6 Cara Mengecilkan Perut

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Diet, Perut Buncit

Halodoc, Jakarta - Perut merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki elastisitas tinggi, sehingga mudah sekali menyimpan lemak. Itulah mengapa banyak sekali orang yang mengalami masalah perut buncit. Tidak hanya yang memiliki berat tubuh berlebih, mereka yang memiliki tubuh proporsional pun dapat mengalami hal ini. Diet pun dilakukan untuk mengatasi kondisi ini.

Selain mengganggu penampilan, menurut beberapa penelitian, orang yang memiliki perut buncit akan lebih rentan terkena berbagai masalah kesehatan, seperti stroke, diabetes, serangan jantung, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin mengecilkan perut, yuk lakukan 6 hal berikut!

1. Perbaiki Pola Tidur

Salah satu faktor penyebab perut membuncit adalah buruknya pola tidur. Bagi kamu yang mungkin selama ini memiliki kebiasaan terjaga hingga larut malam, sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini.

Sebab, waktu tidur ideal bagi orang dewasa adalah sekitar 7 hingga 8 jam. Jika kurang dari itu, hormon kortisol (hormon stres) akan meningkat. Akibatnya, kamu akan terdorong untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula untuk menggantikan tenaga yang tidak didapat karena kurang tidur.

Untuk itu, langkah pertama yang penting dilakukan untuk mengecilkan perut buncit adalah memperbaiki pola tidur dahulu. Tidur yang cukup dan berkualitas setiap malamnya tidak hanya dapat menyeimbangkan kadar kortisol tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan produksi leptin, yaitu hormon yang bertugas mengontrol nafsu makan.

2. Jangan Makan Menjelang Jam Tidur

Ketika tidur, tubuh menghentikan sebagian besar aktivitasnya, termasuk bergerak, yang mampu mengubah cadangan makanan menjadi energi. Itulah mengapa makanan yang kamu makan saat menjelang jam tidur kemungkinan besar hanya akan diubah menjadi cadangan lemak. Sebab, tubuh memerlukan waktu setidaknya 2 hingga 3 jam untuk memproses makanan yang masuk.

Tidak hanya akan membuat perut menjadi buncit, tidur setelah makan juga dapat meningkatkan risiko terkena refluks asam lambung dan gangguan pencernaan. Hal ini terjadi karena saat kamu berbaring usai makan, ada perubahan gravitasi yang menyebabkan tubuh tidak mampu menarik makanan yang masuk menuju ke bawah.

Oleh sebab itu, hindarilah mengonsumsi makanan berat 2 atau 3 jam sebelum jam tidur. Jika memang merasa lapar, cobalah untuk makan buah-buahan yang tinggi serat saja, seperti apel, jeruk, dan buah beri.

3. Hindari Rokok dan Alkohol

Banyak orang yang mungkin berpendapat bahwa merokok dapat mengurangi berat badan. Nyatanya, para ilmuwan dari University of Glasgow menemukan bahwa rokok dapat mendorong lemak menuju daerah inti tubuh, sehingga dapat membuat perut menjadi buncit.

Selain rokok, alkohol juga menjadi salah satu yang dapat memicu terjadinya perut buncit. Hal ini karena minuman beralkohol mengandung gula dan kalori yang cukup tinggi, sehingga dapat menyebabkan perut menjadi buncit dan meningkatkan berbagai risiko gangguan kesehatan lain.

Jadi, bagi kamu yang ingin mengecilkan perut, tetapi masih memiliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol berlebihan, sebaiknya segera kurangi dari sekarang, ya.

4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayuran merupakan dua jenis makanan yang mengandung sedikit kalori, tapi tinggi akan serat. Kandungan serat yang tinggi itu dapat membantu mengikat air yang melarutkan lemak dalam tubuh, sehingga pencernaan dapat lebih lancar dan perut buncit pun dapat berkurang.

Bahkan, sebuah studi menyatakan bahwa dengan mengonsumsi setidaknya 14 gram serat setiap harinya dapat menurunkan asupan kalori sebesar 10 persen dan mengurangi 4 persen lemak di perut.

5. Jangan Malas Gerak

Jika menjalani pola tidur dan makan yang baik sudah dilakukan, tapi perut buncit tak kunjung mengecil, mungkin itu saatnya bagi kamu untuk memperbanyak gerak tubuh. Lakukanlah olahraga-olahraga ringan setiap paginya seperti sit-up, push-up, atau lari-lari santai di sekitar rumah.

Kalau masih sulit untuk dilakukan, cobalah untuk mulai mengganti kebiasaan sehari-hari kamu, seperti memilih naik tangga ketimbang lift, atau berjalan kaki untuk jarak-jarak kurang dari 1 kilometer, daripada naik kendaraan. Jika dilakukan rutin, dijamin tidak hanya bisa mengecilkan perut, tetapi juga membuat tubuh kamu menjadi lebih bugar.

6. Konsumsi Teh Hijau

Telah dipercaya sejak lama sebagai minuman yang memiliki banyak khasiat, teh hijau juga populer sebagai salah satu cara efektif untuk mengecilkan perut. Teh hijau juga kaya akan antioksidan yang mampu mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, rutinlah konsumsi secangkir teh hijau tanpa gula setiap sebelum makan. Hal ini dapat membantu menekan nafsu makan, sehingga kamu akan terhindar dari makan berlebihan.

Itulah 6 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengecilkan perut. Jika cara-cara itu belum berhasil, kamu juga bisa berdiskusi langsung dengan dokter melalui aplikasi Halodoc, kapan saja dan di mana saja, melalui Voice/Video Call atau Chat. Namun sebelumnya, jangan lupa untuk download dulu aplikasi Halodoc, ya!

Baca Juga: