22 June 2018

6 Tanda Anak Memiliki IQ Tinggi

tanda iq pada anak, anak yang pintar, iq yang tinggi

Halodoc, Jakarta – Saat pasangan suami istri baru memiliki anak, menyaksikan mereka tumbuh besar dengan sehat ialah hal yang sangat membahagiakan. Setiap tahap perkembangannya pun akan menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Apalagi jika anak menjadi anak yang pintar, orangtua mana yang tidak bangga. Nah, menurut sebuah penelitian, ternyata terdapat beberapa hal yang dapat menunjukkan bahwa Si Kecil memiliki IQ yang tinggi. Tanda-tanda IQ pada anak yang tergolong tinggi antara lain:

1. Lahir dengan Bobot yang Berat

Meski saat persalinan normal, bayi dengan bobot berat terasa lebih membebankan ibu. Namun ternyata ibu harus berbangga. Pasalnya, bayi yang lahir dengan bobot yang berat merupakan ciri pertama anak akan tumbuh cerdas dan ber-IQ tinggi. Penelitian yang dilaporkan oleh British Medical Journal ini melibatkan 3.000 bayi, diduga hal ini terjadi karena bayi dengan bobot yang lebih besar mendapatkan asupan gizi yang lebih baik.

2. Mengenal Bahasa Asing pada Usia 1–2 tahun

Apabila kamu dan suami merupakan pasangan beda kewarganegaraan dan sering berkomunikasi menggunakan lebih dari satu bahasa, ini merupakan pemicu yang baik agar anak tumbuh menjadi anak yang cerdas. Sebab, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan Child Development menyebutkan bahwa mengajak anak berbicara menggunakan lebih dari satu bahasa ialah salah satu kiat terbaik untuk membuat otak anak berkembang.

Baca juga: 3 Cara Ciptakan Lingkungan Sehat Untuk Anak Cerdas

3. Saat Usia 3 Tahun, Anak Lebih Tinggi dari Teman-temannya

Apabila orangtua merasa bahwa anak memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan teman-teman seusianya, kemungkinan ini adalah tanda IQ anak kelak akan tinggi saat tumbuh besar. Anak-anak yang memiliki IQ tinggi memang biasanya memiliki tubuh yang tinggi. Selain itu, mereka pasti akan mendapatkan hasil tes kognitif yang lebih baik.

4. Saat Berusia 4 Tahun, Mereka Gemar Melukis

Tanda IQ pada anak yang tergolong tinggi berikutnya ialah saat berusia 4 tahun ia sangat gemar melukis atau menggambar orang. Sebab, anak yang mampu melukis lebih realistis berarti mampu mengerjakan tes IQ dengan baik. Gambar tersebut tidak sembarang gambar, melainkan gambar yang cukup detail seperti memiliki mata, hidung, serta tampilan fisik lainnya.

5. Mulai Berkata Bohong Sejak 5 Tahun

Saat mengetahui anak sudah mulai bisa berbohong, mungkin sebagian orangtua akan merasa kesal. Namun, apabila ternyata ia berbohong hanya untuk masalah sepele, baiknya orangtua tidak perlu marah berlebihan, malah harusnya senang. Mungkin kamu masih heran mengapa harus senang saat anak berbohong. Namun pada kenyataannya, ini merupakan ciri bahwa anak memiliki IQ yang tinggi.  

Berbohong sendiri sebetulnya bukanlah hal yang mudah, sebab dibutuhkan kemampuan yang baik untuk mengarang cerita dan ini merupakan proses yang rumit. Jadi, para ahli beranggapan jika anak sudah bisa berbohong pada usia 5 tahun, berarti anak sudah memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Namun, orangtua harus tetap menegurnya jika kebohongan yang ia katakan sudah berlebihan.

Baca juga: Mengenali Lawan Bicara yang Sedang Berbohong

6. Suka Bermain Alat Musik Sejak Usia 6 Tahun

Sebuah penelitian yang dilakukan University of Vermont College mengungkapkan bahwa anak-anak yang gemar bermain alat musik sejak usia 6 tahun akan memiliki IQ yang tinggi. Hal ini terjadi lantaran anak usia tersebut akan memiliki kemampuan mengatur emosi, seperti rasa cemas dan sedih.

Nah, jika sewaktu-waktu anak sakit, kamu bisa hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat atau Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!