24 May 2018

5 Kebiasaan untuk Mencegah Wasir

5 Kebiasaan untuk Mencegah Wasir

Halodoc, Jakarta - Wasir atau hemoroid adalah pembengkakan dan peradangan pembuluh darah vena di rektum atau anus. Jika masih ringan, biasanya wasir tidak menimbulkan gejala. Namun, pada kasus yang ringan pun beberapa tanda dan gejala wasir juga bisa dirasakan seperti berikut ini:

  • Perdarahan setelah buang air besar. Darah berwarna merah terang dan biasanya menetes di akhir buang air besar.
  • Terdapat benjolan di luar anus. Benjolan biasanya dapat diraba ketika buang air besar. Benjolan dapat masuk spontan ke dalam anus atau jika sudah berat, perlu dimasukkan dengan bantuan jari tangan.
  • Nyeri, kemerahan, dan pembengkakan di sekitar anus. Hal ini terutama dirasakan jika terdapat penekanan pada anus, misalnya saat mengejan atau duduk terlalu lama.
  • Gatal-gatal di sekitar anus juga terkadang dapat dirasakan.

Agar dapat menghindarinya, kamu pun perlu tahu kebiasaan untuk mencegah wasir. Penyakit ini bisa dihindari dengan melakukan hal-hal sederhana untuk meningkatkan kesehatan kamu. Yuk, cari tahu kebiasaan untuk mencegah wasir berikut ini:

  1. Minum banyak air putih. Hal ini dapat membantu melunakkan feses sehingga kamu enggak perlu terlalu mengejan. Ini karena kebiasaan mengejan saat buang air besar dapat menyebabkan wasir.
  2. Perbanyak konsumsi serat. Banyak makan sayur, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan dapat membantu melancarkan buang air besar.
  3. Hindari menunda buang air besar karena semakin lama feses tidak dikeluarkan, maka penyerapan air oleh usus semakin banyak. Akibatnya feses menjadi lebih keras dan kering. Hal ini “memaksa” kamu untuk mengejan kuat saat buang air besar dan berakibat wasir.
  4. Lakukan olahraga secara teratur. Hal ini dapat membantu mencegah sembelit, membantu menurunkan tekanan darah, dan membantu menurunkan berat badan.
  5. Hindari obat-obatan yang memiliki efek samping sembelit, contohnya obat-obatan yang mengandung codein.

Nah, kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai kebiasaan untuk mencegah wasir, yuk tanyakan pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja, dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!