11 April 2018

5 Sarapan yang Baik untuk Pengidap Diabetes

5 Sarapan yang Baik Untuk Pengidap Diabetes

Halodoc, Jakarta – Bukan aturan baru lagi kalau pengidap diabetes harus menjaga pola makannya agar gula darah tidak melonjak drastis. Memang ada sih beberapa obat yang bisa dikonsumsi untuk menjaga gula darah tetap stabil. Namun, pemakaian obat dalam jangka panjang bisa berdampak negatif bagi tubuh. Misalnya, meningkatkan risiko penyakit degeneratif seperti gagal jantung, liver, pernapasan, hingga ginjal. Nah, bila ingin mengurangi konsumsi obat-obatan, pengidap diabetes  harus cermat memilih makanan, baik sarapan hingga makan malam. Berikut ini menu sarapan untuk pengidap diabetes yang aman bagi tubuh.

  1. Roti Bagel atau Susu

Kata ahli, pengidap diabetes seharusnya membuat sarapan sendiri. Simpel alasannya, bila kamu membeli sarapan di restoran atau tempat lainnya, tentu kamu enggak akan tahu berapa kalori, gula, dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Makanya, cobalah untuk selalu membuat sarapan di rumah agar lebih aman. Misalnya, kamu bisa kok membuat menu sederhana seperti roti bagel.

Melansir Readers Digest, sarapan untuk pengidap diabetes bisa berupa roti bagel dan krim keju yang mengandung 67 gram karbohidrat, 450 kalori, dan 9 gram lemak sehat. Selain itu, kamu juga bisa menyajikan secangkir susu bebas lemak yang berisi 12 gram karbohidrat, 195 kalori, dan 3 gram lemak sehat. Mudah, kan?

  1. Scrambled Eggs dan Roti Panggang

Sarapan pagi dengan scrambled eggs (telur orak-arik) dan roti panggang bisa menjadi cara yang sehat untuk memulai hari pengidap diabetes. Melansir Everyday Health, bila kamu ingin menyajikan menu ini, pastikan memasaknya dengan benar. Kocok telur dalam penggorengan anti lengket agar telur enggak menempel pada penggorengan. Kamu juga bisa menambahkan sepotong roti gandum, keju krim rendah lemak, atau selai bebas gula agar lebih bervariasi.

(Baca juga: 4 Buah Terbaik Untuk Diabetes)

  1. Breakfast Shake

Boleh jadi menu sarapan untuk pengidap diabetes yang satui ini, merupakan menu yang cukup sederhana dan mudah untuk dibuat. Kamu bisa mencampurkan satu cangkir susu atau yogurt bebas lemak dengan satu setengah cangkir buah. Contohnya, stroberi, pisang, atau blueberry. Agar rasanya lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan satu sendok teh gandum, satu sendok teh kacang, dan es. Breakfast Shake bisa menjadi menu sarapan yang lezat, penuh nutrisi, dan menyehatkan bagi pengidap diabetes.

(Baca juga: 4 Mitos Fakta Diabetes yang Harus Diketahui)

  1. Oatmeal

Menurut ahli, oatmeal merupakan salah satu menu sarapan yang baik bagi pengidap diabetes. Secangkir oatmeal mengandung empat gram serat yang bisa menjaga kadar gula darah. Menariknya lagi, menurut penelitian secangkir oatmeal yang dikonsumsi lima kali dalam seminggu, bisa menurunkan 39 persen risiko untuk mengembangkan diabetes tipe 2.

Selain itu, oatmeal juga bisa mencegah pengidap diabetes untuk makan berlebih. Menurut studi, orang yang mengonsumsi oatmeal di pagi hari, konsumsi kalorinya akan berkurang sebanyak 30 persen ketika dirinya mengasup makan siang.

  1. Kacang Almond dan Buah

Kamu bisa menyajikan menu sarapan ini dengan singkat. Ambilah segenggam penuh kacang almond dan campurkan dengan sedikit porsi buah dengan  indeks glikemik rendah. Misalnya buah beri, persik, apel, atau jeruk. Kandungan serat dan lemak tak jenuh tunggu yang menyehatkan dalam kacang almond, bisa membantu kamu cepat merasa kenyang. Sedangkan buah-buahan akan menambah kebutuhan serat tubuh dan memberi sentuhan manis, tanpa menyebabkan lonjakan gula darah.

Kalau kamu ingin tahu lebih jauh mengenai sarapan untuk pengidap diabetes, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai diet tersebut. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.