5 Obat Alami Hilangkan Panu yang Bisa Ditemukan di Rumah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Obat Alami Hilangkan Panu yang Bisa Ditemukan di Rumah

Halodoc, Jakarta – Panu adalah salah satu gangguan kulit yang sangat tidak nyaman dan membuat tidak etis untuk dilihat yang disebabkan oleh adanya infeksi jamur Versicolor. Jamur biasanya akan tumbuh karena kelembapan pada kulit.

Kelembapan kulit yang sangat tinggi akan menjadi lingkungan pertumbuhan yang sangat efektif bagi jamur untuk tumbuh dan berkembang biak. Kelembapan kulit disebabkan oleh kurangnya kebersihan yang dijaga dengan baik.

Gangguan kulit yang satu ini bisa saja ada di mana saja. Setiap bagian dari tubuh bisa terkena infeksi panu. Bisa pada bagian tubuh, tangan, atau bagian mana pun yang sangat lembap.  Berikut beberapa cara menghilangkan panu dengan cepat dan alami:

Baca juga: Tips Kulit Cantik Tanpa Panu

1. Lengkuas dan Garam

Kedua bahan alami ini adalah salah satu pilihan kombinasi bahan yang dapat membantu kamu menghilangkan panu. Cara ini termasuk cara kasar menghilangkan panu. Cara ini dianggap cara yang akan menimbulkan rasa sakit pada kulit. Kandungan bahan aktif dalam lengkuas ini akan membuat kamu bebas dari panu.

Bahan aktif dalam lengkuas dikombinasikan dengan garam akan membuat jamur yang tumbuh di wajahmu dan menyebabkan area yang terkena panu akan bersih. Kombinasi kedua bahan aktif ini akan sangat efektif untuk membunuh jamur di mana kandungan garam bisa membuat jamur kekurangan cairan di tubuhnya.

Tidak hanya itu garam akan membantu mengurangi kelembapan di lingkungan pertumbuhan jamur. Penggunaannya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampur lengkuas dengan garam baru digosokkan atau dibasuhkan ke area yang berpanu.

2. Lemon dan Sabun Sulfur

Kedua bahan ini merupakan campuran bahan-bahan yang cukup ekstrem untuk membuat panu hilang dari wajah. Kamu dapat menggunakan campuran ini secara teratur di bagian yang mengalami panu sampai hilang. Cara ini tidak akan menimbulkan efek samping, tapi membutuhkan kesabaran karena akan memakan waktu yang agak lama.

Baca juga: Malunya, Panu Bisa Muncul di Wajah

3. Tea Tree Oil

Tea tree oil dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan panu, karena memiliki sifat anti-jamur. Tea tree oil juga dapat berfungsi untuk menghambat penyebaran infeksi dan mencegah kekambuhan gatal.

Caranya, tambahkan 5–7 tetes minyak tea tree oil dan 1 sendok makan minyak zaitun atau kelapa. Oleskan minyak ini ke area dengan bola kapas. Biarkan mengering, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan. Lakukan perawatan ini dua kali sehari selama beberapa minggu.

4. Minyak Kelapa dan Minyak Kayu Manis

Minyak kelapa adalah salah satu solusi paling efektif untuk memberantas infeksi jamur, termasuk tinea versikolor. Minyak kelapa diletakkan sebagai fungisida alami, yang berarti dapat membantu menghentikan pertumbuhan jamur. Cukup campur 1 sendok minyak kelapa dan 6 tetes minyak kayu manis. Oleskan pada kulit yang sakit dan tunggu 15 hingga 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Baca juga: 4 Penyebab Panu Muncul Sehingga Ganggu Penampilan

5. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki protein yang berguna untuk memiliki sifat anti-jamur dan anti-inflamasi. Kedua kandungan ini, nyatanya efektif dalam mengobati pertumbuhan jamur. Selain itu, khasiat lidah buaya juga baik untuk penyembuhan infeksi kulit yang rusak.

Ambil daun lidah buaya, ambil ekstrak gel segar. Oleskan gel lidah buaya langsung pada area kulit yang terkena, 2 atau 3 kali sehari selama beberapa minggu. Pilihan lain dapat dicampur dengan beberapa tetes minyak lavender dalam 1 sendok teh gel lidah buaya.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai obat alami untuk hilangkan panu, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat