20 March 2018

5 Pilihan Makanan Terbaik untuk Sarapan

5 Pilihan Makanan Terbaik untuk Sarapan

Halodoc, Jakarta – Kalau kamu masih menghindari sarapan karena takut gemuk, itu berarti kamu masih menganut paham yang keliru. Sarapan justru adalah waktu makan terpenting dalam satu hari yang bisa membantu kamu mengontrol berat badan. Selain itu, sarapan juga memberi tubuh energi yang diperlukan untuk menjalani seabrek aktivitas sehari-hari (Baca juga: Catat, 4 Manfaat Sarapan untuk Kesehatan Tubuh).  Lalu, makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk sarapan?

Kebanyakan orang mengonsumsi makanan berkarbohidrat seperti sereal atau roti tawar putih untuk sarapan. Tapi ternyata, roti dan sereal itu merupakan karbohirat olahan yang tidak baik dikonsumsi untuk sarapan, karena bisa memicu kadar gula darah meningkat. Karbohidrat yang baik dikonsumsi untuk sarapan adalah makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh (nasi merah, roti gandum utuh), buah-buahan dan sayuran-sayuran. Selain karbohidrat, kamu juga bisa melengkapi piring sarapan dengan makanan yang mengandung protein. Asupan tersebut bisa menjaga stamina sepanjang pagi dan mencegah rasa lapar sampai jam makan siang tiba. Berikut 8 pilihan menu sarapan sehat yang bisa kamu coba:

  1. Satu butir telur rebus dan satu buah pisang

Telur termasuk makanan yang mengandung protein tinggi. Mengonsumsi telur bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu enggak tergoda jajan tidak sehat sepanjang pagi. Selain itu, kandungan vitamin B kolin yang tinggi pada kuning telur juga bermanfaat untuk ketajaman memori, lho. Sedangkan pisang, kaya akan serat alami, vitamin C, dan potasium. Kombinasi nutrisi ini dapat membantumu mengelola tekanan darah.

  1. Telur orak-arik ditambah sayur-sayuran potong

Selain diolah dengan cara direbus, kamu juga bisa mengonsumsi telur yang diorak-arik atau scrambled egg yang praktis, enak, namun tetap bergizi. Sebagai variasi, kamu bisa menambahkan sayur-sayuran potong rebus seperti wortel, jagung, dan jamur ke dalamnya. Kalau kamu ingin lebih kenyang, jadikan telur orak-arik sebagai isian di dalam setangkup roti tawar gandum utuh yang sudah dipanggang.

  1. Sereal biji-bijian

Pilihlah sereal yang berupa biji-bijian utuh. Kamu bisa mencampur sereal dengan susu rendah lemak dan buah-buahan, atau dengan yogurt.

  1. Smoothies

Kalau kamu tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan sarapan yang terlalu rumit, smoothies bisa jadi penyelamat perut laparmu di pagi hari. Cara membuat smoothies sangat mudah, yaitu hanya tinggal diblender, dan bisa disiapkan dalam hitungan menit saja. Smoothies yang paling cocok untuk menu sarapan adalah perpaduan pisang dengan stroberi yang diblender dengan susu rendah lemak. Agar lebih kenyang, kamu bisa menambahkan oatmeal atau buah beku ke dalamnya. Kamu pun bisa menikmati smoothies di mana saja.

  1. Greek Yogurt

Sama seperti telur, greek yoghurt adalah makanan sumber protein yang cukup mengenyangkan. Kandungan proteinnya dua kali lipat lebih tinggi dibanding yogurt biasa. Selain itu, greek yoghurt juga kaya akan kalsium. Tapi, pilihlah greek yoghurt yang plain untuk menghindari asupan gula buatan yang tidak sehat. Kamu bisa mengonsumsi greek yoghurt dengan tambahan topping buah-buahan segar (pisang, kiwi, stroberi, melon, dan lain-lain), kacang-kacangan, dan granola untuk sarapan sehat dan mengenyangkan.

Mengonsumsi menu sarapan sehat merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk membiasakan diri sarapan. Kalau kamu ingin bertanya lebih lanjut mengenai sarapan sehat yang baik untuk tubuh kamu, hubungi saja dokter lewat aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu juga bisa meminta saran kesehatan dan rekomendasi obat kepada dokter kapan saja dan di mana saja. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.