5 Pengobatan Alami untuk Menyembuhkan Kudis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
obat kudis, gangguan kulit  kudis

Halodoc, Jakarta - Kemunculan gangguan kulit kudis ditandai dengan rasa sangat gatal di kulit, terutama pada malam hari. Biasanya, kondisi ini disertai dengan timbulnya ruam bintik-bintik menyerupai jerawat atau lepuhan kecil bersisik. Kondisi ini merupakan dampak dari adanya tungau yang hidup dan bersarang di kulit.

Banyaknya tungau yang terdapat di kulit pengidap kudis berkisar 10-15 ekor dan bisa berkembang biak hingga berjumlah jutaan. Kemudian, mereka akan menyebar ke bagian tubuh lain apabila tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Hal yang perlu diwaspadai adalah kudis merupakan penyakit yang sangat mudah menular, baik secara kontak langsung atau tidak.

Kondisi kudis dapat diobati secara alami. Berikut adalah pengobatan alami untuk gangguan kudis yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Lidah Buaya

Sifat kuratif pada lidah buaya sangat baik untuk merawat kulit gatal, karena mengandung zat antibakteri. Di samping itu, lidah buaya mampu beregenerasi, mengurangi peradangan, dan menyembuhkan daerah yang terkena dampak. Kamu hanya butuh gel lidah buaya. Bersihkan bagian kulit yang terserang, oleskan gel lidah buaya dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Ulangi proses ini sebanyak dua kali sehari.

Baca juga: Ketahui Penyebab Terjadinya Penyakit Kudis

2. Tea Tree Oil

Tea tree oil mengandung zat antiseptik, antibakteri, dan antiinflamasi yang dapat menghilangkan parasit sarcoptes scabiei dan telurnya. Kamu hanya butuh 1 sendok makan minyak pohon (15 gram) dan 1 sendok makan minyak zaitun (16 gram), serta kapas. Bersihkan bagian yang terkena kudis menggunakan bola kapas terapkan campuran kedua minyak tersebut pada kulit kamu. Ulangi proses ini dua kali sehari selama tiga minggu.

3. Cabe Rawit

Kemampuan cabe rawit dapat memberi efek terbakar dan membunuh parasit. Cabe rawit juga mengandung capsaicin zat kimia yang mengurangi sensasi rasa sakit saat dioleskan ke kulit. Sebenarnya belum ada penelitian ilmiah mengenai ini, tetapi beberapa orang yang melakukan perawatan ini mengaku mengalami kesembuhan.

Selain mengoleskan langsung ke kulit, kamu juga bisa mencampur satu cangkir cabe rawit ke dalam air hangat. Setelah itu rendam bagian yang terkena kudis hingga air mendingin. Pastikan mata dan bagian sensitif kamu tidak terkena air ini.

4. Kunyit dan Lemon

Campuran antara kunyit yang dihaluskan dengan perasan lemon juga bisa kamu gunakan. Kunyit memiliki efek anti-inflamasi yang dapat meredakan gatal. Kamu butuh mengoleskan campuran bahan tersebut ke kulit yang terkena beberapa saat kemudian membersihkannya.

Baca juga: 6 Cara Mengobati Penyakit Kudis Di Rumah

5. Minyak Cengkeh

Minyak ini mampu menjadi obat kudis yang paling ampuh, karena memiliki sifat anti-mikroba, anestesi, dan antioksidan yang dapat menyembuhkan. Minyak cengkeh juga merupakan insektisida yang efektif membunuh parasit. Kamu harus mencampurkannya dengan minyak kelapa, kemudian mengoleskannya pada kulit yang mengalami kudis. Lakukan perawatan ini selama 2-3 minggu.

Sebelum melakukan pengobatan, cara yang paling ampuh untuk mencegah kudis adalah dengan menjaga diri supaya tidak terpapar tungau sarcoptes scabiei, baik melakukan kontak langsung dengan pengidap atau secara tidak langsung. Sedangkan bagi pengidap, lakukan hal-hal berikut ini untuk mencegah kudis menular orang lain:

  • Bersihkan semua pakaian atau barang pribadi menggunakan sabun dan air hangat. Kemudian, keringkan di udara yang panas.

  • Bungkus dengan plastik barang yang berpotensi terkontaminasi tungau, tetapi tidak dapat dicuci. Kemudian, letakkan di tempat yang jauh dari jangkauan. Tungau terdapat di barang tersebut akan mati dalam beberapa hari.

Baca juga: Waspada Tungau yang Sebabkan Kudis dan Gatal Kulit

Itulah sejumlah cara pengobatan alami untuk menyembuhkan kudis. Apabila pengobatan alami sudah kamu tempuh, tetapi kudis tak kunjung sembuh, maka sebaiknya segera komunikasikan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.