• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Simpel Kecilkan Perut Sebelum Tidur

Cara Simpel Kecilkan Perut Sebelum Tidur

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh The Salk Institute, semakin lama kamu begadang, maka semakin banyak pula kalori yang dikonsumsi. Lingkar perut erat hubungannya dengan tidur yang berkualitas.

Lembaga penelitian yang sama menemukan fakta mereka yang memiliki tidur berkualitas mengurangi sekitar 3,5 persen berat badannya. The Journal of Nervous and Mental Disease mengutarakan fakta kalau asupan protein yang cukup dapat membantu seseorang mendapat tidur yang berkualitas dan berkaitan dengan berkurangnya lingkar perut. Simak pembahasannya di bawah ini!

Rutinitas dan Kebiasaan Memengaruhi Pola Tidur

Selain protein, setiap makanan yang mengandung triptofan, termasuk kacang-kacangan, ayam, ikan, lentil, dan telur, dapat memicu kantuk. Selain mengonsumsi makanan tertentu, teh chamomile, peppermint, lavender, dan valerian, juga memberikan efek relaksasi yang membantu melelapkan tidur.

Baca juga: Ini 5 Dampak Olahraga Terlalu Berat

Kemudian, aturan lain yang sejatinya dapat membantu kamu mengecilkan lingkar perut dalam kaitannya dengan rutinitas tertentu adalah tidak makan di atas jam 8 malam. Biasanya menjelang malam aktvitas berkurang jadi tidak akan ada lagi pembakaran kalori. Ini membuat makanan yang kamu konsumsi hanya akan menumpuk menjadi lemak.

Lalu, tidur dengan kondisi lampu tidak menyala dapat menurunkan risiko peningkatan berat badan. Pasalnya, hormon melatonin yang berfungsi untuk menstabilkan kerja metabolisme tubuh dapat bekerja lebih maksimal saat kondisi gelap.

Posisi tidur juga dapat memengaruhi sistem metabolisme tubuh. Para ahli kesehatan menyarankan untuk tidur miring dengan posisi menghadap ke kiri untuk melindungi jantung, melancarkan pergerakan pada sistem pencernaan, dan mencegah asam lambung naik yang bikin perut kembung.

Sulit tidur yang pada akhirnya membuat seseorang ngemil kerap dialami mereka yang stres. Cobalah untuk melakukan meditasi ringan selama 3-5 menit untuk meredakan stres. Kalau kamu mengalami masalah dengan pola tidur, tanyakan langsung saja di Halodoc.

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Menjadwalkan Olahraga Ringan Sebelum Tidur

Tidak ada jalan lain untuk mengecilkan perut dan menghindari lemak menumpuk selain dengan berolahraga. Kalau kamu termasuk tipe yang males untuk olahraga, tetapi menolak buncit, cobalah untuk melakukan sit up sebanyak 20 kali yang kemudian ditambah jumlahnya secara berkala.

Selain sit up, kamu juga bisa mencoba plank. Sebelum berbaring, cobalah untuk plank di lantai 1–2 menit. Kalau kuat, ulangi sampai dua kali dan kuantitasnya ditambah secara berkala. Biasanya tubuh akan beradaptasi dengan latihan, jadi kamu butuh menambah durasi supaya efeknya lebih terasa.

Melatih pernapasan bisa jadi salah satu cara atau gerakan untuk mengecilkan perut. Kamu duduk bersila atau duduk bersimpuh dengan kedua tangan berpangku di paha. Posisi punggung tegak. tetapi bahu santai.

Lalu, embuskan napas dari perut, tetapi jangan menarik napas dari hidung. Udara akan masuk dengan otomatis seiring kamu mengembuskan napas. Gerakan ini tidak hanya mengecilkan perut, tetapi juga membantu sirkulasi pernapasan lebih lancar.

Baca juga: Inilah Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel

Sit up kaki juga bisa dilakukan untuk mengecilkan perut. Caranya adalah berbaring di lantai kemudian luruskan kaki dan angkat setinggi 90 derajat lalu turunkan. Lakukan gerakan ini 20-30 kali setiap malam. Gerakan ini tidak hanya mengecilkan perut sebelum tidur, tetapi juga mengencangkan paha.

Referensi:
Eatthis.com. Diakses pada 2020. 17 Surprising Ways to Lose Weight In Your Sleep.
WebMD. Diakses pada 2020. Tips for a Quiet Tummy, Restful Sleep.