5 Cara Menurunkan Tingkat Stres Saat Bekerja

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Cara Menurunkan Tingkat Stres Saat Bekerja

Halodoc, Jakarta - Pekerjaan dan tekanan kerja rasanya tak akan ada habisnya. Untuk beberapa orang, kondisi ini mungkin bisa membuat mereka semakin termotivasi atau terpacu. Namun untuk sebagian lagi, tak menutup kemungkinan akan membuat pikiran dilanda stres. 

Stres di tempat kerja bukanlah sebuah kondisi yang langka. Sebab, kondisi ini dialami hampir setiap orang. Nah, pertanyaannya simpel, bagaimana sih cara menurunkan tingkat stres saat bekerja? 

Baca juga: Stres Kerja Pengaruhi Kesehatan Secara Menyeluruh

1. Fokus Satu Hal pada Satu Waktu

Banyak orang berpikir kalau multitasking bisa menjadi jalan keluar dari pekerjaan yang menumpuk. Padahal, hal ini justru bisa membuat energi makin terkuras. Jangan salah, konsentrasi mental itu amat mirip dengan kinerja otot. Otak bisa kelelahan setelah penggunaan yang berkelanjutan. Oleh sebab itu, cobalah istirahat sejenak dan fokus pada satu pekerjaan. 

Mengerjakan delapan pekerjaan sekaligus mungkin tampak mengesankan, tetapi ternyata hal itu tidak efisien dan sangat melelahkan. Nah, inilah yang bakal membuat kita semakin stres. Lalu, bagaimana sih cara untuk fokus pada satu hal dalam satu waktu? 

Sederhana kok, contohnya awali harimu dengan “memblokir” dua jam untuk pekerjaan rutin. Jangan teralihkan oleh email atau panggilan telepon masuk. Setelah dua jam berlalu, periksa email dan tanggapi semuanya sekaligus. Dengan kata lain, sebaiknya jangan lakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. 

2. Lebih Santai dengan Olahraga 

Olahraga bukan cuma bermanfaat pada fisik saja, tetapi juga psikis seseorang. Olahraga bisa menurunkan kadar hormon kortisol (hormon stres) dalam tubuh, sehingga membuat orang jadi lebih rileks. Di samping itu, melakukan olahraga rutin juga bisa membuat tubuh lebih terlatih untuk merespon stres dengan lebih baik. 

Banyak kok jenis-jenis olahraga sederhana yang bisa menurunkan tingkat stres saat bekerja. Misalnya, beban tubuh, Beban tubuh merupakan olahraga ringan di kantor yang bisa kamu coba. Gerakan yang satu ini cukup sederhana bisa kamu lakukan di mana pun tanpa membutuhkan alat-alat tertentu.

Baca juga: Tips Menghilangkan Stres Dalam Waktu Singkat

Misalnya, kamu bisa mencoba desk push up. Caranya sederhana kok, seperti melakukan push up, tetapi menggunakan tumpuan meja kerja.  Selain desk push up, ada pula olahraga beban tubuh lainnya yang bisa kamu coba seperti  push up, sit up, jumping jack agar tubuh tetap aktif bergerak. 

3. Tarik Napas Dalam-Dalam

Meski terdengar sederhana, tetapi menarik napas dalam-dalam cukup membantu untuk menurunkan tingkat stres di kantor. Menurut seorang psikolog bisnis dan penulis Success Under Stress, teknik pernapasan bisa menjernihkan pikiran dan mengembalikan keseimbangan. 

Cobalah tarik napas selama lima detik, tahan, dan buang napas dalam jumlah yang sama melalui hidung. Cara sederhana ini bisa membuat kita lebih rileks dan tenang dalam hitungan menit. 

4. Hadapi Karyawan atau Bos Racun

Hampir di setiap kantor biasanya ada orang-orang yang dilabeli sebagai “racun”. Bisa jadi bosmu, asistemu, atau rekan kerjamu, dengan kata lain mereka yang sering berinteraksi dengan dirimu. Awas, berhadap dengan Si Racun bisa menguras tenaga dan emosi. Lalu, apa solusinya?

Memang selalu ada godaan untuk meluapkan emosi ketika berhadapan dengan Si Racun. Alih-alih melakukan hal tersebut, cobalah pendekatan langsung, jujur, dan tenang. Cobalah tanyakan pada mereka mengenai hubungan kalian. Misalnya “Saya merasa interaksi kita penuh tekanan karena…… dan saya merasa terganggu….. Saya ingin hubungan kerja kita meningkat. Saran apa yang Anda miliki untuk saya?”. Mudah, kan? Cara seperti ini lebih efektif ketimbang menghadapi mereka dengan ketus dan penuh emosi. 

Baca juga: 6 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Paling Rendah 2019

5. Buat Ruang Kerja Nyaman dan Penuh Inspirasi

Ruang kerja yang berantakan tentu akan membuat pikiran semakin runyam. Cobalah buat ruang kerja senyaman mungkin. Di samping itu, sisipkanlah hal-hal yang bisa menginspirasi dirimu. Misalnya, meletakkan foto keluarga di atas meja atau menempelkan foto-foto destinasi wisata yang akan kamu inginkan di tembok ruang kerja. Singkat kata, hal-hal yang bisa menginspirasi kita bisa membuat pikiran jadi lebih rileks dan bahagia. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa kapan dan di mana saja mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
The Washington Post. Diakses pada 2019. A workout at work?
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Office exercise: Add more activity to your workday
Reader’s Digest. Diakses pada 2019. Work Stress: 34 Tricks to Reduce Stress at Work
Forbes. Diakses pada 2019. 2 Ways To Eliminate Stress At Work