6 Makanan yang Bantu Detoksifikasi Tubuh Saat Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Makanan yang Bantu Detoksifikasi Tubuh Saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Puasa menyimpan banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya mengeluarkan racun atau mendetoksifikasi tubuh. Proses detoksifikasi dalam tubuh sendiri dilakukan oleh beberapa organ, yaitu hati, ginjal, kulit, dan sistem pencernaan.

Beberapa organ pencernaan akan istirahat saat berpuasa. Contohnya, hati, pankreas, lambung, usus besar, dan usus halus. Namun, saat berbuka nant kelima organ pencernaan ini akan mampu bekerja dengan lebih baik lagi.

Nah, berikut beberapa makanan atau minuman yang baik dikonsumsi untuk mendetoks tubuh saat puasa.

Baca juga: Detoks Tubuh Saat Puasa, Apa Maksudnya?

1. Infused Water

Manfaat infused water, seperti lemon dianggap sebagai minuman detoks terbaik. Lemon memiliki efek diuretik dan bila dicampurkan air hangat bisa merangsang pergerakan gastrointestinal, sehingga membantu melancarkan pencernaan.

Kamu bisa mengonsumsi air lemon dengan terlebih dahulu minum air putih, atau makan buah kurma. Tepat sebelum makan besar adalah waktu terbaik untuk mengonsumsi air lemon.

Kamu bisa merendam lemon dengan air hangat, dan menunggu sampai air itu dingin untuk mencegah dampak yang kurang baik dari air lemon. Namun, bila dirimu memiliki masalah asam lambung atau penyakit maag, mungkin lemon merupakan buah yang harus dihindari.

2. Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang bisa mendetoks tubuh saat puasa. Teh yang satu ini kaya akan antioksidan yang cukup efektif untuk membuat racun akibat radikal bebas. Selain itu, minuman kaya manfaat ini juga bisa meningkatkan sistem metabolisme dan mengoptimalkan proses pembakaran lemak. Alhasil, berat badan bisa turun dapat waktu yang cukup singkat.

Baca juga: Puasa Bantu Proses Detoksifikasi Tubuh, Benarkah?

3. Grapefruit

Mengonsumsi buah ini saat sahur juga bisa membantu membersihkan sistem pencernaan, sistem peredaran darah, dan hati. Di samping itu, grapefruit juga kaya akan zat antioksidan dan vitamin C yang cukup tinggi. Tak cuma itu, grapefruit juga bisa memaksimalkan detoksifikasi racun yang mengendap akibat efek radikal bebas.

4. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang bisa membantu proses detoks tubuh saat puasa. Selain efektif untuk membantu mendetoksifikasi racun dalam tubuh, bayam juga efektif mengobati anemia, meningkatkan sistem imun, hingga menguatkan gigi dan tulang.

5. Bawang Putih

Selain dikenal sebagai bumbu dapur, bawang putih juga cukup ampuh untuk membuat racun dalam tubuh. Bawang putih mengandung zat allicin yang cukup tinggi. Selain itu, bawang putih juga bisa membantu menjauhkan tubuh dari beragam jenis penyakit berbahaya dengan cara menyaring racun pada sistem pencernaan.

Baca juga: Cara Detox Tubuh dengan Puasa

6. Alpukat

Buah yang satu ini juga baik dikonsumsi untuk membantu proses detoks tubuh. Buah ini mengandung zat asam lemak omega 3, alpukat juga bisa membantu melumasi dinding-dinding usus besar, sehingga memudahkan pengeluaran racun keluar dari tubuh. Nah,inilah yang bisa membantu proses detoks tubuh saat puasa.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!