Cara Sederhana Tingkatkan Kemampuan Mata

Cara Sederhana Tingkatkan Kemampuan Mata
KECANTIKAN 29 December 2017

Halodoc, Jakarta – Kemajuan teknologi saat ini telah membuat mata kurang beristirahat. Bagaimana tidak, hampir seluruh pekerjaan dan urusan saat ini harus diselesaikan menggunakan perangkat elektronik seperti laptop, ponsel dan komputer. Padahal radiasi yang dipancarkan dari alat-alat tersebut berpotensi menimbulkan masalah pada mata.

Terlalu memaksa kedua bola mata menatap layar komputer dapat menyebabkan mata menjadi lebih cepat rusak. Ada beberapa kerusakan mata yang sering terjadi, bahkan penurunan fungsi dan  kemampuan mata pun kerap terjadi.  Namun tak mungkin untuk mengurangi interaksi dengan peralatan elektronik.

Ada trik yang bisa dilakukan jika kamu adalah salah satu yang mengalami hal ini, yaitu:

1. Waktu istirahat

Agar mata tetap sehat dan bebas dari kerusakan, berikan waktu untuk sedikit beristirahat. Pasalnya mata terus bekerja sejak dari bangun tidur hingga kembali tidur. Dan saat harus berhadapan dengan peralatan elektronik, mata melakukan pekerjaan ekstra dan lebih berat dari biasanya.

Untuk itu, berilah waktu untuk mata sedikit bersantai. Kamu bisa mencoba untuk melihat ke objek selain layar komputer untuk penyegaran. Yang terbaik untuk mata lelah adalah pemandangan berwarna hijau dan biru yang bisa didapat dari pohon dan langit. Maka, saat lelah bekerja seharian di depan laptop, ambillah beberapa menit untuk berjalan mengelilingi taman belakang kantor dan nikmati pemandangan.

2. Kelembaban Mata

Menjaga kelembaban mata adalah hal yang penting. Sebab mata yang terlalu kering dapat menyebabkan rasa gatal, merah dan menyakitkan. Jika sudah begini, kamu mungkin akan tergoda untuk mengucek dan menggaruk mata. Padahal, melakukan hal tersebut pada mata yang kering malah bisa membuat kerusakan semakin parah.

Untuk itu, meski banyak yang harus dikerjaan di depan laptop, pastikan untuk menjaga mata tetap lembab. Kamu bisa melakukan beberapa kali kedipan (mengedipkan mata) untuk tetap membuatnya lembab.

3. Olahraga Mata

Sama seperti otot lain dalam tubuh, otot mata juga membutuhkan latihan. Ada satu gerakan senam mata yang mudah untuk dipraktikkan. Yaitu latihan 20-20-20.

Mulailah dengan memandang sebuah objek yang berada agak jauh, sekitar 20 meter. Kemudian fokuskan pandangan pada objek tersebut dan pertahankan pandangan selama 20 detik. Ulangi gerakan ini setiap 20 menit sekali. Latihan ini tentu tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

4. Fleksibilitas Mata

Agar kekuatan dan kesehatan mata tetap terjaga, cobalah untuk meningkatkan fleksibilitas mata. Artinya, kamu harus menambah jarak pandang meski sedang berada di tengah tumpukan deadline.

Jangan biarkan mata tetap di posisi satu tempat. Coba putarlah bola mata sekitar lima kali dalam beberapa interval untuk meningkatkan fleksibilitas mata. Gerakan ini juga dipercaya dapat mempertahankan penglihatan yang baik.

5. Makanan Sehat

Mata juga perlu diberi “makan” agar tetap sehat dan terjaga. Dan makanan terbaik untuk menjaga kemampuan mata adalah jenis sayur-sayuran seperti wortel, dan blueberry yang mengandung beta-karoten tinggi yang baik untuk penglihatan.

6. Hindari Lensa Kontak

Salah satu cara untuk menjaga mata adalah dengan menghindari pemakaian kontak lensa terlalu lama. Sejumlah ahli menyarankan untuk tidak memakai lensa selama lebih dari 19 jam sehari. Apalagi tidur dengan lensa kontak. Itu adalah hal yang paling berbahaya dan harus benar-benar dihindari. ‘

Jika kamu terbiasa memakai lensa, pastikan mengenakannya sesuai batas waktu anjuran saja. Dan jangan lupa untuk membersihkan lensa secara teratur serta mengganti jika kontak lensa telah rusak.

7. Kompres dengan timun

Letakkan irisan timun pada kedua kelopak mata setelah satu harian berada di balik layar. Mentimun mengandung asam askorbat dan asam caffeic. Kedua kandungan ini dapat mencegah retensi air. Timun dianggap sebagai pengobatan terbaik untuk peradangan dan dermatitis mata.

Kalau kamu punya masalah seputar kesehatan dan butuh saran dokter, sampaikan lewat Video/Voice Call dan Chat lewat aplikasi Halodoc. Dokter terpercaya siap mendengarkan dan membantu kamu. Halodoc juga menyediakan layanan pembelian dan antar obat. Yuk, download Halodoc sekarang.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

OLAHRAGA

20 July 2018

Bila kamu mencari olahraga yang efektif untuk membentuk tubuh, olahraga angkat beban adalah jawabannya. Namun,...

Selengkapnya