6 Makanan Sehat Agar Si Kecil Semangat Setiap Pagi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Makanan Sehat Agar Si Kecil Semangat Setiap Pagi

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya untuk orang dewasa, sarapan juga bermanfaat untuk Si Kecil. Selain membuat Si Kecil bersemangat menjalani aktivitas sepanjang hari, sarapan juga bisa membantu Si Kecil menyerap pelajaran dengan lebih baik, bermain dengan ceria, dan lebih sehat. Tanpa sarapan, Si Kecil bisa menjadi tak bertenaga, mudah mengantuk, cepat lelah, dan tidak semangat belajar.

Sayangnya, kesibukan di pagi hari membuat beberapa ibu kesulitan untuk menyiapkan sarapan. Karena itu, beberapa ibu akan memilih makanan praktis yang bisa langsung dijadikan menu sarapan Si Kecil. Boleh-boleh saja sih, tapi ibu juga perlu mempertimbangkan sehat atau tidaknya makanan tersebut untuk Si Kecil. Lantas, apa saja contoh sarapan sehat agar Si Kecil semangat setiap pagi? Intip di sini, yuk!

Telur

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi telur di pagi hari akan membuat kenyang lebih lama, menjaga kadar gula darah, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Karena itu, telur bisa dijadikan salah satu menu makanan sehat Si Kecil. Ibu bisa membuat menu olahan telur untuk Si Kecil, seperti omelet, telur rebus, telur orak-arik, atau olahan lainnya untuk sarapan Si Kecil.

Roti Gandum

Dibandingkan roti putih, roti gandum memiliki kandungan serat yang lebih tinggi, lebih rendah lemak dan lebih rendah kolestrol. Ibu bisa menjadikan roti gandum sebagai menu sarapan, misalkan dengan memadukan roti gandum dengan keju, telur, selai stroberi, atau pilihan lain yang disukai Si Kecil.

Oatmeal

Oatmeal dapat dijadikan pilihan makanan sehat untuk sarapan Si Kecil karena rendah lemak, namun kaya akan protein dan serat. Ibu bisa memadukan oatmeal dengan buah-buahan, seperti pisang, stroberi, kiwi, atau buah lainnya untuk menu sarapan Si Kecil.

Sereal

Jika oatmeal terbuat dari gandum yang berbentuk butiran biji, maka sereal adalah makanan olahan yang terbuat dari beras, jagung, gandum, dan biji-bijian lainnya. Ibu bisa menjadikan sereal sebagai menu sarapan Si Kecil. Tapi, ibu perlu memilih sereal dengan kandungan serat yang tinggi dan rendah gula. Jika ibu ingin mencampurkan sereal dengan susu, ibu bisa mencampurkannya dengan susu biasa, bukan susu kental manis yang telah ditambahkan banyak gula.

Jamur

Jamur mengandung protein, folat, selenium, vitamin D, dan vitamin B12 yang dapat melawan infeksi, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki jaringan tubuh, dan menghasilkan energi untuk beraktivitas. Karena itu, ibu bisa memadukan jamur dengan omelet, bubur, hingga sup untuk dikonsumsi Si Kecil saat sarapan. Namun, sebelum memberikannya kepada Si Kecil, ibu perlu membersihkannya terlebih dahulu agar mikroorganisme yang ada dalam jamur tidak ikut termasak. Jenis jamur yang bisa dikonsumsi Si Kecil adalah jenis jamur kancing dan jamur shitake.

Buah-buahan

Buah-buahan juga bisa menjadi pilihan menu makanan sehat untuk sarapan Si Kecil, seperti pisang, semangka, buah beri, kiwi, dan jeruk. Selain mengandung vitamin C, buah mengandung banyak serat yang dapat membuat Si Kecil merasa kenyang lebih lama. Ibu bisa memotong-motong beberapa jenis buah untuk dikonsumsi Si Kecil, atau memadukannya dengan menu makanan lain seperti oatmeal.

Jika ibu memiliki keluhan dengan pola makan Si Kecil, jangan ragu bicara ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya kapan saja dan dimana saja.

Atau, jika ibu penasaran dengan kadar kolestrol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, ibu bisa cek melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah! Ibu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui ibu pada waktu yang sudah ditentukan. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan ibu di Halodoc. Ibu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan ibu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.