yang menggambarkan penumpukan lemak di hati. namun kalau sudah berlebihan ju...

Selengkapnya