Jelang Puasa, Ingat-Ingat Olahraga Ini Bila Ramadan Tiba

Jelang Puasa, Ingat-Ingat Olahraga Ini Bila Ramadan Tiba
OLAHRAGA 08 May 2018

Halodoc, Jakarta – Pada bulan Ramadan, biasanya terjadi pergeseran kebiasaan dan rutinitas sehari-hari. Mulai dari jam kerja yang lebih pendek, jam tidur yang disesuaikan dengan waktu sahur, dan aktivitas fisik yang cenderung berkurang. Ini karena saat puasa, sebagian orang lebih memilih untuk menghabiskan waktu luang dengan tidur dan beristirahat demi menghemat energi.

(Baca juga : 6 Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa)

Sebenarnya, tidak ada larangan untuk berolahraga saat puasa. Kamu hanya perlu menyesuaikan aktivitas olahraga yang akan dilakukan dengan kondisi dan kemampuan tubuh. Hal ini karena olahraga akan menguras cairan dalam tubuh, sehingga kamu perlu memperhatikan frekuensi, intensitas, dan durasi olahraga.

Selain itu, waktu yang dianjurkan untuk berolahraga saat puasa adalah sore hari atau 30-60 menit menjelang waktu berbuka. Pada waktu tersebut, keluarnya cairan dari tubuh setelah berolahraga dapat langsung digantikan saat kamu berbuka puasa.

Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Puasa

Berolahraga saat puasa tidak hanya untuk menjaga kebugaran tubuh, melainkan juga menjaga metabolisme tubuh agar tetap berjalan optimal. Oleh karena itu, puasa bukanlah alasan untuk kamu tidak berolahraga. Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat puasa :

1. Lari dan Jalan Santai

Salah satu jenis olahraga yang mudah dan murah untuk dilakukan adalah lari. Kamu bisa melakukannya dengan intensitas ringan hingga sedang, setidaknya selama 30 menit pada waktu yang dianjurkan selama berpuasa. Jika kamu tidak sanggup lari, kamu bisa mengakalinya dengan berjalan santai sambil meningkatkan intensitasnya dari hari ke hari.

2. Naik Turun Tangga

Naik turun tangga bisa menjadi alternatif olahraga saat puasa. Meskipun sederhana, olahraga ini bisa membantu menurunkan kalori di dalam tubuh. Tapi untuk mencegah dehidrasi, kamu peru melakukan olahraga ini dengan intensitas normal dan tidak berlebihan.

3. Bersepeda

Olahraga berintensitas ringan yang bisa kamu lakukan selama puasa adalah bersepeda. Olahraga ini bisa membantu membakar kalori, menyehatkan jantung, mengencangkan otot, meningkatkan stamina, dan menjaga kebugaran tubuh. Kamu bisa melakukan olahraga ini sambil ngabuburit alias menunggu waktu berbuka tiba.

4. Berenang

Banyak yang bilang kalau berenang saat puasa itu enggak boleh. Sebenarnya, berenang saat puasa itu boleh-boleh saja. Asalkan kamu melakukannya dengan cara yang benar agar air tidak masuk ke dalam tubuh saat berenang. Untuk itu, kamu bisa menggunakan penyumbat telinga, penjepit hidung, kacamata renang, pelampung, dan topi renang.

5. Pilates dan Yoga

Pilates dan yoga adalah jenis olahraga pernapasan yang bisa kamu lakukan di dalam ruangan. Gerakan kedua jenis olahraga ini juga cenderung sederhana, sehingga kamu bisa menghemat energi dan terhindar dari dehidrasi akibat berolahraga saat puasa. Selain itu, meskipun berbeda, kedua jenis olahraga ini juga dapat menguatkan otot, memperbaiki postur tubuh, serta meningkatkan konsentrasi. (Baca juga : 6 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan di Rumah)

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar olahraga saat puasa, kamu bisa bertanya pada dokter. Untuk bicara pada dokter, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play, lalu kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat dan Voice/Video Call. Jadi, yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

16 August 2018

Skuas termasuk satu di antara banyak cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Asian Games 2018. Cari tahu ma...

Selengkapnya

OLAHRAGA

16 August 2018

Roller sport itu olahraga yang menyenangkan, apalagi kalau dilakukan bareng anak. Cari tahu manfaat roller spo...

Selengkapnya

IBU & ANAK

16 August 2018

Cacat lahir yang sering dijumpai di Indonesia adalah bibir sumbing atau cleft lip. Simak penjelasan dari Halod...

Selengkapnya