5 Tanda Lingkungan Kerja yang Tidak Sehat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Tanda Lingkungan Kerja yang Tidak Sehat

Halodoc, Jakarta – Bagi banyak orang, kantor bisa seperti rumah kedua. Ini dikarenakan sebagian besar waktu yang dihabiskan di kantor bersama rekan kerja.  Sayangnya, jika kamu tidak senang dengan lingkungan kerja tersebut, ketidakpuasan ini dapat terbawa ke dalam kehidupan pribadi.

Tempat kerja tidak sehat dapat memengaruhi kesehatan, meningkatnya stres bekerja di kantor menyebabkan kelelahan kerja yang berlebihan, lesu, dan depresi. Ingin tahu tanda lingkungan kerja yang tidak sehat? Baca selanjutnya di sini!

Nah, apakah saat ini kamu mengalami gejala-gejala yang diuraikan di atas? Jika iya, sudah saatnya kamu mengambil sikap, mengevaluasi sebelum memutuskan apa yang harus dilakukan untuk perkembangan kariermu.  Berikut ini tanda lingkungan kerja tidak sehat yang semestinya menjadi “alarm” buatmu:

  1. Sering Mendapat Perkataan yang Mengintimidasi 

Bentuk-bentuk intimidasi halus bisa menjadi tanda kalau kamu sedang berada di lingkungan kerja yang tidak sehat. Salah satu bentuk intimidasi tersebut adalah pernyataan dari atasan atau rekan kerja yang mengatakan kalau kamu seharusnya merasa beruntung bekerja di sini. 

Baca juga: Inilah Peran Psikolog untuk Kesehatan Mental

Selain itu, amarah berlebihan yang ditumpahkan atasan kepada kamu dengan diiringi ancaman akan diberlakukan pemecatan jika kamu mengulanginya lagi. Intinya, intimidasi yang dimaksud adalah ketika komentar dari atasan atau rekan kerja membuat kamu merasa down.

  1. Kurang Komunikasi

Apakah kamu merasa seperti tidak diikutsertakan dalam hal informasi penting? Kurangnya komunikasi yang meluas menjadi ciri tempat kerja yang tidak sehat. Kamu bisa jadi mendapat sedikit atau tidak ada umpan balik tentang kinerja selama ini dan ketika terjadi review, justru malah sifatnya konstruktif.

Kamu melakukan dua atau tiga pekerjaan sekaligus, tetapi atasan tidak memberikan komplimen untuk pekerjaan tersebut. Kamu sudah mendiskusikan perihal ini kepada HRD, tetapi malah tidak mendapat respons yang diharapkan. Ini adalah tanda kalau lingkungan kantormu sangat minim interaksi komunikasi.

  1. Semua Orang Punya Kebiasaan Buruk

Jika setiap kali kamu masuk ke kantor dan menghabiskan waktu kerja di lingkungan tersebut, kemudian merasakan aura tidak bersahabat, ini bisa jadi lingkungan tersebut tidak sehat. Kamu akan menemukan orang yang pesimis, doyan mengkritik, tingkat pergantian karyawan yang tinggi adalah pertanda orang-orang juga merasakan ketidaknyamanan yang sama denganmu. 

Baca juga: 9 Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mental

  1. Selalu ada “Drama”

Tanda lainnya kalau lingkungan kerjamu tidak sehat adalah selalu ada drama yang membuat suasana tidak menyenangkan. Ini seperti suasana di sekolah saja, kamu merasa cemas tidak ditemani oleh rekan kantor, ada geng yang saling menjelekkan, gosip di sana-sini, saling menjatuhkan, pertengkaran terselubung, serta “drama-drama” lainnya. 

  1. Rapat yang Tidak Menghasilkan Solusi

Kamu menyadari kalau rapat yang dilangsungkan tidak pernah menemukan solusi justru hanya buang-buang waktu saja. Bila ini semakin sering dirasakan, bisa jadi lingkungan kerjamu menunjukkan ketidakproduktifan yang signifikan. 

Lingkungan kerja yang tidak sehat menghambat ide-ide gerak dan justru malah menciptakan kebingungan, tenggat waktu yang sewenang-wenang, kurang fokus, dan perasaan tidak nyaman. Atasan yang tidak bisa menjadi panutan, rekan kerja yang tidak mendukung malah menusuk dari belakang, serta aturan kerja yang memberatkan karyawan.

Situasi-situasi seperti ini sejatinya akan membuat karyawan stres. Jika kamu mengalami salah satu di antaranya segera pertimbangkan untuk melanjutkan karier di sana. Ingin tahu lebih lanjut mengenai masalah psikologi lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu  bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:
Melody Wilding. Diakses pada 2019. How Dysfunctional Is Your Office? 7 Signs of a Toxic Workplace.
Forbes. Diakses pada 2019. Ten Signs Your Workplace Is Toxic -- Whether You Know It Or Not.