08 May 2018

5 Tips Tetap Kuat Tahan Lapar Saat Puasa Tanpa Kekurangan Nutrisi

5 Tips Tetap Kuat Tahan Lapar Saat Puasa Tanpa Kekurangan Nutrisi

Halodoc, Jakarta – Hanya tinggal hitungan hari, kita akan menyambut kembali datangnya bulan suci Ramadan. Selama satu bulan lamanya, kita akan menjalankan ibadah puasa, menahan lapar dan dahaga lebih dari 12 jam setiap harinya. Pada kondisi ini, bukan tidak mungkin tubuh akan mengalami perubahan kebiasaan, terutama pada bagian perut.

Rasa lapar pasti akan sering datang selama kamu puasa, terlebih saat waktu makan siang tiba. Tubuh pun akan jadi lemas dan membuatmu jadi malas beraktivitas. Untuk menyiasatinya, coba ikuti tips agar kuat puasa berikut ini:

Perbanyak Konsumsi Sayuran

Saat sahur, jangan asal makan. Kamu harus memperhatikan menu makan sahurmu. Pilih menu berupa sayuran berkuah, seperti sup atau bayam. Sayuran kaya akan nutrisi yang akan memberikan energi tambahan saat kamu berpuasa, sehingga kamu tidak mudah merasa lapar dan haus sebelum waktu berbuka tiba.

Perbanyak Minum Air Putih dan Kurangi Kafein

Saat puasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Namun, orang sering lupa untuk memenuhinya kembali saat berbuka. Padahal, asupan cairan juga penting untuk mencegah tubuhmu terkena dehidrasi. Kamu tetap harus minum minimal delapan gelas setiap harinya. Agar tidak mudah kembung, sebaiknya kamu membagi konsumsinya. Tiga gelas saat sahur dan berbuka, dan dua gelas sebelum tidur.

Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sebaiknya kamu kurangi konsumsi kopi. Kandungan kafein pada kopi akan membuat kamu lebih mudah haus. Tak hanya itu, saat minum kopi, jantung kamu akan bekerja lebih keras daripada biasanya, sehingga kamu akan susah tidur. Pada akhirnya, kamu justru akan kelelahan karena kurang tidur.

Baca juga: Sudah Tepatkah Menu Sahur Kamu? Berikut Menu Sehat Praktis untuk Sahur

Konsumsi Buah-buahan

Tak hanya sayuran, supaya kamu tetap kuat saat puasa tanpa kehilangan nutrisi, kamu juga perlu mengonsumsi buah-buahan. Buah pisang adalah salah satu yang bisa kamu konsumsi saat sahur. Buah ini kaya akan karbohidrat dan serat yang akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir akan dilanda lapar saat tengah hari.

Jangan Lupa Vitamin

Selama menjalankan ibadah puasa, tidak ada salahnya kalau kamu menyiapkan vitamin, seperti vitamin B12 dan C. Kedua vitamin ini akan membantu memperkuat daya tahan tubuh kamu sekaligus sebagai penambah energi. Pakar kesehatan asal Oxford, dr. Razeen Mahroof mengatakan bahwa kebutuhan vitamin pada tubuh tetap harus diperhatikan selama berpuasa, supaya kesehatan tubuh tetap terjaga.

Berbuka dengan yang Manis

Tips agar kuat puasa terakhir ini berhubungan dengan saat berbuka. Menjelang waktu berbuka, tidak heran kalau kamu jadi lapar mata. Semua makanan akan terlihat lezat di mata. Seringnya, kamu langsung meneguk segelas es teh manis bersama sepiring gorengan. Padahal, lambung butuh penyesuaian setelah berjam-jam tidak bekerja.

Sebaiknya, awali waktu buka dengan meminum teh tawar atau air putih hangat untuk membasahi lambung, sehingga siap bekerja kembali. Makanan manis memang dianjurkan untuk menu berbuka, karena tubuh memerlukan asupan gula untuk mengganti gula darah yang terpakai selama kamu berpuasa. Meski demikian, supaya kalorinya tidak bertumpuk, jangan berlebihan juga dalam konsumsi makanan manisnya, ya.

Baca juga: Sembelit Saat Puasa, Sebaiknya Perhatikan Makanan Ini

 

Nah, itu tadi lima tips agar kuat puasa tanpa kekurangan nutrisi. Kalau kamu punya masalah kesehatan yang terasa mengganggu puasa kamu nantinya, segera tanyakan pada dokter ahli lewat aplikasi Halodoc. Aplikasi ini menyediakan fitur live chat, apotek antar, dan cek lab tanpa harus keluar rumah. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di ponsel kamu!