• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Praktis Mencegah Diabetes
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Praktis Mencegah Diabetes

5 Cara Praktis Mencegah Diabetes

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 13 Mei 2022

“Setiap orang berpotensi terkena diabetes namun orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes berisiko lebih besar. Pola hidup sehat, mulai dari olahraga dan membatasi asupan manis adalah cara mencegah diabetes.”

5 Cara Praktis Mencegah Diabetes

Halodoc, Jakarta –  Tak bisa disembuhkan, bukan berarti diabetes tidak bisa ditangani. Penyakit yang masuk dalam daftar penyakit mematikan di dunia ini merupakan penyakit ketika tubuh tidak mampu memproduksi insulin, yakni hormon pengatur gula darah. 

Akibatnya, orang yang terkena diabetes kadar gula darahnya bisa meningkat dan memicu komplikasi lain. Untuk mengatasi diabetes sebenarnya mudah, kamu hanya perlu menjaga gaya hidup sehat. Olahraga adalah salah satu cara praktis mencegah diabetes. 

Olahraga dan Pentingnya Vitamin D Untuk Mencegah Diabetes

Setiap orang berpotensi terkena diabetes namun orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes berisiko lebih besar. Yuk, cari tahu cara praktis mencegah diabetes berikut ini.

1.  Rutin Memeriksa Gula Darah

Sebaiknya kamu perlu berhati-hati apabila termasuk dalam kelompok orang yang berisiko tinggi terkena diabetes karena riwayat keluarga. Lakukan pemeriksaan gula darah secara rutin.

Kini, sudah ada alat pemeriksaan gula darah atau glukometer yang bisa kamu beli di apotek. Dengan pemeriksaan darah secara rutin, kamu dapat mengetahui kadar gula darah sehingga kamu pun bisa mengatur pola makan dengan lebih baik.

2.  Olahraga Teratur

Agar sehat dari diabetes, kuncinya adalah menjaga kesehatan fisik. Olahraga tidak hanya dibutuhkan pengidap diabetes saja tetapi juga orang dengan kondisi apapun. Untuk mencegah diabetes, sebaiknya berolahraga secara teratur setidaknya 30 menit sehari. 

Namun, jika sudah terkena diabetes bicarakan dulu dengan dokter kapan waktu yang tepat untuk berolahraga. Intensitas olahraga yang perlu dilakukan pun mesti sesuai dengan anjuran dokter agar tidak berlebihan namun juga tidak kurang. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah meditasi, yoga, atau latihan pernapasan.

3.  Selektif Memilih Makanan

Tak ada salahnya untuk memakan makanan favorit namun kamu mesti selektif dalam memilih ya. Kamu mesti membicarakan dengan dokter tentang menu makanan yang cocok jika kamu sedang diet diabetes. 

Mengganti beras putih dengan beras merah yang rendah karbohidrat, menghindari makanan yang digoreng dan tinggi kolesterol adalah dua hal yang disarankan.

4.  Air Putih sebagai Minuman Utama

Minum air putih sebagai minuman utama akan membantu kamu mengurangi asupan gula harian. Minuman manis seperti soda dan jus buah manis dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2 dan diabetes autoimun pada orang dewasa. Sebaliknya, peningkatan asupan air membantu manajemen gula darah dan respons insulin yang lebih baik.

5. Mengoptimalkan Kadar Vitamin D

Mempertahankan kadar vitamin D direkomendasikan untuk mencegah diabetes. Vitamin membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga  mengurangi risiko resistensi insulin, yang sering menjadi pemicu diabetes tipe 2.

Sumber makanan yang baik untuk pemenuhan kadar vitamin D adalah ikan berlemak dan minyak ikan cod. Selain itu, paparan sinar matahari dapat meningkatkan kadar vitamin D.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar diabetes dan ingin berbicara langsung dengan dokter, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download aplikasinya sekarang juga ya! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Ways to Prevent Type 2 Diabetes
Diabetes.co.uk. Diakses pada 2022. Vitamin D and Diabetes